Implementasi model problem based learning (pbl) secara daring pada pembelajaran matematika untuk meningkatkan hasil belajar siswa di kelas v SD Negeri 2 Pahandut Palangkaraya

Jenah, Raudatul (2021) Implementasi model problem based learning (pbl) secara daring pada pembelajaran matematika untuk meningkatkan hasil belajar siswa di kelas v SD Negeri 2 Pahandut Palangkaraya. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
Skripsi Raudatul Jenah - 1701170115.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi kesulitan yang dialami siswa dalam materi pangkat tiga dan akar pangkat tiga. Penerapan metode pembelajaran yang masih berpusat pada guru, sehingga siswa belum semua terlihat aktif dalam proses pembelajaran. Metode yang digunakan guru di sekolah/kelas sebelum pandemi adalah metode ceramah dan tanya jawab, adapun pembelajaran saat ini dilakukan secara daring. Bahkan setelah digali lebih jauh, guru belum memahami secara mendalam mengenai jenis-jenis dan penerapan model pembelajaran. Selain itu, guru belum memiliki RPP (Rencana pelaksanaan pembelajaran) daring untuk pembelajaran online yang mengacu pada kurikulum 2013, sehingga masih menggunakan RPP KTSP (Kurikulum tingkat satuan pendidikan) dipadukan dengan buku kurikulum 2013 sebagai bahan ajar.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Implementasi Model Problem Based Learning (PBL) secara daring pada pembelajaran matematika, 2) Peningkatan hasil belajar Siswa hasil belajar siswa setelah penerapan Model Problem Based Learning (PBL) secara daring pada pembelajaran matematika, 3) Seberapa besar peningkatan hasil belajar siswa setelah penerapan Model Problem Based Learning (PBL) secara daring pada pembelajaran matematika.
Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen dan desain pra-eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Implementasi model pembelajaran problem based learning (PBL) secara daring pada materi pangkat tiga dan akar pangkat tiga pada lembar observasi guru dan siswa semua fase sudah dilakukan dan menunjukkan hasil yang sangat baik. 2) Ada peningkatan yang signifikan antara hasil hasil belajar matematika kelas V pada data pretest dan Postest diketahui nilai sig 0.00<0.05. 3) Berdasarkan hasil perhitungan uji N-Gain score tersebut, menunjukan bahwa nilai rata-rata N- Gain score menggunakan model pembelajaran problem based learning (PBL) secara daring adalah sebesar 0,6985 termasuk dalam kategori sedang untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

ABSTRACT

The background of this research was the students’ difficulty of the power of three and cube root. The application of this method still focused on teachers, because a lot of students were not active in the learning process. The teachers’ method before pandemic was an explanation and question-answer method, besides teachers’ method pandemic was online learning. Besides, after the deep observation, the teachers had not comprehended the kind of application in the learning method. Also, the teachers did not have Lesson Plan for online learning that referred to K-13, they still used the Lesson Plan of KTSP which collaborated with the K-13 book as material.
This research was aimed to know: 1) The implementation of online problem-based learning (PBL) model toward math subject, (2) The improvement of students’ result of the study after the application of online problem-based learning (PBL) toward math subject, (3) The size of improvement students’ result of the study after the application of online problem-based learning (PBL) toward math subject.

The method of this research used the quantitative design with experiment and pre-experiment design. The result of the research showed that: 1) The implementation of online problem-based learning (PBL) model at the power of three and cube root in observation sheet of teachers and students which all phase did and showed excellent result. 2) there was a significant between the result of the pretest at Math grade V and post-test with sig 0.00<0.05. 3) the numerical data analyzed by N-Gain score showed the mean of N-Gain score which used online problem-based learning (PBL) model was 0.6985 with moderate category of improving students’ result study.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran; Matematika
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (MI)
Depositing User: puttry puttry ekaputri
Date Deposited: 25 Jul 2022 02:02
Last Modified: 25 Jul 2022 02:02
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/4064

Actions (login required)

View Item View Item