Abdurrohim, Abdurrohim (2021) Efektivitas pembelajaran pai dengan model blended learning di sma islam swasta se-Palangka Raya. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.
Text
SKRIPSI ABDURROHIM.pdf Download (1MB) |
Abstract
Absract
Penelitian ini di latar belakangi dari permasalahan pembelajaran yang tidak bisa dilaksanakan secara tatap muka langsung karena kondisi pandemi covid-19 yang berkepanjangan sampai sekarang, sehingga pembelajaran harus dilakukan secara jarak jauh atau blended learning di SMA Islam Swasta se-Palangka Raya demi mengurangi penyebaran covid-19 yang terus meningkat. Untuk itu rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana efektifitas pembelajaran PAI dengan model blended learning di SMA Islam swasta se-Palangka Raya? 2) Apa saja kendala guru dalam proses pembelajaran PAI dengan model blended learning di SMA Islam swasta se-Palangka Raya?
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan secara mendalam tentang efektifitas pembelajaran PAI dengan model blended learning dan kendala guru dalam proses pembelajaran di SMA Islam swasta se-Palangka Raya. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif. Tempat penelitian ini dilaksanakan di SMA Muhammadiyah 1 Palangka Raya, SMA Muhammmadiyah 2 Palangka Raya dan SMA Nahdatul Ulama Palangka Raya. Subjek dalam penelitian ini adalah guru mata pelajaran PAI. Untuk pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun teknik pengabsahan data menggunakan ketekunan dan keajegan pengamatan, dan triangulasi. Sedangkan analisis data yang dilakukan yaitu dengan cara data collection, data reduction, data display, dan conclusion drawing/verification.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Efektivitas pembelajaran PAI dengan model blended learning di SMA Muhammadiyah 1 Palangka Raya dan SMA Nahdatul Ulama berjalan efektif. Hal ini karena siswa memiliki motivasi belajar yang cukup tinggi sehingga pembelajaran berjalan dengan baik. Sedangkan di SMA Muhammadiyah 2 Palangka Raya pembelajaran dengan model blended learning belum efektif. Hal ini terjadi karena motivasi belajar siswa menurun dan mereka merasa jenuh dengan model pembelajaran jarak jauh atau blended learning sehingga strategi yang digunakan guru dalam mengajar tidak bisa berjalan maksimal. Selain itu, alokasi waktu pembelajaran yang sedikit juga menyebabkan penjelasan materi kurang efektif. 2) Kendala guru dalam proses pembelajaran adalah kurangnya partisipasi siswa dalam mengikuti pembelajaran secara jarak jauh. Hal ini disebabkan karena kendala utama yang terjadi adalah susahnya sinyal dan lemahnya jaringan internet yang terjadi pada siswa. Selain itu, kendala lain yang terjadi adalah keterbatasan kuota pembelajaran pada sebagian siswa yang menyebabkan siswa tidak bisa sepenuhnya mengikuti pembelajaran daring yang dilakukan guru.
ABSTRACT
This research is in the background of learning problems that cannot be implemented face-to-face due to the prolonged covid-19 pandemic conditions until now, so learning must be done remotely or blended learning in Private Islamic High Schools in Palangka Raya to reduce the spread of covid-19 which continues to increase. For that the formulation of the problem in this study is: 1) How effective is PAI learning with the blended learning model in private Islamic High School in Palangka Raya? 2) What are the obstacles of teachers in the PAI learning process with the blended learning model in private Islamic high schools in Palangka Raya?
The purpose of this study is to describe in depth the effectiveness of PAI learning with blended learning models and teacher constraints in the learning process at private Islamic High Schools in Palangka Raya.
This research was conducted using descriptive qualitative methods. This research place was conducted at Muhammadiyah 1 Palangka Raya High School, Muhammmadiyah High School 2 Palangka Raya and Nahdatul Ulama Palangka Raya High School. The subjects in the study were PAI subject teachers. For data collection using observation, interview and documentation techniques. Data-absorbing techniques use diligence and observation, and triangulation. While the data analysis is done by means of data collection, data reduction, data display, and conclusion drawing/ verification.
The results of this study show that: 1) The effectiveness of PAI learning with blended learning models at Muhammadiyah 1 Palangka Raya High School and Nahdatul Ulama High School is effective. This is because students have a high enough motivation to learn so that learning goes well. While in Muhammadiyah High School 2 Palangka Raya learning with blended learning model has not been effective. This happens because students' learning motivation decreases and they feel saturated with distance learning models or blended learning so that the strategies used by teachers in teaching cannot run optimally. In addition, the allocation of little learning time also causes less effective material explanations. 2) The obstacle of teachers in the learning process is the lack of student participation in following learning remotely. This is because the main obstacles that occur are the difficulty of the signal and the weak internet network that occurs in students. In addition, another obstacle that occurs is the limitation of learning quotas in some students which causes students to not be able to fully follow the online learning carried out by teachers.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Blended Learning, Efektivitas, SMA Islam |
Subjects: | 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220499 Religion and Religious Studies not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | fuah fuah marfuah |
Date Deposited: | 19 Nov 2021 02:42 |
Last Modified: | 19 Nov 2021 02:42 |
URI: | http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/3597 |
Actions (login required)
View Item |