Pengaruh promosi terhadap minat nasabah dalam menggadaikan emas pada produk layanan gadai emas Bank Syariah Indonesia Kc Palangka Raya 2

Lisdayanti, Lisdayanti (2021) Pengaruh promosi terhadap minat nasabah dalam menggadaikan emas pada produk layanan gadai emas Bank Syariah Indonesia Kc Palangka Raya 2. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
Skripsi Lisdayanti - 1704110169.pdf

Download (2MB)

Abstract

Keberhasilan suatu produk tidak terlepas dari promosi yang digunakan. Promosi merupakan faktor penentu bagi sebuah perusahaan untuk memasarkan produknya. Penentuan ini sangatlah berpengaruh, tidak hanya pada kuantitas tetapi juga pada kualitas sebuah produk khususnya produk gadai emas yang ditawarkan Bank Syariah Indonesia KC Palangka Raya 2. Strategi dalam melakukan promosi melalui periklanan,personal selling, sales promotion, dan publisitas diharapkan dapat mempengaruhi minat konsumen untuk melakukan pembelian pada produk gadai emas yang ditawarkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh promosi terhadap minat nasabah dalam menggadaikan emas pada produk layanan gadai emas Bank Syariah Indonesia KC Palangka Raya 2.

Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan kuantitatif deskriptif. Jenis penelitian ex post facto. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner (angket) dan dokumentasi. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini selama 2 tahun yaitu sebanyak 231 nasabah. Sampel yang digunakan berjumlah 35 responden. Tehnik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah Sampel random sampling. Sedangkan tehnik analisis data menggunakan uji validitas dan tehnik analisis menggunakan regresi linear sederhana.

Hasil penelitian menunjukkan pelaksanaan promosi oleh Bank Syariah Indonesia KC Palangka Raya 2 baik, dilakukan melalui periklanan,personal selling, sales promotion, dan publisitas. Minat nasabah dalam menggadaikan emas pada Bank Syariah Indonesia KC Palangka Raya 2 berpengaruh positif. Variabel promosi berpengaruh signifikan terhadap minat nasabah menggadaikan emas, di uji pada regresi linear sederhanayaitu variabel (Y) 4,928 + 1,043 (X), dan dilihat pada koefisiensi determinasi uji R Square sebesar 0,795 yang berarti H1 diterima dengan sebesar 79,5% sedangkan sisanya 20,5% di pengaruhi faktor lain.

ABSTRACT

The success of a product cannot be separated from the promotion used. Promotion is a determining factor for a company to market its products. This waiting is very influential, not only on the quantity but also on the quality of a product, especially the gold pawn product offered by Bank Syariah Indonesia KC Palangka Raya 2. Strategies in conducting promotions through advertising, personal selling, sales promotion, and publicity are expected to influence consumer interest in making purchases on the gold pawn products offered. This study aims to determine the effect of promotion on customer interest in pawning gold on gold pawn service products at Bank Syariah Indonesia KC Palangka Raya 2.

This research is quantitative research with descriptive quantitative approach. Type of research ex post facto. The data collection method in this study used a questionnaire (questionnaire) and documentation. The population used in this study for 2 years as many as 231 customers. The sample used is 35 respondents. The sampling technique in this study is random sampling. While the data analysis technique uses validity testing and the analysis technique uses simple linear regression.

The results showed that the implementation of the promotion by Bank Syariah Indonesia KC Palangka Raya 2 was good, carried out through advertising, personal selling, sales promotion, and publicity. Customer interest in pawning gold at Bank Syariah Indonesia KC Palangka Raya 2 has a positive effect. Promotional variables have a significant effect on customer interest in pawning gold, tested on simple linear regression, namely variable (Y) 4.928 + 1.043 (X), and seen in the coefficient of determination of the R Square test of 0.795 which means H1 is accepted by 79.5% while the remaining 20 ,5% influenced by other factors.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Promosi; Pembiayaan Gadai Emas
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150501 Consumer-Oriented Product or Service Development
18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012705 al-Rahn (Pergadaian)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Islam > Program Studi Perbankan Syariah
Depositing User: puttry puttry ekaputri
Date Deposited: 07 Oct 2022 00:33
Last Modified: 07 Oct 2022 00:33
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/4210

Actions (login required)

View Item View Item