Pemanfaatan media audio visual mata pelajaran pai materi shalat jama’ dan qasar kelas vii a di smp islam terpadu hasanka Palangkaraya

Sardawati, Sardawati (2021) Pemanfaatan media audio visual mata pelajaran pai materi shalat jama’ dan qasar kelas vii a di smp islam terpadu hasanka Palangkaraya. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
SKRIPSI SARDAWATI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Abstract

Penelitian ini bertolak dari adanya potensi ustad yang mengajar mata pelajaran PAI di SMP Islam Terpadu Hasanka Palangka Raya menggunakan sarana dan prasarana yang sudah lengkap di sekolah seperti proyektor, speaker, laptop dan lain sebagainya. Sehingga ketika proses belajar mengajar mata pelajaran PAI materi shalat jama’dan qasar kelas VII A di SMP Islam Terpadu Hasanka Palangka Raya ustad memanfaatkan media audio visual. Oleh karena itu, peneliti ingin mengetahui bagaimana pemanfaatan media audio visual pada mata pelajaran PAI materi shalat jama’dan qasar kelas VII A di SMP Islam Terpadu Hasanka Palangka Raya Palangka Raya.

Penelitan ini menggunakan metode penelitian kualitatif dan Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui pemanfaatan media audio visual pada mata pelajaran PAI materi shalat jama’dan qasar kelas VII A di SMP Islam Terpadu Hasanka Palangka Raya (2) Mengetahui faktor pendukung dalam pemanfaatan media audio visual pada mata pelajaran PAI materi shalat jama’dan qasar kelas VII A di SMP Islam Terpadu Hasanka Palangka Raya.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Pemanfaatan media audio visual pada mata pelajaran PAI materi shalat jama’dan qasar kelas VII A di SMP Islam Terpadu Hasanka Palangka Raya langkah pertama yang dilakukan ustad sebelum memanfaatkan media audio visual adalah menyiapkan silabus, membuat RPP, menyiapkan media audio visual berupa video yang dibuat sendiri dan kemudian diuapload ke channel youtubenya, kemudian membagikan link channel youtube ke siswa melalui google class room. Jadi pemanfaatan media audio visual pada mata pelajaran PAI materi shalat jama’dan qasar kelas VII A di SMP Islam Terpadu Hasanka Palangka Raya belum sesuai dengan langkah-langkah penggunaan media karena masih ada salah satu kompetensi dasar (KD) yang belum tercapai yaitu KD 4.10 tentang mempraktikan shalat jama’ dan qasar. (2) faktor pendukung dalam pemanfaatan media audio visual pada mata pelajaran PAI materi shalat jama’ dan qasar kelas VII A di SMP Islam Terpadu Hasanka Palangka Raya tersedianya prasarana di sekolah, adanya kompetensi pedagogik guru dalam pemanfaatan media serta lingkungan yang kondusif di sekolah SMP Islam Terpadu Hasanka Palangka.

ABSTRACT

This research departs from the potential for clerics who teach PAI subjects at SMP Hasanka Palangka Raya using complete facilities and infrastructure in schools such as projectors, speakers, laptops and so on. So that when the teaching and learning process for PAI subjects, the material for congregational prayer and qasar class VII A at Hasanka Junior High School Palangka Raya, the ustad utilizes audio-visual media. Therefore, the researcher wanted to find out how the use of audio-visual media in PAI subjects for congregational prayers and qasar prayers class VII A at Hasanka Palangka Raya Middle School, Palangka Raya.

This research uses qualitative research methods and this study aims to (1) determine how the use of audio-visual media in PAI subjects for congregational prayers and qasar prayers in class VII A at Hasanka Middle School, Palangka Raya (2) To determine the supporting factors in the use of audio-visual media in PAI subjects for congregational prayers. 'and qasar class VII A at SMP Hasanka Palangka Raya.

The results of this study indicate that: (1) The use of audio-visual media in PAI subjects for the subject of jama' and qasar prayer for class VII A at Hasanka Palangka Raya Middle School, what Ustad does before using audio-visual media is to prepare a syllabus, make lesson plans, prepare audio media. visuals in the form of videos downloaded from YouTube, as well as preparing classes. So the use of audio-visual media in PAI subjects for the material for congregational prayers and qasar class VII A at Hasanka Middle School in Palangka Raya has been done well and is in accordance with the steps for using media. (2) supporting factors in the use of audio-visual media in PAI subjects, the material for praying jama' and qasar class VII A at Hasanka Palangka Raya Middle School, the availability of facilities and infrastructure in schools, the teacher's pedagogic competence in the use of media and a conducive environment in Hasanka Palangka Middle School schools.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Media Audio Visual, Pembelajaran PAI
Subjects: 19 STUDIES IN CREATIVE ARTS AND WRITING > 1902 Film, Television and Digital Media > 190205 Interactive Media
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: fuah fuah marfuah
Date Deposited: 22 Nov 2021 04:05
Last Modified: 22 Nov 2021 04:05
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/3607

Actions (login required)

View Item View Item