Analisis sistem pengendalian intern penerimaan kas atas penjualan jasa kamar pada Hotel Obelix Syariah Kota Palangka Raya

Lestari, Siti Nor Ayu (2021) Analisis sistem pengendalian intern penerimaan kas atas penjualan jasa kamar pada Hotel Obelix Syariah Kota Palangka Raya. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
Skripsi Siti Nor Ayu Lestari - S1704140017.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian skripsi yang berjudul analisis sistem pengendalian intern penerimaan kas atas penjualan jasa kamar pada hotel Obelix Syariah kota Palangka Raya, difokuskan pada dua permasalahan yaitu bagaimana penerapan pengendalian intern penerimaan kas atas penjualan jasa kamar pada hotel Obelix Syariah Kota Palangka Raya dan apakah pengendalian intern penerimaan kas atas penjualan jasa kamar pada hotel Obelix Syariah Kota Palangka Raya telah sesuai dengan komponen pengendalian (COSO). Dari rumusan masalah tersebut, maka tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sistem penerapan pengendalian intern penerimaan kas atas penjualan jasa kamar pada hotel Obelix Syariah Kota Palangka Raya dan mengetahui pengendalian intern penerimaan kas atas penjualan jasa kamar pada hotel Obelix Syariah Kota Palangka Raya telah apakah sesuai dengan komponen pengendalian (COSO).

Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, subjek penelitiannya adalah pimpinan hotel, manajer operasional, dan front office. Objek dalam penelitian ini adalah sistem pengendalian intern penerimaan kas atas penjualan jasa kamar pada hotel Obelix Syariah kota Palangka Raya. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi.

Hasil penelitian ini adalah: (1) sistem pengendalian internal penerimaan kas atas penjualan jasa kamar berdasarkan unsur-unsur pengendalian masih belum dikatakan baik, karena pada job description nya masih terdapat perangkapan tugas/jabatan pada perhitungan kas yang masuk serta sistem pencatatannya masih manual dan (2) kesesuaian sistem pengendalian internal penerimaan kas atas penjualan jasa kamar dengan komponen pengendalian (COSO), telah memenuhi kesesuaian dengan komponen pengendalian (COSO) serta dengan standar pelayanan hotel dengan sikap keramah-tamahan, sopan dan bermoral, sesuai dengan standar konsep hotel syariah, hanya saja terdapat ketidaksesuaian pada pemantauan.

ABSTRACT

The thesis research entitled the analysis of the internal control system of cash receipts for the sale of room services at the Obelix Syariah hotel in the city of Palangka Raya, focused on two problems, namely how to apply internal control of cash receipts for the sale of room services at the Obelix Syariah hotel in Palangka Raya City and what is the internal control of cash receipts? the sale of room services at the Obelix Syariah hotel in Palangka Raya City has complied with the control component (COSO). From the formulation of the problem, the purpose of this study is to find out the system of implementing internal control of cash receipts for the sale of room services at the Obelix Syariah hotel in Palangka Raya City and knowing whether the internal control of cash receipts for the sale of room services at the Obelix Syariah hotel in Palangka Raya City is in accordance with control component (COSO).

This study uses a descriptive qualitative method, the research subjects are hotel managers, operational managers, and front office. The object of this research is the internal control system of cash receipts for the sale of room services at the Obelix Syariah hotel in Palangka Raya City. Data collection techniques are observation, interviews and documentation.

The results of this study are: (1) the internal control system for cash receipts for the sale of room services based on control elements is still not good, because in the job description there are still multiple tasks/positions in the calculation of incoming cash and the recording system is still manual and ( 2) the suitability of the internal control system for cash receipts for the sale of room services with the control component (COSO), has complied with the control component (COSO) and with hotel service standards with a friendly, polite and moral attitude, in accordance with sharia hotel concept standards, it's just that there is a mismatch in monitoring.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pendapatan; Penjualan Jasa
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1501 Accounting, Auditing and Accountability > 150105 Management Accounting
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1501 Accounting, Auditing and Accountability > 150116 Educational Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Islam > Program Studi Akuntansi Syariah
Depositing User: puttry puttry ekaputri
Date Deposited: 24 Jun 2022 06:44
Last Modified: 24 Jun 2022 06:44
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/4000

Actions (login required)

View Item View Item