Evaluasi sarana dan prasarana pendidikan di sdn 8 menteng kota palangka raya berdasarkan permendiknas nomor 24 tahun 2007

Jariah, Ainun (2021) Evaluasi sarana dan prasarana pendidikan di sdn 8 menteng kota palangka raya berdasarkan permendiknas nomor 24 tahun 2007. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
Skripsi Ainun Jariah - 1701160047.pdf

Download (1MB)

Abstract

Sarana pendididkan merupakan segala macam alat yang digunakan secara langsung dalam proses pembelajaran sedangkan prsarana pendidikan adalah segala alat yang tidak langsung digunakan dalam proses pendidikan. Sarana dan prasarana pendidikan memiliki standar minimal yang sesuai berdasarkan permendiknas nomor 24 Tahun 2007. Adanya peraturan tersebut sekolah diharapkan memenuhi standar, agar sekolah memberikan kepuasaan dan menunjang proses pembelajaran. Maka dari itu peneliti ingin mengetahui tentang evaluasi sarana dan prasarana pendidikan di SDN 8 Menteng Kota Palangka Raya berdasarkan permendiknas nomor. 24 tahun 2007.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kesesuaian sarana dan prasarana di SDN 8 Menteng Kota Palangka Raya Berdasarkan Permendiknas Nomor 24 Tahun 2007. Metode penelitian yang digunakan adalah Mix Methods. Spesifikasi penelitian ini bersifat deskriptif, subjek penelitian ini adalah sarana dan prasarana pendidikan, informasi penelitian ini adalah waksek bidang sarana dan prasarana, kepala sekolah dan petugas perpustakaan. Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah menggunakan observasi, wawancara, kuesioner/angket dan doumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kesesuaian sarana di SDN 8 Menteng mendapatkan nilai 87 % dengan kriteria sangat sesuai Berdasarkan Permendiknas Nomor 24 Tahun 2007 sedangkan untuk prasarana mendapatkan nilai 74% dapat dikatakan sesuai Berdasarkan Permendiknas Nomor 24 Tahun 2007.

ABSTRACT

Educational facilities are all kinds of tools that are used directly in the learning process while educational infrastucture are all tools that are undirectly used in the educational process. Educational facilities and infrastructure must have appropriate standards based on regulation of national education goverment number 24 of 2007. With this regulation, schools are expected to get the standards, so that schools can give satisfaction and support the learning process. Therefore, researchers research on the evaluation of educational facilities and infrastructure at SDN 8 Menteng, Palangka Raya City based on regulation of national education goverment No. 24 2007.

The purpose of this study to determine the level of suitability of facilities and infrastructure at SDN 8 Menteng, Palangka Raya City. The research method used is the Mix Method. The specifications of this research are descriptive, the subject of this research is educational facilities and infrastructure, the information of this research is the vice headmaster in facilities and infrastructure sector. The data collection technique of this research is using observation, interviews, questionnaires and documentation.

The results showed that the level of suitability of educational facilities and infrastructure at SDN 8 Menteng Palangka Raya City based on the regulation of National Education goverment No. 24 of 2007 got a score of 87% with very suitable criteria, while the infrastructure was said to be appropriate based on the Minister of National Education Number 24 of 2007.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Sarana dan Prasarana
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: puttry puttry ekaputri
Date Deposited: 11 Oct 2022 03:31
Last Modified: 11 Oct 2022 03:31
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/4222

Actions (login required)

View Item View Item