Manajemen pembelajaran matematika menggunakan Aplikasi whatsapp pada masa pandemi covid-19 di Madrasah Ibtidaiyah Fathul Iman Palangka Raya

Tumini, Tumini (2021) Manajemen pembelajaran matematika menggunakan Aplikasi whatsapp pada masa pandemi covid-19 di Madrasah Ibtidaiyah Fathul Iman Palangka Raya. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
Skripsi Tumini - 1701160049.pdf

Download (2MB)

Abstract

Manajemen pembelajaran adalah segenap proses usaha bersama untuk memperlancar pencapaian tujuan pembelajaran, pada masa pandemi covid-19 kegiatan pembelajaran dilaksanakan secara online, Madrasah Ibtidaiyah Fathul Iman Kelas 5A menggunakan aplikasi whatsapp sebagai media dalam melaksankan kegiatan pembelajaran matematika pada masa pandemi covid-19 dikarenakan untuk mempermudah tenaga pendidik dalam penyampaian materi pembelajaran dan pengumpulan tugas. Penelitian ini bertujuan, (1) mendeskripsikan perencanaan pembelajaran matematika menggunakan aplikasi whatsapp di kelas 5A. (2) mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran matematika menggunakan aplikasi whatsapp di kelas 5A. (3) mendeskripsikan evaluasi pembelajaran matematika menggunakan aplikasi whatsapp di kelas 5A.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Subjek penelitian satu orang tenaga pendidik mata pelajaran matematika kelas 5A, Informan kepala sekolah dan 5 orang murid kelas 5A Madrasah Ibtidaiyah Fathul Iman Palangka Raya. Teknik pengumpulan data menggunakan triangulasi teknik. Analisis data menggunakan model Miles and Huberman yaitu: reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan.

Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Perencanaan pembelajaran matematika menggunakan aplikasi whatsapp tenaga pendidik menyiapkan perangkat pembelajaran seperti Silabus dan RPP, yang sebelum nya mempelajari link silabus dan RPP yang telah di bagikan oleh kepala sekolah melalui grup whatsapp sekolah. (2) Pelaksanaan pembelajaran matematika menggunakan aplikasi whatsapp tenaga pendidik memulai pembelajaran dengan kegiatan pendahuluan, kegiatan inti dan kegiatan penutup menggunakan aplikasi whatsapp dengan memanfaatkan media google drive sebagai penyampaian materi dan tugas serta youtube sebagai pemberian contoh tutorial mengerjakan tugas. tugas (3) Pada proses evaluasi pembelajaran matematika menggunakan aplikasi whatsapp sudah berjalan dengan baik dengan menggunakan penilaian kognitif, afektif dan psikomotorik yang dapat dilihat/dinilai melalui interaksi pembelajaran menggunakan aplikasi whatsapp.

ABSTRACT

The learning management is a whole process of cooperating to achieve the purpose of learning during the pandemic covid-19 learning activities were online. In the 5A class of Madrasah Ibtidaiyah Fathul Iman Palangka Raya uses WhatsApp as a medium to carrying out mathematical learning at the pandemic covid-19 because it makes it easier for the teacher to teaching materials and collecting assignments. The purpose of this study was to describe (1) the planning of mathematics learning with WhatsApp in the 5A class. (2) Implementation of mathematics learning with WhatsApp in the 5A class. (3) Evaluation of mathematics learning with WhatsApp in the 5A class.

This research is a descriptive qualitative approach. The subjects of the research were a mathematics teacher of 5A Class, while informant of headmaster, and 3 students of 5A Class at Madrasah Ibtidaiyah Fathul Iman Palangka Raya. The data was collected by using the triangulation method. Analyzed the data used The Miles and Huberman model, such as Data Reduction, Data Display, and Drawing Conclusion.

The results of this study indicate that (1) mathematics learning plan uses the WhatsApp Application. The teacher preparation learning tools such as Silabus and RPP were shared by the headmaster through the WhatsApp School Group. (2) The Implementation of mathematics learning, the teacher begins learning with opening activity, main activity, and closing activity uses the WhatsApp supported by Google Drive as material explanation and task, also Youtube as an assignment tutorial. (3) In the process evaluation of mathematics learning uses the WhatsApp application was already running well by using cognitive, affective, and psychomotor assessments that can be seen or assessed through lesson interactions using the WhatsApp application.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: manajemen pembelajaran; pandemi covid-19
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: puttry puttry ekaputri
Date Deposited: 12 Oct 2022 02:15
Last Modified: 12 Oct 2022 02:15
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/4226

Actions (login required)

View Item View Item