Pengembangan media pembelajaran berbasis powtoon mata pelajaran akidah akhlak kelas iv mi

Sidqi, Nasiruddin (2021) Pengembangan media pembelajaran berbasis powtoon mata pelajaran akidah akhlak kelas iv mi. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
SKRIPSI NASIRUDDIN SIDQI.pdf

Download (2MB)

Abstract

Abstract

Media pembelajaran adalah alat yang dapat membantu proses pembelajaran, sehingga mempermudah penyampaian informasi materi pelajaran. Salah satu media yang dapat digunakan adalah Powtoon. Seiring mengikuti perkembangan zaman dan kondisi pandemi sekarang, penyajian materi dikemas secara menarik dalam bentuk Powtoon yang dapat mempermudah peserta didik. Powtoon merupakan media interaktif yang dapat memenuhi kebutuhan siswa pada materi pelajaran Akidah Akhlak kelas IV MIS Palangka Raya Nahdlatul ‘Ulama semester I pelajaran 1 indahnya kalimat Thayyibah (Subhanallah, Masya Allah, dan Allahu Akbar).

Pengembangan dilakukan dengan tujuan mendeskripsikan pengembangan media pembelajaran berbasis Powtoon pelajaran Akidah Akhlak kelas IV MIS Nahdlatul ‘Ulama Palangka Raya dan Mendeskripsikan kelayakan media pembelajaran berbasis Powtoon pelajaran Akidah Akhlak kelas IV MIS Nahdlatul ‘Ulama Palangka Raya.

Jenis penelitian ini termasuk jenis penelitian dan pengembangan atau dikenal dengan Research and Development (R&D). Model pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE, hanya empat tahapan yang digunakan yaitu analysis (analisis), design (desain), development (pengembangan), dan implementation (implementasi). Dengan teknik dan pengumpulan data hasil wawancara, dokumentasi, dan angket. Hasil data angket dari ahli media, ahli materi serta uji coba lapangan yang dilakukan dengan peserta didik kelas IV.

Powtoon berupa media pembelajaran berbentuk video berdurasi 09.50 menit dengan animasi, suara, gambar dan musik didalamnya. Background disesuaikan dengan karakteristik siswa, gambar disesuaikan dengan materi dan dibuat menarik utuk menarik perhatian siswa.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada penilaian ahli media mendapatkan skor persentase 96% pada kategori “Sangat Layak”. Pada penilaian ahli materi mendapatkan skor persentase 97,5% pada kategori “Sangat Layak”. Selanjutnya dilakukan tahap uji coba lapangan. Uji coba kelompok kecil mendapatkan skor persentase 89,04% pada kategori “Sangat Layak”.

ABSTRACT

Learning media is a tool that can help the learning process, thus facilitating the delivery of information on subject matter. One of the media that can be used is Powtoon. Along with the times and current pandemic conditions, the presentation of material is packaged in an attractive way in the form of Powtoons that can make it easier for students. Powtoon is an interactive media that can meet the needs of students on the subject matter of Akidah Akhlak class IV MIS Nahdlatul 'Ulama semester I lesson 1 the beauty of the sentence of Thayyibah (Subhanallah, Masya Allah, and Allahu Akbar).

The development was carried out with the aim of describing the development of Powtoon-based learning media for Akidah Akhlak class IV MIS Nahdlatul 'Ulama Palangka Raya and describing the feasibility of Powtoon-based learning media for Akidah Akhlak class IV MIS Nahdlatul 'Ulama Palangka Raya.

This type of research includes the type of research and development or known as Research and Development (R&D). The development model used is the ADDIE model, only four stages are used, namely analysis, design, development, and implementation. With techniques and data collection from interviews, documentation, and questionnaires. The results of questionnaire data from media experts, material experts and field trials conducted with fourth grade students.

Powtoon is a learning media in the form of a 09.50 minute video with animation, sound, images and music in it. The background is adjusted to the characteristics of the students, the images are adapted to the material and made interesting to attract students' attention.

The results of this study indicate that in the assessment of media experts a percentage score of 96% is in the "Very Eligible" category. In the assessment of material experts, the percentage score of 97.5% in the "Very Eligible" category. The next stage is a field trial. The small group trial got a percentage score of 89.04% in the "Very Eligible" category.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan; Powtoon; Akidah Akhlak
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (MI)
Depositing User: fuah fuah marfuah
Date Deposited: 16 Dec 2021 08:41
Last Modified: 16 Dec 2021 08:41
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/3677

Actions (login required)

View Item View Item