Pengaruh manfaat, kepercayaan, kemudahan mobile banking terhadap minat nasabah menggunakan mobile banking di bank syariah indonesia kc 3 Palangka Raya

Yudin, Ahmad (2021) Pengaruh manfaat, kepercayaan, kemudahan mobile banking terhadap minat nasabah menggunakan mobile banking di bank syariah indonesia kc 3 Palangka Raya. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
SKRIPSI AHMAD YUDIN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Abstract

Pada era teknologi informasi sekarang ini perilaku nasabah/konsumen banyak berubah dalam melakukan transaksi perbankan, dimana nasabah sangat mengedepankan aspek kemudahan, fleksibilitas, efisiensi, dan kesederhanaan. Teknologi mobile banking merupakan salah satu jenis pelayanan yang diberikan bank Bsi KC Palangka Raya 3 kepada nasabahnya agar nasabah dapat melakukan transaksi perbankan kapan saja dan dimana saja setiap saat tanpa harus datang ke bank yang bersangkutan. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Bagaimana pengaruh manfaat terhadap minat nasabah menggunakan mobile banking Di BSI KC 3 Palangka Raya ? 2) Bagaimana pengaruh kepercayaan terhadap minat nasabah menggunakaan mobil banking Di BSI KC 3 Palangka Raya ? 3) Bagaimana pengaruh kemudahan terhadap minat nasabah menggunakaan mobile banking Di BSI KC 3 Palangka Raya ? 4) Bagaimana pengaruh manfaat, kepercayaan, kemudahan terhadap minat nasabah mengunakan mobile banking Di BSI KC 3 Palangka Raya ?

Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Populasi penelitian ini berjumlah 40 nasabah. Dalam penelitian ini menggunakan sampel jenuh, yaitu dengan menggambil seluruh populasi sebagai sampel yaitu sebanyak 40 responden. Teknik analisis data yang digunakan untuk menjawab rumusan masalah menggunakan analisis regresi linear berganda dengan menggunakan program SPSS versi 25.

hasil uji t menunjukkan bahwa variabel manfaat memiliki nilai thitung sebesar 2.031 > 2,012 maka H2 diterima, variabel kepercayaan memiliki nilai thitung sebesar -0,306 < 2,012 maka H3 ditolak, variabel kemudahan penggunaan memiliki nilai thitung sebesar 4,749 > 2,012 maka H4 diterima. Dan uji R2 sebesar 0,668, hal tersebut berarti variabel minat nasabah dapat dijelaskan oleh variabel manfaat, kepercayaan, dan kemudahan penggunaan. Hasil Uji t Variabel yang sangat berpengaruh dalam menggunakan Mobile Banking Yaitu Variabel Kemudahan memiliki nilai thitung sebesar 4,749.

ABSTRACT

In the current era of information technology, the behavior of customers/consumers has changed a lot in conducting banking transactions, where customers prioritize aspects of convenience, flexibility, efficiency, and simplicity. Mobile banking technology is one type of service provided by Bank Bsi KC 3 Palangka Raya to its customers so that customers can perform banking transactions anytime and anywhere at any time without having to come to the bank concerned. The aims of this research are: 1) How is the effect of benefits on customer interest in using mobile banking at BSI KC 3 Palangka Raya? 2) How does trust affect customer interest in using mobile banking at BSI KC 3 Palangka Raya? 3) How does convenience affect customer interest in using mobile banking at BSI KC 3 Palangka Raya? 4) How do benefits, trust, convenience affect customer interest in using mobile banking at BSI KC 3 Palangka Raya?

The type of research used in this research is quantitative method. The population of this study amounted to 40 customers. In this study using a saturated sample, namely by taking the entire population as a sample, namely as many as 40 respondents. The data analysis technique used to answer the problem formulation uses multiple linear regression analysis using the SPSS version 25 program.

The results of the t test show that the benefit variable has a tcount value of 2.031 > 2.012 then H2 is accepted, the trust variable has a tcount value of -0.306 < 2.012 then H3 is rejected, the ease of use variable has a tcount value of 4.749 > 2.012 then H4 is accepted. And the R2 test is 0.668, it means that the variable of customer interest can be explained by the variables of benefits, trust, and ease of use. The results of the t-test of variables that are very influential in using Mobile Banking, namely the convenience variable, have a tcount of 4.749.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Manfaat; Kepercayaan; kemudahan; Minat
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment > 150299 Banking, Finance and Investment not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Islam > Program Studi Perbankan Syariah
Depositing User: fuah fuah marfuah
Date Deposited: 07 Dec 2021 07:08
Last Modified: 07 Dec 2021 07:08
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/3632

Actions (login required)

View Item View Item