Analisis materi al-qur’an hadis kelas xi bab i hidup berkah dengan menghormati dan mematuhi orang tua dan guru

Pahmi, Zainal (2021) Analisis materi al-qur’an hadis kelas xi bab i hidup berkah dengan menghormati dan mematuhi orang tua dan guru. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
Skripsi Zainal Pahmi - 1611112131.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji analisis materi Al-Quran dan hadist kelas XI Bab I hidup berkah dengan menghormati orang tua dan guru. pada jenjang sekolah madrasah aliyah terbitan kementrian agama. Isi atau materi pelajaran merupakan komponen kedua dalam sistem pembelajaran. Dalam konteks tertentu, materi pelajaran merupakan inti dalam proses pembelajaran.

Jenis penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (library research) dengan pendekatan teori yang ada, yaitu teori buku teks melalui analisis materi seperti kesesuaian materi dengan kompetensi inti dan kompetensi dasar. Selanjutnya tujuan dan metode dalam pengajaran.

Hasil dari penelitian ini kompetensi Inti Al-Qur’an Hadis di Madrasah Aliyah sudah sesuai dengan karakteristik PAI yang mengembangkan keseimbangan hidup baik spiritual maupun sosial, pengetahuan dan keterampilan yang pada akhirnya dapat di realisasikan dalam kehidupan sehari-hari. Sehingga nilai-nilai agama diharapkan benar-benar terinternalisasi dalam diri peserta didik baik dalam cara berfikir, bertindak maupun bersikap Selanjutnya kompetensi dasar banyak mendorong peserta didik untuk melakukan analisa pada materimaterinya, sehingga kemampuan berfikir operasional formal terus diasah dan di maksimalkan. kurikulum Al-Qur’an Hadis banyak mendorong peserta didik untuk melakukan analisa pada materimaterinya. Hal ini menurut penulis sesuai dengan perkembangan kognitif peserta didik pada usia Madrasah Aliyah yang memiliki kemampuan berfikir operasional formal dengan banyaknya menganalisa maka kemampuan berfikir operasional formal terus diasah dan di maksimalkan. Dalam tahap perkembangan inipun peserta didik secara alamiah menjadi seorang yang serba ingin tahu, maka diperbanyaknya analisis dalam pembelajaranpun untuk memenuhi rasa ingin tahu yang lebih dari peserta didik pada jenjang Madrasah Aliyah.

ABSTRACT

This study aims to examine the material analysis of the Al-Quran and hadiths in class XI Chapter I, living a blessed life with respect for parents and teachers. at the level of madrasah aliyah, published by the Ministry of Religion. Content or subject matter is the second component in the learning system. In certain contexts, subject matter is at the core of the learning process.

This type of research is library research with existing theoretical approaches, namely textbook theory through material analysis such as the suitability of material with core competencies and basic competencies. Furthermore, the goals and methods of teaching.

The results of this research that the core competences of Al-Qur'an Hadith in Madrasah Aliyah are in accordance with the characteristics of PAI which develop a balance of life both spiritual and social, knowledge and skills that can ultimately be realized in everyday life. So that religious values are expected to be truly internalized in students both in ways of thinking, acting and behaving.Furthermore, basic competence encourages many students to analyze the material, so that formal operational thinking skills continue to be honed and maximized. Furthermore, basic competence encourages many students to analyze the material, so that the ability to think formal operations continues to be sharpened and maximized. The Al-Qur'an Hadith curriculum encourages many students to analyze the material. According to the author, this is in accordance with the cognitive development of students at the age of Madrasah Aliyah who have formal operational thinking skills with a lot of analysis, so the ability to think formal operational continues to be sharpened and maximized. Even in this stage of development, students naturally become curious, so the analysis is multiplied in learning to fulfill the more curiosity of students at the Madrasah Aliyah level.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Al-Qur’an Hadist; Adab anak
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: puttry puttry ekaputri
Date Deposited: 28 Jun 2022 04:07
Last Modified: 28 Jun 2022 04:07
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/4008

Actions (login required)

View Item View Item