Manajemen partisipasi komite madrasah dalam penyelenggaraan pendidikan di Madrasah Ibtidaiyah Kurnia Hasan Sampit

Budianur, Budianur (2021) Manajemen partisipasi komite madrasah dalam penyelenggaraan pendidikan di Madrasah Ibtidaiyah Kurnia Hasan Sampit. Masters thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
Tesis Budianur - 19013268.pdf

Download (1MB)

Abstract

Komite madrasah merupakan mitra madrasah yang dibentuk berdasarkan hubungan masyarakat, orang tua, dan madrasah yang diadakan melalui rapat baik secara musyawarah maupun mufakat. Madrasah Ibtidaiyah Kurnia Hasan Sampit, memiliki beberapa masalah yaitu (1) Masih kurangnya partisipasi masyarakat dalam pembangunan Madrasah. (2) Masyarakat masih dinilai kurang membantu dalam proses pendidikan. (3) Bantuan yang diberikan hanya terbatas pada hal pembiayaan pendidikan. (4) Rendahnya kesadaran masyarakat akan pentingnya ikut serta berpartisipasi dalam Madrasah. (5) Sebagian orang tua memiliki latar belakang pendidikan yang rendah

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana perencanaan partisipasi komite Madrasah dalam peningkatan penyelenggaraan pendidikan di Madrasah Ibtidaiyah Kurnia Hasan Sampit,(2) Bagaimana pelaksanaan Manajemen Partisipasi Komite Madrasah dalam Penyelenggaraan Pendidikan di Madrasah Ibtidaiyah Kurnia Hasan Sampit, dan (3) Bagaimana pengawasan Manajemen Partisipasi Komite Madrasah dalam Penyelenggaraan Pendidikan di Madrasah Ibtidaiyah Kurnia Hasan Sampit.

Penelitian kualitatif ini menggunakan teknik pengumpulan data melalui wawancara, dokumentasi dan observasi. Subjek penelitian adalah Ketua Komite dan informannya Kepala Madrasah, guru dan wali murid di Madrasah Ibtidaiyah Kurnia Hasan Sampit. Analisis data yaitu: reduksi data, penyajian data, kemudian penarikan kesimpulan atau data diverifikasi. Teknik pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan cara: teknik triangulasi sumber dan triangulasi teknik

Hasil penelitian ini yaitu (1) Rencana Manajemen Partisipasi Komite Madrasah dalam Penyelenggaraan Pendidikan di Madrasah Ibtidaiyah Kurnia Hasan Sampit sejatinya selalu berorientasi pada pengembangan Visi dan Misi seperti mengembangkan potensi siswa dan siswi dengan sesuai minat dan bakat sampai rencana bekerjasama dengan lembaga pemerintah, (2) dalam hal pelaksanaan seperti dukungan yang diberikan komite tidak hanya sebatas pemberian usulan atau pertimbangan saja tetapi lebih dari itu adalah bantuan financial baik secara individual maupun kolektif hasil pengumpulan dana masyarakat, dan (3) pengawasan komite Madrasah Ibtidaiyah Kurnia Hasan sampit bukan hanya seputar fasilitas madrasah tetapi meliputi kebijakan kepala Madrasah, prestasi atau kemampuan Individu siswa dan siswi baik dari segi akademik maupun non akademik, serta pengaruh dan kemampuan guru dalam proses belajar mengajar yang memiliki pengaruh besar terhadap keberhasilan siswa dan siswi khususnya di Madrasah Kurnia Hasan Sampit

ABSTRACT

The madrasah committee is a madrasah partner that is formed based on community, parent, and madrasah relationships which are held through meetings either by deliberation or consensus. Madrasah Ibtidaiyah Kurnia Hasan Sampit, has several problems, namely (1) There is still a lack of community participation in the construction of Madrasahs. (2) The community is still considered less helpful in the education process. (3) The assistance provided is only limited to financing education. (4) Low public awareness of the importance of participating in Madrasahs. (5) Some parents have a low educational background.

The formulation of the problems in this research are: (1) How is the plan of the Madrasah committee in improving the implementation of education at Madrasah Ibtidaiyah Kurnia Hasan Sampit, (2) how is the implementation of the participation of the Madrasah committee in the implementation of education at Madrasah Ibtidaiyah Kurnia Hasan Sampit, and (3) how is supervision Madrasah committee participation in the implementation of education at Madrasah Ibtidaiyah Kurnia Hasan Sampit.

The results of this study are (1) The plan for the participation of the Madrasah committee in the implementation of education at Madrasah Ibtidaiyah Kurnia Hasan Sampit is actually always oriented to the development of a vision and mission such as developing the potential of students and students according to their interests and talents until plans to cooperate with government agencies, (2) in In terms of implementation, such as the support provided by the committee is not only limited to providing suggestions or deliberate consideration, but more than that is financial assistance both individually and collectively for the collection of community ideals, and (3) the supervision of the Madrasah Ibtidaiyah committee Kurnia Hasan sampit is not only about madrasah facilities but covers Madrasah principal policies, individual student and student achievement or abilities both academically and non-academically, as well as the influence and ability of teachers in the teaching and learning process which has a major influence on the success of students and students, especially at Madrasah Kurnia Hasan Sampit.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Manajemen;
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: puttry puttry ekaputri
Date Deposited: 28 Jun 2022 06:07
Last Modified: 28 Jun 2022 06:07
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/4010

Actions (login required)

View Item View Item