Pengaruh penerapan quick response code indonesian standard (qris) terhadap kepuasan nasabah bsi kc 2 Palangka Raya

Harahap, Husien Anugrah (2021) Pengaruh penerapan quick response code indonesian standard (qris) terhadap kepuasan nasabah bsi kc 2 Palangka Raya. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
SKRIPSI Husien Anugrah H.pdf

Download (2MB)

Abstract

Abstract

Ditengah pendemi Covid-19 yang kita alami saat ini, uang tunai merupakan salah satu penyebab penyebaran Covid-19 karena terdapat banyak virus atau bakteri yang menempel pada uang, dengan adanya metode pembayaran digital (non-tunai) hal ini memungkinkan orang bertransaksi tanpa bersentuhan dengan orang ataupun alat pembayaran di merchant. Pembayaran menggunakan metode kode QR merupakan cara pembayaran digital tanpa kontak fisik antara penjual dan pembeli. Tidak hanya itu, dengan adanya QRIS memepermudah dalam melakukan berbagai macam transaksi pembayaran. Kemudian penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh penerapan Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) terhadap kepuasan nasabah Bank Syariah Mandiri Palangka Raya.

Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang menggunakan metode kuantitatif deskriptif. Adapun populasi dari penelitian ini semua nasabah Bank Mandiri Syariah sebanyak 76 orang dengan pemgambilan sampel menggunakan metode probability sampling dengan teknik sample random sampling seingga jumlah sampel 76 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan observasi. Teknik analisis data menggunkan uji instrumen penelitian dengn teknik uji validitas dan uji reliabilitas; uji analisis data dengan teknik uji normalitas, uji linearitas dan analisi regresi linier sederhana;uji hipotesis dengan teknik uji f dan koefesien determinasi.

Hasil penelitian ini adalah: Penerapan QRIS berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan nasabah BSI KC 2 Palangka Raya Hal ini ditunjukkan dengan nilai thitung > ttabel yaitu 2.847 > 1,993 dan nilai signifikan < α yaitu 0,006 < 0,05. Dan nilai R Square sebesar 0,031 dan adjusted R Square sebesar 0,018. dapat diartikan bahwa penerapan QRIS berpengaruh 3,1% terhadap kepuasan nasabah Bank Syariah Mandiri Palangka Raya dan sisanya 96,9% dipengaruhi oleh faktor-faktor lainnya.

ABSTRACT

In the midst of the Covid-19 epidemic that we are currently experiencing, cash is one of the causes of the spread of Covid-19 because there are many viruses or bacteria that stick to money, with the existence of digital (non-cash) payment methods this allows people to transact without coming into contact with person or payment instrument at the merchant. Payment using the QR code method is a digital payment method without physical contact between the seller and the buyer. Not only that, with the existence of QRIS it makes it easier to carry out various kinds of payment transactions. Then this study aims to determine how the effect of implementing the Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) on customer satisfaction at Bank Syariah Mandiri Palangka Raya.

This research is a field research that uses descriptive quantitative methods. The population of this study were all Bank Mandiri Syariah customers as many as 76 people with the sampling using probability sampling method with random sampling technique so that the number of samples was 76 people. Data collection techniques using questionnaires and observations. The data analysis technique used the research instrument test with the validity and reliability test techniques; data analysis test with normality test technique, linearity test and simple linear regression analysis, hypothesis test with f test technique and coefficient of determination.

The results of this study are: The application of QRIS has a positive and significant effect on customer satisfaction at BSI KC 2 Palangka Raya. This is indicated by the value of tcount> t table, namely 2.847> 1.993 and a significant value <α, namely 0.006 <0.05. And the R Square value is 0.031 and the adjusted R Square is 0.018. It can be interpreted that the application of QRIS has 3,1% effect on customer satisfaction at Bank Syariah Mandiri Palangka Raya and the remaining 96,9% is influenced by other factors.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Penerapan QRIS; Kepuasan Nasabah; BSI KC 2
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012799 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Islam > Program Studi Perbankan Syariah
Depositing User: fuah fuah marfuah
Date Deposited: 07 Dec 2021 09:02
Last Modified: 07 Dec 2021 09:02
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/3635

Actions (login required)

View Item View Item