Pembelajaran pendidikan agama islam melalui si–bajakah kelas xi teknik komputer dan jaringan di SMK Negeri 3 Palangka Raya

Desintiawati, Felia (2021) Pembelajaran pendidikan agama islam melalui si–bajakah kelas xi teknik komputer dan jaringan di SMK Negeri 3 Palangka Raya. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
Skripsi Felia Desintiawati - 1701112175.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertolak dari keadaan pandemi Covid-19 yang berpengaruh pada proses pembelajaran dari tatap muka menjadi daring (dalam jaringan). SI-BAJAKAH merupakan Sistem Informasi Belajar Jarak Jauh yang dikembangkan oleh Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah, untuk menunjang pembelajaran secara daring (dalam jaringan). Rumusan masalah dalam penelitian ini, yaitu: bagaimana pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam melalui SI-BAJAKAH kelas XI Teknik Komputer dan Jaringan di SMK Negeri 3 Palangka Raya dan faktor apa saja yang mempengaruhi pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam melalui SI-BAJAKAH kelas XI Teknik Komputer dan Jaringan di SMK Negeri 3 Palangka Raya. Subjek pada penelitian ini adalah 1 orang guru PAI dan 6 orang siswa kelas XI Teknik Komputer dan Jaringan, Kepala SMKN 3 Palangka Raya dan Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum dijadikan sebagai informan.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam melalui SI-BAJAKAH kelas XI Teknik Komputer dan Jaringan di SMK Negeri 3 Palangka Raya dan faktor apa saja yang mempengaruhi pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam melalui SI-BAJAKAH kelas XI Teknik Komputer dan Jaringan di SMK Negeri 3 Palangka Raya.

Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi, sementara pengabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Sedangkan analisis data yang digunakan adalah collection data, reduction data, dan conclusion drawing.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas XI TKJ SMK Negeri 3 Palangka Raya diwujudkan melalui peran SI-BAJAKAH sebagai aplikasi web yang membantu siswa dalam belajar, melalui proses pembelajaran dengan menggunakan fitur-fitur penunjang pembelajarna, dan kebutuhan belajar siswa terpenuhi dengan menggunakan SI-BAJAKAH, 2) Faktor yang mempengaruhi pelaksanaan pembelajaran PAI melalui SI-BAJAKAH adalah faktor pendukung yaitu dimana siswa kelas XI TKJ itu sendiri yang telah menguasai sistem teknik jaringan dan komputer sehingga terbantu dengan mudah dan cepat dalam menguasai SI-BAJAKAH, sedangkan faktor penghambat adalah jaringan yang error atau kurang stabil, kuota yang terbatas pada aplikasi tertentu, dan tidak ada notifikasi pembelajaran.

ABSTRACT

This research departs from the state of the Covid-19 pandemic that affects the learning process from face-to-face to online. SI-BAJAKAH is a Distance Learning Information System developed by the Central Kalimantan Provincial Government, to support online learning (in-network). The formulation of the problems in this study are: how effective the learning of Islamic Religious Education through SI-BAJAKAH class XI Computer and Network Engineering in SMK Negeri 3 Palangka Raya and what factors affect the effectiveness of Islamic Religious Education learning through SI-BAJAKAH class XI Computer and Network Engineering in SMK Negeri 3 Palangka Raya. The subject in this research were 1 teacher’s Islamic Religious Education and 6 students of class XI Computer and Network Engineering, the Principal of SMKN 3 Palangka Raya and the Deputy Principal of the Curriculum Sector served as informator.

This research aims to describe how the implementation of Islamic Religious Education learning through SI-BAJAKAH class XI Computer and Network Engineering in SMK Negeri 3 Palangka Raya and what factors affect the implementation of Islamic Religious Education learning through SI-BAJAKAH class XI Computer and Network Engineering in SMK Negeri 3 Palangka Raya.

This research uses a type of descriptive research with a qualitative data approach. Data collection uses observation, interview, and documenter technique, while data validator uses sources triangulation and technical triangulation. Meanwhile, data analysis used are data collection, data reduction and conclusion drawing.

The subject of this research are Teachers of Islamic Religious Education and students of class XI of TKJ SMK Negeri 3 Palangka Raya, as well as the Head SMK Negeri 3 Palangka Raya and Deputy Head of Curriculum Field who were used as an informant, While the object of this research is the effectiveness of learning Islamic Religious Education through SI-BAJAKAH in class XI Computer Engineering and SMK Negeri 3 Palangka Raya.
The results showed that: 1) The effectiveness of Islamic Religious Education learning in class XI of TKJ SMK Negeri 3 Palangka Raya was realized through the role of SI-BAJAKAH as a web application that helps students in learning,though the learning process by using learning, support features, and learning needs students are fulfilled by using SI-BAJAKAH, 2) Factors that influence the effectiveness of PAI learning through SI-BAJAKAH are the supporting factors where class XI TKJ students themselves have mastered network and computer engineering systems so that they are helped easily and quickly in mastering SI-BAJAKAH, while the inhibiting factors is an error or unstable network, limited quota for certain application and nothing notification learning.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: puttry puttry ekaputri
Date Deposited: 23 Sep 2022 02:05
Last Modified: 23 Sep 2022 02:05
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/4186

Actions (login required)

View Item View Item