Fitriani, Pangestu Indah (2021) Peran aplikasi digital alfa gift di alfamart dalam transaksi jual beli di tengah pandemi covid-19. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.
Text
Skripsi Pangestu Indah Fitriani - 1704120670.pdf Download (1MB) |
Abstract
Latar belakang dari penelitian ini adalah disebabkan kemajuan teknologi secara pesat menjadi peluang bagi perusahaan dalam menyediakan layanan online. Ditengah pandemi Covid-19 anjuran untuk di rumah saja, membuat masyarakat lebih banyak menghabiskan waktu di rumah. Terkait dengan kebutuhan tersebut, mobile aplikasi dalam hal ini hadir untuk memenuhi kebutuhan dan harapan konsumen. Sebagai salah satu perusahaan retail yang terus berkembang PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk atau biasa disebut dengan Alfamart harus tetap mempertahankan eksistensi usahanya di tengah pandemi. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji (1) mekanisme dan fungsi dari aplikasi digital Alfa Gift dalam transaksi jual beli di Alfamart dan (2) peran dan dampak aplikasi digital Alfa Gift di tengah pandemi Covid-19.
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) yang bersifat kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif-kualitatif. Lokasi penelitian bertempat di Alfamart Rajawali di km 5,5, dengan subjeknya adalah kepala toko dan karyawan serta pelanggan penguna aplikasi digital Alfa Gift di Rajawali Km 5,5 Palangka Raya. Adapun teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pengabsahan data menggunakan trianggulasi sumber. Analisis data menggunakan Pengumpulan, Reduksi, Penyajian, dan Penarikan Kesimpulan.
Temuan dari penelitian ini menunjukkan bahwa (1) mekanisme dan fungsi dari aplikasi digital Alfa Gift dalam transaksi jual beli di Alfamart sebenarnya sangat mudah digunakan dilihat dari mekanismenya, dengan mendownload aplikasi, lalu mendaftarkan diri seperti nama, umur, alamat, nomor hp, dan ikuti arahan lainnya. (2) Peran dan dampak aplikasi digital Alfa Gift di tengah pandemi Covid-19, sebenarnya sangat berperan dalam membantu masyarakat melakukan transaksi pembelian di Alfamart dan untuk suatu proses bisnis Alfamart terhadap konsumennya. Dampak positif yaitu, selain mudah, cara ini ternyata lebih praktis dibandingkan harus ke toko secara langsung. Dampak negatif konsumen lebih konsumtif, dan boros, lebih kebergantungan dalam berbelanja, dan kurangnya bersosialisasi.
ABSTRACT
The background of this research is due to rapid technological advances which are opportunities for companies to provide online services. In the midst of the Covid-19 pandemic, it is recommended to stay at home, making people spend more time at home. Related to these needs, mobile applications in this case are here to meet the needs and expectations of consumers. As one of the retail companies that continues to grow, PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk or commonly referred to as Alfamart must maintain its business existence in the midst of a pandemic. This study aims to examine (1) the mechanism and function of the Alfa Gift digital application in buying and selling transactions at Alfamart and (2) the role and impact of the Alfa Gift digital application in the midst of the Covid-19 pandemic.
This research is a qualitative field research using a descriptive-qualitative approach. The research location is located at Alfamart Rajawali at km 5.5, with the subject being the head of the store and employees and customers who use the Alfa Gift digital application in Rajawali Km 5.5 Palangka Raya. The data collection techniques used are through observation, interviews, and documentation. Validation of data using source triangulation. Data analysis using Collection, Reduction, Presentation, Drawing Conclusions.
The findings of this study indicate that (1) the mechanism and function of the Alfa Gift digital application in buying and selling transactions at Alfamart is actually very easy to use seen from the mechanism, by downloading the application, then registering yourself such as name, age, address, cellphone number, and follow other directives. (2) The role and impact of the Alfa Gift digital application in the midst of the Covid-19 pandemic, actually plays a very important role in helping people make purchase transactions at Alfamart and for Alfamart's business processes for their consumers. The positive impact is that, apart from being easy, this method turns out to be more practical than having to go to the store directly. The negative impact of consumers is more consumptive, and extravagant, more dependent on shopping, and lack of socializing.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Aplikasi Ddigital; transaski jual beli |
Subjects: | 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012799 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Islam > Program Studi Ekonomi Syariah |
Depositing User: | puttry puttry ekaputri |
Date Deposited: | 03 Oct 2022 07:34 |
Last Modified: | 03 Oct 2022 07:34 |
URI: | http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/4205 |
Actions (login required)
View Item |