Konsep pendidikan islam terhadap penyandang disabilitas menurut al-qur’an surah abasa ayat 1-11 dan an-nur ayat 61

Muttaqin, Arif (2021) Konsep pendidikan islam terhadap penyandang disabilitas menurut al-qur’an surah abasa ayat 1-11 dan an-nur ayat 61. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
SKRIPSI ARIF MUTTAQIN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Abstract

Penelitian ini bertolak dari masih terdapatnya perlakuan diskriminasi terhadap penyandang disabilitas sehingga mereka tidak memperoleh pendidikan yang bermutu. Masih terdapat masyarakat yang memandang sebelah mata penyandang disabilitas, dan tidak jarang penyandang disabilitas mendapatkan perlakuan yang kurang baik. Padahal di dalam agama Islam maupun Undang-undang dasar sendiri menyebutkan semua orang berhak untuk mendapatkan pendidikan yang sama. Oleh karena itu, penelitian ini bermaksud untuk mengetahui lebih dalam tentang Konsep pendidikan Islam terhadap penyandang disabilitas menurut Al-Qur’an surah An-Nur ayat 61 dan Al-Qur’an surah Abasa ayat 1-11.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Bagaimana konsep pendidikan Islam terhadap penyandang disabilitas menurut Al-Qur’an surah An-Nur ayat 61? (2) Bagaimana konsep pendidikan Islam terhadap penyandang disabilitas menurut Al-Qur’an surah Abasa ayat 1-11?

penelitian ini menggunakan metode kajian pustaka (Library Research) dengan metode penafsiran maudhu’i, di mana metode yang membahas ayat-ayat Al-Qur’an sesuai dengan tema atau judul yang telah ditetapkan. Ayat yang berkaitan dihimpun, kemudian dikaji secara mendalam dari berbagai aspek yang terkait dengannya untuk menemukan hasil dari penelitian

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1). Pada surah An-Nur ayat 61 menjelaskan bahwa mereka memiliki derajat serta status sosial yang sama dengan orang normal, sehingga di dalam pendidikan Islam tidak boleh adanya ketimpangan dalam mendapatkan pendidikan. Mereka harus mendapatkan kualitas pendidikan yang bermutu, sama dengan orang normal lainnya. hanya saja perlakuan terhadap mereka harus disesuaikan dengan tingkat kemampuannya. 2) Pada surah Abasa ayat 1-11 menjelaskan bahwa pendidikan Islam harus mengakui eksistensi penyandang disabilitas, memprioritaskan mereka dalam pendidikan Islam, menggunakan metode yang tepat terhadap mereka agar pendidikan Islam berjalan sesuai dengan tujuannya.

ABSTRACT

This study is based on the fact that people with disabilities are subjected to discrimination in order to prevent them from receiving a great education. People with disabilities continue to be looked down upon, and it is not uncommon for them to be treated unfairly. Whereas, according to Islam and the constitution, everyone has the right to the same educatin. As a result, the goal of this research is to learn more about the notion of Islamic education for people with disabilities as described in Surah An-Nur verse 61 of the Qur'an and Surah Abasa verse 1-11 of the Al-Qur'an.

The purpose of this research is to find out: (1) What does the Qur'an say about Islamic education for people with impairments in Surah An-Nur verse 61? (2) According to Surah Abasa verses 1-11 of the Qur'an, what is the concept of Islamic education for disabled people?

This study combines the library research method (Library Research) with the maudhu'i method of interpretation, in which the method discusses the Qur'an verses in line with the theme or title that has been established. Relevant verses are gathered, then researched in depth from multiple perspectives to arrive at the research's conclusions.

The findings of this research show that: 1). Verse 61 of Surah An-Nur states that they have the same degree and social position as ordinary people, implying that there should be no disparity in Islamic education. They, like everyone else, must receive a good education. It's just that how they're treated needs to be tailored to their abilities. 2) Surah Abasa verses 1-11 show that Islamic education must acknowledge the existence of people with disabilities, prioritize them in Islamic education, and employ appropriate methods for them in order for Islamic education to achieve its goals.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Islam, Penyandang Disabilitas, Kajian pustaka, Tafsir Mudhu’i
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: fuah fuah marfuah
Date Deposited: 17 Nov 2021 07:41
Last Modified: 17 Nov 2021 07:41
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/3592

Actions (login required)

View Item View Item