Pengembangan media pembelajaran berbasis adobe flash cs 6 pada materi sistem hormon kelas xi SMAN 1 Parenggean

Tresnawati, Eva (2021) Pengembangan media pembelajaran berbasis adobe flash cs 6 pada materi sistem hormon kelas xi SMAN 1 Parenggean. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
Skripsi Eva Tresnawati - 1701140493.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penggunaan media dalam pembelajaran dijelaskan dalam struktur kurikulum yang berlaku saat ini, yaitu kurikulum 2013. Media dengan memanfaatkan komputer yang dapat membantu guru dalam meningkatkan pemahaman dalam pembelajaran. Hasil analisis kebutuhan siswa kelas XI IPA SMAN 1 Parenggean didapatkan pada pembelajaran siswa lebih senang dalam proses belajar jika ditambahkan animasi-animasi dalam pembelajaran (92,9%). Hasil analisis kebutuhan di atas menjadi dasar pengembangan media pembelajaran berbasis Adobe Flash CS 6 dalam penelitian ini.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengembangan media pembelajaran berbasis Adobe Flash CS 6 pada materi sistem hormon kelas XI SMAN 1 Parenggean, menentukan validitas media pembelajaran dan diharapkan media ini praktis sehingga memudahkan siswa memahami materi sistem hormon.
Jenis penelitian ini yaitu penelitian dan pengembangan. Desain penelitian yang dipakai adalah model ADDIE, pada tahap model ADDIE terdiri dari analisis, desain, pengembangan, implementasi dan evaluasi. Instrumen yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan angket. Teknik analisis data pada penelitian ini teknik analisis kualitatif deskriptif dan analisis kuantitatif deskriptif.
Hasil penelitian pada pengembangan media pembelajaran berbasis Adobe Flash CS 6 pada materi sistem hormon kelas XI SMAN 1 Parenggean selesai dikembangkan. Dengan hasil validasi ahli media terhadap aspek tampilan dan pemprograman mendapat persentase 93%, pada validasi materi untuk aspek pembelajaran dan isi mendapat persentase 74% maka media ini dapat dikatakan valid. Pada angket respon siswa memperoleh 95% tergolong sangat baik media ini dikatakan praktis. Sehingga media pembelajaran berbasis Adobe Flash CS 6 ini dikatakan valid dan praktis.

ABSTRACT

The use of media in learning is described in the structure of the curriculum that is current, that the curriculum of 2013. Media by utilizing a computer that can help teachers in improving the understanding in learning. The results of the analysis of the needs of students of class XI IPA SMAN 1 Parenggean obtained on student learning is more fun in the learning process if it is added animations in learning (92,9%). The results of the analysis of the above needs to be the basis of the development of media-based learning Adobe Flash CS 6 in this study.

This kind of research is research and development. The design of the research was the ADDIE model, in which the model phase ADDIE was relegated from analysis, design, development, implementation and evaluation.the instrument used were observational, interviews. Analysis techniques in this research are descriptive quantitative analysis techniques and descriptive quantitative analysis.

The results of research on the development of media-based learning Adobe Flash CS 6 on the hormone system subject’s of class XI SMAN 1 Parenggean been developed. With the results of the validation of media experts on aspects of the display and programming gets a percentage of 93%, in the validation of the material to aspects of learning and the content gets a percentage of 74% of the media can be said to be valid. On the questionnaire responses of students to obtain 95% classified as very good media is said to be practical. So the media-based learning Adobe Flash CS 6 is said to be valid and practical.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Media pembelajaran
Subjects: 06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0699 Other Biological Sciences > 069999 Biological Sciences not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Pendidikan IPA > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: puttry puttry ekaputri
Date Deposited: 24 Jun 2022 03:40
Last Modified: 24 Jun 2022 03:40
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/3998

Actions (login required)

View Item View Item