Pelaksanaan supervisi akademik kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru di sd negeri 1 tri buana Kabupaten Kotim

Mahfuziansyah, Mahfuziansyah (2021) Pelaksanaan supervisi akademik kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru di sd negeri 1 tri buana Kabupaten Kotim. Masters thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
TESIS MAHFUZHIANSYAH.pdf

Download (1MB)

Abstract

Abstract

Pelaksanaan di lembaga pendidikan merupakan suatu usaha untuk meningkatkan sumber daya manusia. Sekolah menjadi salah satu sarananya, dan guru sebagai tenaga pengajar di sekolah merupakan komponen utama sumber daya manusia. Untuk mengawasi, mengevaluasi dan memperbaiki proses belajar mengajar yang dilakukan oleh guru diperlukan adanya supervisi.

Kegiatan supervisi ini lebih jauh diharapkan mampu mengkonstruk pola pikir para guru supaya mempunyai komitmen sehingga mereka dapat melaksanakan fungsi dan tugasnya secara profesional. Dalam penelitian ini akan mengkaji tentang: 1) Pelaksanaan Supervisi Akademik Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru di SD Negeri 1 Tri Buana Kabupaten KOTIM; 2) Tindak Lanjut Hasil Supervisi Akademik Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru di SD Negeri 1 Tri Buana Kabupaten KOTIM.

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian lapangan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data dengan tiga tahap, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala SD Negeri 1 Tri Buana Kabupaten KOTIM dan infromannya adalah guru kelas 5 dan kelas 6.

Penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Pelaksanaan Supervisi Akademik di SD Negeri 1 Tri Buana Kabupaten KOTIM sudah berjalan sesuai dengan ketentuan yang ada, diantaranya: a) kunjungan kelas. b) observasi kelas. c) inter visitasi. d) percakapan peribadi. e) rapat guru; 2) Hasil dari supervisi yang dilakukan oleh kepala SD Negeri 1 Tri Buana Kabupaten KOTIM ini, yaitu: persiapan guru dalam mengajar (perangkat pembelajaran), hasil pelaksanaan kurikulum yang harus dicapai pada periode tertentu, keaktifan guru dalam menjalankan tugas, serta sikap dan tingkah laku guru

ABSTRACT

Implementation in educational institutions is an effort to improve human resources. Schools are one of the facilities, and teachers as teaching staff in schools are the main component of human resources. To supervise, evaluate and improve the teaching and learning process carried out by teachers, supervision is needed.

This supervision activity is further expected to be able to construct the mindset of teachers so that they are committed so that they can carry out their functions and duties professionally. This research will examine: 1) Implementation of Principal Academic Supervision in Improving Teacher Performance at SD Negeri 1 Tri Buana, KOTIM Regency; 2) Follow-up on the results of the Principal's Academic Supervision in Improving Teacher Performance at SD Negeri 1 Tri Buana, KOTIM Regency.

This research is a qualitative research with the type of field research. Data collection techniques in this study by means of observation, interviews, and documentation. While the data analysis technique with three stages, namely data reduction, data presentation, and drawing conclusions. The subject in this study was the principal of SD Negeri 1 Tri Buana, KOTIM Regency and the informants were teachers of grade 5 and grade 6.

This study shows that: 1) Implementation of Academic Supervision at SD Negeri 1 Tri Buana, KOTIM Regency has been running in accordance with existing provisions, including: a) class visits. b) class observation. c) inter-visit. d) personal conversation. e) teacher meeting; 2) The results of the supervision carried out by the head of SD Negeri 1 Tri Buana, KOTIM Regency, namely: teacher preparation in teaching (learning tools), results of curriculum implementation that must be achieved in a certain period, teacher activity in carrying out tasks, and attitudes and behavior teacher.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Supervisi Akademik; Kinerja Guru
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: fuah fuah marfuah
Date Deposited: 14 Dec 2021 08:41
Last Modified: 14 Dec 2021 08:41
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/3664

Actions (login required)

View Item View Item