Pembinaan narapidana beragama Islam di lembaga pemasyarakatan klas II A Palangka Raya

Rahman, Abdur (2015) Pembinaan narapidana beragama Islam di lembaga pemasyarakatan klas II A Palangka Raya. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img]
Preview
Text
Abstrak (AR).pdf

Download (537kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I PENDAHULUAN (AR).pdf

Download (277kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II KAJIAN PUSTAKA (AR).pdf

Download (354kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III (AR).pdf

Download (148kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV (AR).pdf

Download (451kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V PENUTUP (AR).pdf

Download (98kB) | Preview

Abstract

Abstract

Semakin maju masyarakat, semakin banyak persaingan, perlombaan dan pertentangan dalam memenuhi kebutuhan dan keinginan hidup. Akibat semakin sulitnya memenuhi kebutuhan itu, sebagian orang melakukan tindak kejahatan. Perilaku tersebut dapat menyebabkan seseorang masuk ke dalam Lembaga Pemasyarakatan. Lembaga Pemasyarakatan adalah unit pelaksana teknis yang menampung, merawat dan membina narapidana. Salah satu pembinaan yang dilakukan yaitu pembinaan kepribadian bidang keagamaan. Karena Agama dalam kehidupan manusia mempunyai pengaruh yang sangat besar, dan berfungsi memberikan bimbingan dalam hidup, menolong dalam menghadapi kesukaran,menentramkan batin. 0leh sebab itu, peneliti ingin mengkaji dan mendeskripsikan pembinaan narapidana beragama Islam di Lembaga Pemasyarakatan Klas II A Palangka Raya, dengan rumusan masalah: (1) Bagaimana pembinaan narapidana beragama Islam di Lembaga Pemasyarakatan Klas II A Palangka Raya; (2) Apa saja yang menjadi faktor pendukung dan penghambat dalam pembinaan narapidana beragama Islam di Lembaga Pemasyarakatan Klas II A Palangka Raya.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan menempatkan objek seperti apa adanya, sesuai dengan bentuk aslinya. Subjek dalam penelitian ini adalah satu orang pembimbing dan dua orang narapidana, sedangkan informan penelitian adalah kasi binadik Lembaga Pemasyarakatan Klas II A Palangka Raya. Objeknya adalah pembinaan narapidana beragama Islam di Lembaga Pemasyarakatan Klas II A Palangka Raya. Pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pengabsahan data melalui teknik triangulasi sumber. Sedangkan analisis data melalui empat tahapan, yaitu collection, reduction, display, dan conclusion drawing.

Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa: (1) pembinaan narapidana beragama Islam di Lembaga Pemasyarakatan Klas II A Palangka raya berupa kegiatan ceramah agama atau siraman rohani yang dilaksanakan secara intensif setiap hari rabu dengan tujuan untuk memberikan dorongan, motivasi dan pencerahan kepada narapidana melalui ajaran-ajaran Islam, serta sebagai media penyadaran agar mereka bertaubat sehingga dapat diterima dengan baik di lingkungan masyarakat. Materi yang diberikan meliputi bidang tauhid, fikih, dan akhlak dengan menggunakan metode ceramah, tanya jawab dan demonstrasi. (2) Faktor pendukung meliputi dukungan dari kepala Lembaga Pemasyarakatan Klas II A Palangka Raya, keaktifan pembina, dan kerja sama yang baik antara pihak Lembaga Pemasyarakatan, pembina dan narapidana. Sedangkan faktor penghambatnya meliputi keterbatasan dana, dan latar belakang narapidana yang berbeda-beda.

ABSTRACT

The more advanced the society, the more competition, the race and the opposition to meet the needs and desires of life. Due to the increasing difficulty of meeting that need, some people commit crimes. Such behavior can cause a person to get into the Penitentiary. Prison is an operation unit that accommodate, care for and foster inmates. One development that is done is a religious personality development field. Because of religion in human life has great influence, and serves to provide guidance in life, help in the face of hardship, inner reassuring. 0leh Therefore, researchers wanted to examine and describe the development of Muslim prisoners in Penitentiary Class II A Palangka Raya, the formulation of the problem: (1) How does the coaching Muslim prisoners in Penitentiary Class II A Palangka Raya; (2) What are the supporting factors and obstacles in the development of Muslim prisoners in Penitentiary Class II A Palangka Raya.

This study used descriptive qualitative approach by placing an object as it is, according to its original form. Subjects in this study is one supervisor and two inmates, while the research is cation binadik informant Penitentiary Class II A Palangkaraya. The object is the development of Muslim prisoners in Penitentiary Class II A Palangka Raya. The collection of data through observation, interviews, and documentation. Validating data through source triangulation techniques. While the analysis of data through four stages, namely the collection, reduction, display, and conclusion drawing.

The results obtained show that: (1) development of Muslim prisoners in Penitentiary Class II A highway Palangka Raya form of religious speech activity or spiritual cleansing carried out intensively every Wednesday with the aim to provide encouragement, motivation and enlightenment to inmates through teachings Islam, as well as media awareness so that they repent so well received in the community. Materials provided include field monotheism, jurisprudence, and morals using lectures, discussion and demonstration. (2) The supporting factors include the support of the head of Penitentiary Class II A Palangka Raya, active builder, and good cooperation between the Penitentiary, supervisors and inmates. Whereas the inhibiting factors include lack of funds, and backgrounds different inmates.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: pembinaan narapidan, Lembaga Pemasyarakatan,
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130199 Education systems not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: muchti muchti nurhidaya
Date Deposited: 02 Mar 2017 07:51
Last Modified: 02 Mar 2017 07:51
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/407

Actions (login required)

View Item View Item