Motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran biologi menggunakan blended learning di sman 3 maliku pada masa pandemi covid-19

Putri, Anggraeni Prasmudiyanti (2021) Motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran biologi menggunakan blended learning di sman 3 maliku pada masa pandemi covid-19. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
Skripsi Anggraeni Prasmudiyanti Putri - 1401140371.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini melihat dari hasil observasi bahwa selama pandemi ini pembelajaran yang dilakukan yaitu pembelajaran daring. Salah satu strategi pembelajaran online atau dilakukan melalui jaringan internet yaitu google classroom. Berdasarkan informasi yang didapat dari sekolah akan dibuka dan akan melakukan pembelajaran tatap muka akan tetapi hanya sebagian peserta didik dalam satu kelas. Dan yang akan digunakan belajar untuk peserta didik adalah blanded learning.

Penelitian menggunakan Pendekatan dan Jenis Penelitian kualitatif , yaitu dengan cara menganalisis Data dengan hasil yang didapat menggunakan angket kuesioner motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran biologi menggunakan blanded learning pada masa pendemi covid-19.

Hasil yang menunjukan indicator pertama Hasrat keinginan siswa dalam belajar rata-rata 66 % setuju, indicator kedua dorogan dan kebutuhan dalam belajar 62,34% menyatakan setuju, indicator ketiga harapan atau cita-cita masa depan hasil rata-rata menunjukan 48,03% menyatakan setuju, indicator keempat penghargaan dalam belajar peserta didik dimasa pandemic rata-rata 58,6% peserta didik menyatakan setuju, indicator kelima kegiatan yang menarik dalam belajar siswa hasil rata-rata 45,15 % peserta didik menyatakan sangat tidak setuju karena peserta didik lebih suka sekolah tatap muka dibandingkan pembelajaran online, indicator keenam lingkungan yang kondusif hasil rata-rata menunjukan 44,2% menyatakan setuju. Hal ini menunjukan motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran biologi menggunakan blanded learning baik karena hasil peserta dengan presentase <50% yaitu dari hasil yang setuju, walaupun tidak sampai 100% tetapi sudah menunjukan hasil yang baik. Hasil tersebut tentu karena adanya baru dibuka sistem pembelajaran tatap muka oleh sebab itu pengaruh dari faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi belajar sehingga hasilnya tidak mencapai 100%.

ABSTRACT

This study looks at the results of observations that during this pandemic the learning carried out is online learning. One of the online learning strategies or carried out through the internet is Google Classroom. Based on the information obtained from the school, it will be opened and will conduct face-to-face learning, but only some students are in one class. And what will be used for learning for students is blended learning.

The study used a qualitative research approach and type, namely by analyzing data with the results obtained using a questionnaire questionnaire on student learning motivation in biology subjects using blended learning during the covid-19 pandemic.

The results that show the first indicator is the desire of students in learning an average of 66% agree, the second indicator of encouragement and need in learning 62.34% agree, the third indicator of future expectations or aspirations the average results show 48.03% stated agree, the fourth indicator of appreciation in student learning during the pandemic is an average of 58.6% of students agreeing, the fifth indicator of interesting activities in student learning is an average of 45.15% of students stating strongly disagree because students prefer face-to-face school compared to online learning, the sixth indicator of a conducive environment the average result shows 44.2% agree. This shows that the learning motivation of students in biology subjects using blended learning is good because the results of participants with a percentage of <50% are from the results that agree, although not up to 100% but have shown good results. These results are of course due to the newly opened face-to-face learning system, therefore the influence of factors that affect learning motivation so that the results do not reach 100%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Motivasi belajar; Pembelajaran Biologi
Subjects: 06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0699 Other Biological Sciences > 069999 Biological Sciences not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Pendidikan IPA > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: puttry puttry ekaputri
Date Deposited: 18 Oct 2022 02:53
Last Modified: 18 Oct 2022 02:53
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/4242

Actions (login required)

View Item View Item