Postmodernisme konsumen hijau (green customer) melalui kearifan lokal di Kota Palangka Raya

Muslimah, Nur Ghina (2021) Postmodernisme konsumen hijau (green customer) melalui kearifan lokal di Kota Palangka Raya. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
Skripsi Nur Ghina Muslimah - 1704120591.pdf

Download (1MB)

Abstract

Konsumen hijau (green customer) adalah sebuah gerakan moral dengan tujuan untuk melestarikan lingkungan hidup supaya lebih layak huni. Pada gerakan ini mendorong perubahan perilaku masyarakat yang sebelumnya kurang atau bahkan tidak peduli terhadap lingkungan menjadi ramah dan sayang terhadap lingkungan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis (1) Realitas konsumen hijau (green customers) di Kota Palangka Raya, (2) Implementasi konsumen hijau (green customers) melalui kearifan lokal di Kota Palangka Raya, (3) Pandangan Ekonomi Syariah (ESY) terhadap konsumen hijau (green customers) melalui kearifan lokal di Kota Palangka Raya.

Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan metode kualitatif dan pendekatan induktif, fenomenologis, konseptual, kontekstual ekonomi syariah. Sumber data pada penelitian ini yaitu bapak/ibu yang menggunakan bakul ke pasar. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi kemudian dianalisis melalui tahapan data collection, data reduction, data display, dan conclusion drawing.

Hasil dari penelitian ini adalah (1) realitas konsumen hijau (green customers) melalui kearifan lokal di Kota Palangka Raya tanpa sadar menggunakan bakul yang merupakan barang ramah lingkungan karena hal itu terlihat dari kurangnya pengetahuan tentang ramah lingkungan. (2) implementasi konsumen hijau (green customers) melalui kearifan lokal di Kota Palangka Raya dijalankan karena kondisi lingkungan sekitar yang masih mempertahankan budaya orang tua terdahulu menggunakan bakul. Sehingga ditemukan prinsip ekonomi hijau (green economy) yang sesuai dengan implementasi masyarakat tersebut. (3) Pandangan Ekonomi Syariah (ESY) terhadap konsumen hijau (green customers) melalui kearifan lokal di Kota Palangka Raya mempunyai keterkaitan terhadap realitas dan implementasi yaitu dalam konteks kajian maqashid al-shariah pada hifz al-bi’ah penjagaan dari sisi ada (min haitsu al-wujud) yaitu mendukung dan mengembangkan strategi nasional untuk pertumbuhan nasional (green growth).

ABSTRACT

Green consumer (green customer) is a moral movement with the aim of preserving the environment so that it is more livable. This movement encourages changes in people's behavior that previously did not care about the environment to become friendly and caring for the environment. The purpose of this research is to find out and analyze (1) the reality of green consumers in Palangka Raya City, (2) Green customers implementation through local wisdom in Palangka Raya City, (3) Sharia Economic View (ESY) to green consumers through local wisdom in Palangka Raya City.

This research is a field research using qualitative methods and inductive, phenomenological, conceptual, contextual approaches to Islamic economics. The source of data in this research is the father / mother who uses a basket to the market. Data collection techniques in this study were observation, interviews, and documentation and then analyzed through the stages of data collection, data reduction, data display, and conclusion drawing.

The results of this study are (1) the reality of green consumers (green customers) through local wisdom in Palangka Raya City unknowingly using baskets which are environmentally friendly goods because it can be seen from the lack of knowledge about environmental friendliness. (2) the implementation of green customers through local wisdom in Palangka Raya City is carried out because the surrounding environmental conditions still maintain the culture of their former parents using baskets. So it was found the principle of the green economy (green economy) in accordance with the implementation of the community. (3) The view of Islamic Economics (ESY) towards green consumers through local wisdom in Palangka Raya City has a relationship with reality and implementation, namely in the context of the maqashid al-shariah study on hifz al-bi'ah safeguarding from the existing side (min. haitsu al-Manifest) which is to support and develop a national strategy for national growth (green growth).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Konsumen Hijau, Ekonomi Syariah
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150501 Consumer-Oriented Product or Service Development
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Islam > Program Studi Ekonomi Syariah
Depositing User: puttry puttry ekaputri
Date Deposited: 12 Aug 2022 02:17
Last Modified: 12 Aug 2022 02:17
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/4085

Actions (login required)

View Item View Item