penjualan produk iB Hasanah card melalui promotion mix pada BNI Syariah Cab. Kota Palangka Raya

Hasanah, Hasanah (2016) penjualan produk iB Hasanah card melalui promotion mix pada BNI Syariah Cab. Kota Palangka Raya. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img]
Preview
Text
Skripsi (Ha).pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran (Ha).pdf

Download (491kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Promotion dan selling merupakan fungsi penting yang menjadi kunci keberhasilan operasional perbankan. Bank harus mampu melihat kebutuhan dan selera pasar yang dinamis dengan kondisi yang sangat kompetitif. Apalagi produk dan jasa dalam perbankan syariah masih baru serta masih belum banyak dikenal masyarakat sehingga harus memiliki karakter tersendiri dalam strategi pemasaran dan penjualannya. Dan disini penulis tertarik meneliti penjualan produk iB Hasanah Card melalui promotion, karena hal ini didukung pula dengan penuturan dari salah satu karyawan BNI Syari’ah di kota Palangka Raya yang menyatakan bahwa terdapat pengaruh pada variabel-variabel Promotion mix terhadap volume penjualan produk iB Hasanah card ini, ditambah lagi di tahun 2015 ini Bank Indonesia (BI) menerbitkan aturan yang membatasi kepemilikan kartu kredit berdasarkan usia dan pendapatan.

Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu; (1) Bagaimana karakteristik produk iB Hasanah card (2) Bagaimana penjualan produk iB Hasanah Card . Penelitian lapangan ini menggunakan pendekatan kualitatif-deskriptif, yang mana objek penelitian adalah penjualan produk iB Hasanah Card melalui Promotion mix pada BNI SyariahCab. Sementara subjek penelitian adalah 2 orang karyawan yang memegang jabatan terkait. Metode pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan validitas data juga di buktikan dengan teknik triangulasi sumber, lalu data di analisis melalui metode collection, reduction, display, dan conclusions.

Dengan berbagai macam referensi teori yang digunakan untuk mendukung penelitian maka hasilnya menunjukkan bahwa, penjualan produk iB Hasanah Card melalui promotion mixberdasarkan hasil analisis penulis menyimpulkan bahwa personal selling, advertising, sales promotion dan publisitas telah ditelaksanakan di BNI Syariah namun dalam hal penerapan di aktivitas periklanan yang lainnya terdapat beberapa yang belum digunakan seperti pada media elektronik oleh BNI Syariah Cab. Kota Palangka Raya diantaranya:,TVatau Ad Lips (iklan yang berupa bentuk suara yang biasanya dikhususkan kepada para target konsumen). Hal ini pun selaras dengan data yang didapat penulis bahwa pada tahun 2014 ke 2015 hanya advertising yang mengalami penurunan yakni dari 65,97% ke 60,38% dan data ini memperkuat alasan dari permasalahan yang terjadi yakni berdasarkan penuturan karyawan BNI Syariah pada observasi awal ternyata memang ada pengaruh pada salah satu dari promotion mix yang ternyata ialah advertising.

ABSTRACT

Promotion and selling is an important function that the key to successful banking operations. Banks should be able to see the needs and tastes of the dynamic market with highly competitive conditions. Moreover, products and services in Islamic banking is still new and is not widely known to the public so it must have its own character in the marketing and sales strategies. And here the authors are interested in researching the product sales iB Hasanah Card through the promotion, because it is supported also by the narrative of one of the employees of BNI sharia city of Palangkaraya stating that there is significant influence on variables Promotion product mix on sales volume iB Hasanah this card, plus another in 2015, Bank Indonesia (BI) has issued rules restricting the credit card ownership by age and income.

The formulation of the problem in this research; (1) How does the product characteristics iB Hasanah card (2) How can the sale of products iB Hasanah Card. This field research using qualitative descriptive approach, which is the object of research is the sale of products through the iB Hasanah Card Promotion mix on BNI Syariah Cab. While the research subjects were 2 employees in positions related. Methods of data collection using observation, interviews, and documentation. While the validity of the data is also attested by the triangulation technique, and then the data were analyzed through the method of collection, reduction, display, and Conclusions.

With a wide range of references theory used to support the research, the results showed that, the sale of products iB Hasanah Card through the promotion mix based on the analysis the author concludes that personal selling, advertising, sales promotion and publicity has ditelaksanakan in BNI Syariah but in terms of application in advertising activity others there are some who have not been used as the electronic media by BNI Syariah Cab. The city of Palangkaraya including :, TV or Ad Lips (ads are a form of noise that is usually devoted to the target consumer). It is also aligned with the authors that the data obtained in the year 2014 to 2015 only the advertising decreased from 65.97% to 60.38% and these data reinforce the reasons of the problems that occur according to the narrative of employees of BNI Syariah at the initial observation turns indeed no influence on one of the promotion mix which turns out is advertising.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Promotion Mix; Penjualan Produk; iB Hasanah card; BNI Syariah Cab. Palangka Raya
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012724 Islamic Banking
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Islam > Program Studi Ekonomi Syariah
Depositing User: muchti muchti nurhidaya
Date Deposited: 09 Mar 2017 02:05
Last Modified: 09 Mar 2017 02:05
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/426

Actions (login required)

View Item View Item