Penggunaan media online sebagai sarana promosi pedagang kain tradisional di kota Palangka Raya

Ulfah, Mariya (2021) Penggunaan media online sebagai sarana promosi pedagang kain tradisional di kota Palangka Raya. Masters thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
TESIS MARIYA ULFAH.pdf

Download (1MB)

Abstract

Abstract

Perkembangan informasi serta akses komunikasi melalui media sosial begitu cepat dan efisien. Hal tersebut baik secara langsung terhadap perdagangan kain tradisional di Kota Palangka Raya. Penelitian ini dilakukan pada pedagang kain tradisional di palangka Raya kalimantan Tengah, Pada observasi awal terdapat beberapa temuan yang menarik tentang pedagang kain tradisional ini, antara lain pendidikan para pedagang ada beberapa yang hanya lulusan Sekolah Dasar (SD) serta ada juga yang tidak lulus SD. Ada juga beberapa orang yang masih belum lancar membaca bahkan tidak bisa membaca. Akan tetapi dengan keterbatasan mereka tersebut, mereka mampu menggunakan media online, bahkan mampu menggunakan media online sebagai sarana promosi dan menghasilkan penghasilan. Karenanya penelitian ini penting untuk diketahui: 1). Bagaimana penggunaan media online sebagai sarana promosi pedagang kain tradisional di kota Palangka Raya. 2). Mengapa pedagang kain tradisional menggunakan media online dalam mempromosikan barang dagangannya di Kota Palangka Raya. 3). Bagaimana penggunaan media online terhadap promosi dalam prespektif Islam.

Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif sebagai subjek penelitian adalah para pedangang kain tradisional di Kota Palangka Raya yang menggunakan media online dan berpendidikan rendah dan sebagai informan adalah penjaga pasar, penggalian data dalam penelitian ini menggunakan teknik wawancara, dokomentasi dan observasi. Berdasarkan hasil penelitian yang dikukan, maka dapat disimpulkan hasil penelitian sebagai berikut : 1). Promosi yang digunakan pedagang menggunakan media online dalam mempromosikan kain tradisional dayak terkhusus di pasar besar Kota Palangka Raya yaitu melakukam cara jual beli di mana penjual dan pembelinya tidak harus bertemu untuk melakukan negosiasi dan transaksi. Kegiatan jual beli online di dalam forum internet, khususnya forum jual beli online seperti facebook, whatsapp. 2). Menggunakan media online dalam mempromosikan barang dagangannya di Kota Palangka Raya bagi para pedagang kain tradisional sangatlah membantu dan transaksi jual beli online juga memiliki dampak positif karena dianggap praktis cepat dan mudah. 3) Para pedagang kain tradisional ini dalam menggunakan media online ini sudah sesuai dengan prespektif islam dengan mereka terapkan niat yang lurus, menyebar kebaikan dan menghindari pertengkaran dan pemanfaatan terhadap waktu.

ABSTRACT

The development of information and access to communication through social media is so fast and efficient. This is good directly for the traditional cloth trade in Palangka Raya City. This research was conducted on traditional cloth traders in Palangka Raya, Central Kalimantan. At the initial observation there were some interesting findings about these traditional cloth traders, including the education of some traders who only graduated from elementary school (SD) and some did not graduate from elementary school. There are also some people who still can't read fluently and can't even read. However, with their limitations, they are able to use online media, even able to use online media as a means of promotion and generate income. Therefore, this research is important to know: 1). How to use online media as a means of promotion of traditional cloth traders in the city of Palangka Raya. 2). Why do traditional cloth traders use online media in promoting their wares in Palangka Raya City. 3). How to use online media for promotion in Islamic perspective.

This research includes qualitative research as research subjects are traditional cloth traders in Palangka Raya City who use online media and have low education and as informants are market guards, extracting data in this study using interview, documentation and observation techniques. Based on the results of the research conducted, it can be concluded that the research results are as follows: 1). The promotions used by traders use online media to promote traditional Dayak fabrics, especially in the big market of Palangka Raya City, namely doing buying and selling in which the seller and the buyer do not have to meet to negotiate and make transactions. Online buying and selling activities in internet forums, especially online buying and selling forums such as Facebook, WhatsApp. 2). Using online media in promoting their wares in Palangka Raya City for traditional cloth traders is very helpful and online buying and selling transactions also have a positive impact because they are considered practical, fast and easy. 3) These traditional cloth traders in using online media are in accordance with the Islamic perspective by applying straight intentions, spreading goodness and avoiding quarrels and use of time.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Penggunaan; Media Online; Promosi; Pedagang Kain Tradisional
Subjects: 14 ECONOMICS > 1403 Econometrics > 140303 Economic Models and Forecasting
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Magister Ekonomi Syariah
Depositing User: fuah fuah marfuah
Date Deposited: 31 Dec 2021 03:05
Last Modified: 31 Dec 2021 03:05
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/3708

Actions (login required)

View Item View Item