Perbandingan kemampuan membaca Alquran santri menggunakan metode tilawati dengan metode Al Barqy Jenjang Tpq Di Palangkaraya

Fadilah, Norhajati (2021) Perbandingan kemampuan membaca Alquran santri menggunakan metode tilawati dengan metode Al Barqy Jenjang Tpq Di Palangkaraya. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
Skripsi Norhajati Fadilah - 1701112187.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertolak dari fenomena yang terjadi di dunia pendidikan Islam khususnya dalam pengajaran membaca Alquran, peneliti menemukan masih terdapat anak yang belum menguasai berbagai kaidah membaca dengan sempurna. Kemudian peneliti menemukan dua TPQ yang menggunakan metode membaca Alquran yang berbeda yaitu metode Tilawati dan metode Al Barqy yang dikenal baru oleh masyarakat kota Palangka Raya, sehingga peneliti ingin mengetahui perbandingan kemampuan membaca Alquran santri dengan dua metode membaca Alquran tersebut. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana kemampuan membaca Alquran santri dengan menggunakan metode Tilawati di TPQ SDIT Al-Qonita? (2) Bagaimana kemampuan membaca Alquran santri dengan menggunakan metode Al Barqy di TPQ Al Hijrah? (3) Adakah perbedaan kemampuan santri dalam membaca Alquran dengan menggunakan metode Tilawati di TPQ Al-Qonita dan metode Al Barqy di TPQ Al Hijrah Palangka Raya?
Penelitian ini menggunakan dua metode pendekatan yaitu kuantitatif jenis komparasi dan kualitatif deskriptif. Untuk membandingkan hasil kemampuan membaca Alquran dengan penggunaan dua metode yang berbeda. Intrumen penelitian yang digunakan adalah tes. Subjek penelitian 23 orang santri TPQ Al-Qonita dan 23 santri TPQ Al Hijrah. Analisis data menggunakan rumus uji “t” untuk menguji hipotesis ada perbedaan yang signifikan antara yang menggunakan metode Tilawati dan metode Al Barqy dan tidak ada perbedaan yang signifikan antara metode Tilawati dan metode Al Barqy.

Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Kemampuan membaca Alquran santri yang menggunakan metode Tilawati di TPQ SDIT Al-Qonita termasuk pada kategori sangat baik dengan nilai rata-rata 81,07. 2) Kemampuan membaca Alquran santri yang menggunakan metode Al Barqy di TPQ Al Hijrah termasuk pada kategori baik dengan nilai rata-rata 67,60 3) Ada perbedaan yang signifikan antara kemampuan membaca Alquran santri yang menggunakan metode Tilawati di TPQ SDIT Al-Qonita dan metode Al Barqy di TPQ Al Hijrah dengan nilai sig. (2-tailed) 0,019<0,05.

ABSTRACT

This study accord with the phenomena that occurs in the world of Islamic education, especially in teaching reading the Holy Qur’an. The researcher found that there were many children who had not mastered the various rules perfectly. Then the researcher found the two TPQ that used in different methods of reading the Holy Qur’an, namely the Tilawati method and the Al Barqy method which were new to the people of the city of Palangka Raya, so the researcher wanted to know the comparison of the students' reading ability of the Qur’an with the two methods of reading the Holy Qur’an. The research problem of study were(1) How is the students' ability of reading the Holy Qur’an by using the Tilawati method at TPQ SDIT Al-Qonita? (2) How is the students' ability of reading the Holy Qur’an by using the Al Barqy method at TPQ Al Hijrah? (3) Is there a difference between students' ability of reading the Holy Qur’an by using the Tilawati method at TPQ Al-Qonita and the Al Barqy method at TPQ Al Hijrah Palangka Raya?

This study used two approach methods, they were quantitative type of comparison and qualitative descriptive. To compare the results between two different methods, the research instrument used test, with the 23 students of TPQ Al-Qonita and 23 students of TPQ Al Hijrah. The Data analysis used the "t" test formula by testing the hypothesis "there is a significant difference between the Tilawati method and the Al Barqy method and there is no significant difference between the Tilawati method and the Al Barqy method".

The results of this study indicated that 1) The students' ability of reading the Holy Qur’an who used the Tilawati method at TPQ SDIT Al-Qonita was very good category with an average value of 81.07. 2) The students' ability of reading the Holy Qur’an who used the Al Barqy method at TPQ Al Hijrah was good category with an average score of 67.60 3). There is a positive difference between the students' ability of reading the Holy Qur’an who use the Tilawati method at TPQ SDIT Al-Qonita and the Al Barqy method in TPQ Al Hijrah with the sig. (2-tailed) 0.019<0.05.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Membaca Al-qur'an
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: puttry puttry ekaputri
Date Deposited: 22 Jun 2022 07:59
Last Modified: 22 Jun 2022 07:59
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/3985

Actions (login required)

View Item View Item