Motivasi dan hasil belajar pada pembelajaran daring di ma hidayatul insan Palangka Raya

Amalia, Nurhikmah (2021) Motivasi dan hasil belajar pada pembelajaran daring di ma hidayatul insan Palangka Raya. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
SKRIPSI NURHIKMAH AMALIA.pdf

Download (1MB)

Abstract

Abstract

COVID-19 menghentikan sementara kegiatan pendidikan dan pembelajaran yang mengharuskan siswa belajar di rumah demi keselamatan dan kesehatan. Karena itu, guru perlu menawarkan pelajaran daring. Upaya yang dilakukan untuk mentransformasi pembelajaran konvensional menjadi pembelajaran modern menggunakan teknologi modern dengan mengembangkan desain pembelajaran berbasis e-learning. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) bagaimana motivasi belajar siswa pembelajaran daring (2) bagaimana hasil belajar siswa pada pembelajaran daring.

Jenis penelitian yang akan dilakukan adalah kuantitatif deskriptif. Pengambilan sampel secara purposive sampling, sampel yang digunakan adalah kelas X MIA MA Hidayatul Insan Palangka Raya sebanyak 10 orang siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket motivasi belajar dan tes hasil belajar siswa.

Berdasarkan hasil penelitian ini, motivasi Motivasi belajar siswa pada pembelajaran daring diperoleh sebanyak 8 orang siswa dengan persentase 80% pada kategori sedang dan 2 orang siswa dengan persentase 20% memiliki motivasi belajar siswa dengan kategori rendah. Dari analisis data di atas menunjukkan bahwa rata-rata motivasi siswa tergolong pada kategori sedang dengan jumlah rata-rata sebesar 68,2. Dan hasil belajar siswa menunjukkan bahwa terdapat 3 orang siswa yang belum tuntas dan 7 orang siswa sudah tuntas pada pembelajaran daring. Dengan persentase ketuntasan 70% dan rata-rata keseluruhan skor siswa adalah 77,3.

ABSTRACT

COVID-19 has temporarily suspended educational and learning activities that require students to study at home for safety and health. Therefore, teachers need to offer online lessons. Efforts are being made to transform conventional learning into modern learning using modern technology by developing e-learning based learning designs. This study aims to determine: (1) how the students' learning motivation online learning (2) how the student learning outcomes in online learning.

The type of research that will be conducted is descriptive quantitative. Sampling was purposive sampling, the sample used was class X MIA MA Hidayatul Insan Palangka Raya as many as 10 students. The instruments used in this study were a learning motivation questionnaire and student learning outcomes tests.

Based on the results of this study, students' learning motivation in online learning was obtained as many as 8 students with a percentage of 80% in the medium category and 2 students with a percentage of 20% having low student learning motivation. From the analysis of the data above, it shows that the average student motivation is in the medium category with an average number of 68.2. And student learning outcomes show that there are 3 students who have not completed and 7 students have completed online learning. With a percentage of 70% completeness and the overall average score of students is 77.3.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Daring; Motivasi Belajar; Hasil Belajar Siswa
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130103 Higher Education
13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130399 Specialist Studies in Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Pendidikan IPA > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: fuah fuah marfuah
Date Deposited: 14 Dec 2021 03:08
Last Modified: 14 Dec 2021 03:08
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/3659

Actions (login required)

View Item View Item