Tang S., Muhammad and Muslimah, Muslimah and Riadi, Akhmad and Mukmin, Mukmin (2021) Implikasi pedagogis Al-Qur’an surah Al-Ahzab ayat 45-48 mengenai tugas dan fungsi guru sebagai pendidik. Ta'dibuna: Jurnal Pendidikan Islam, 10 (1). pp. 13-27. ISSN 2252-5793
Text
JURNAS IMPLEMENTASI PED MUSLIMAH.pdf Download (456kB) |
Abstract
Aktualisasi nilai yang terkandung di dalam kitab suci Al-Qur’an diharapkan menjadi referensi sentral dalam perkembangan ilmu pedagogi sehingga berbagai kajian mengenai guru dalam konteks pendidikan Islam yang berdasarkan penafsiran ayat-ayat suci Al-Qur’an telah dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implikasi pedagogis yang terkandung di dalam QS. AlAhzab
ayat 45-48 mengenai tugas dan fungsi guru sebagai pendidik. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif kajian pustaka Library Research dengan metode analisis konten content analysis untuk menggali makna teks. Data primer diambil dari berbagai penafsiran para mufasir mengenai QS. Al-Ahzab ayat 45-48, dan data sekunder diambil dari literatur berupa artikel dari jurnal ilmu pendidikan Islam dan jurnal lain yang relevan. Data dianalisis dengan menginventarisasi, memilih, menelaah, dan mengelompokkan bahan-bahan pustaka yang sesuai dengan penelitian. Dari hasil kajian diketahui bahwa implikasi pedagogis QS. Al-Ahzab ayat 4548
tentang tugas dan fungsi guru sebagai pendidik adalah sebagai pengawas, penghibur, pengingat, penyeru dan penerang bagi anak didik. Hasil kajian ini diharapkan menjadi referensi teori mengenai ilmu pedagogi bagi guru dalam menjalankan tugas dan fungsinya sebagai pendidik.
Item Type: | Journal Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Tugas-Fungsi; Guru |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130399 Specialist Studies in Education not elsewhere classified |
Divisions: | Perpustakaan Pusat |
Depositing User: | puttry puttry ekaputri |
Date Deposited: | 04 Mar 2022 05:33 |
Last Modified: | 04 Mar 2022 05:34 |
URI: | http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/3840 |
Actions (login required)
View Item |