Penerapan omnichannel marketing pada bisnis ritel Toko Nobby Cabang Palangka Raya

Rahayu, Anisa Putri (2021) Penerapan omnichannel marketing pada bisnis ritel Toko Nobby Cabang Palangka Raya. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
Skripsi Anisa Putri Rahayu - 1704120704.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji penerapan, kendala dan manfaat omnichannel marketing pada bisnis ritel toko Nobby cabang Palangka Raya. penelitian ini dilatarbelakangi oleh penggunaan media sosial yang diadopsi dengan cepat oleh masyarakat. Omnichannel bertujuan untuk menciptakan pengalaman yang terpadu dan konsisten terlepas dari saluran yang dipilih pelanggan. Dengan omnichannel ini pembeli bisa leluasa untuk menjelajah toko.

Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan metode kualitatif. Data tersebut melalui wawancara dengan subjek utama yaitu suvervisor toko Nobby. 3 informan tambahan yaitu manajer toko disetiap ritel fashion muslim dikota Palangka Raya (Zoya, Rabbani, dan Elzatta), dan 2 informan tamabahan dari pelanggan toko Nobby. Selain itu menggunakan teknik observasi dan dokumentasi untuk meberikan lebih jauh investigasi terkait dengan omnichannel. Menggunakan teknik triangulasi sumber. Kemudian dianalisis melalui tahapan data collection, reduction, display, dan verifaction

Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa toko Nobby memiliki banyak channel dari pada ritel bisnis sejenisnya. Dengan menggunakan instagram, facebook, whatsapp business dan telegram sebagai media sosial untuk promosi serta berkomunikasi dengan pelanggannya. Konten dikemas secara menarik, menggunakan data-data pelanggan (member), serta membagikan informasi melalui online dan offline. Terdapat kendala internal yang berasal dari dalam perusahaan atau dari pihak Nobby itu sendiri yaitu terdapat pada produksi produk mereka. Kendala eksternal yang berasal dari luar lingkup perusahaan atau pihak toko melainkan dari pihak pelanggan itu sendiri yaitu perilaku pelanggan yang mengabaikan saran untuk mencoba baju sebelum dibeli sehingga menimbulkan keluhan di kemudian hari.

ABSTRACT
This research aims to examine the application, constraints and benefits of omnichannel marketing in the retail business of Palangka Raya branch of Nobby store. This research is motivated by the use of social media that is adopted quickly by the public. Omnichannel aims to create a unified and consistent experience regardless of the channel the customer chooses. With this omnichannel, buyers can freely browse the store.

This research is a field study using qualitative methods. The data was through interviews with the main subject, nobby store suvervisor. 3 additional informants are the store manager at every Muslim fashion retail in the city of Palangka Raya (Zoya, Rabbani, and Elzatta), and 2 tamabahn informants from Nobby store customers. In addition, it uses observation techniques and documentation to further investigate investigations related to omnichannel. Uses source triangulation techniques. It is then analyzed through the data collection, reduction, display, and verifaction stages.

The results of this study show that Nobby stores have more channels than similar retail businesses. By using Instagram, Facebook, Whatsapp Business and Telegram as social media for promotion and communication with customers. Content is packaged attractively, using customer data and sharing information online and offline. There are internal constraints that come from within the company or from the Nobby itself, namely in the production of their products. External constraints that come from outside the scope of the company or the store but from the customer itself is the behavior of customers who ignore the advice to try on clothes before being purchased so as to cause complaints at a later date.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Marketing; Binis
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150599 Marketing not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Islam > Program Studi Ekonomi Syariah
Depositing User: puttry puttry ekaputri
Date Deposited: 22 Sep 2022 02:14
Last Modified: 22 Sep 2022 02:14
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/4183

Actions (login required)

View Item View Item