Penerapan model inkuiri terbimbing melalui pendekatan savi berbantukan media animasi terhadap hasil belajar ditinjau dari gaya belajar peserta didik pada materi sistem pernapasan kelas xi

Sari, Normala (2021) Penerapan model inkuiri terbimbing melalui pendekatan savi berbantukan media animasi terhadap hasil belajar ditinjau dari gaya belajar peserta didik pada materi sistem pernapasan kelas xi. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
SKRIPSI NORMALA SARI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Abstract

Penelitian ini berdasarkan pada hasil observasi awal di sekolah MA Darul Ulum Palangka Raya bahwa peserta didik yang kurang memahami gaya belajar sehingga berakibat rendahnya hasil belajar peserta didik pada materi sistem pernapasan. Ketuntasan peserta didik pada materi sistem pernapasan dengan nilai KKM 65. Oleh karena itu, dilakukan upaya untuk menerapkan model inkuiri terbimbing melalui pendekatan SAVI berbantukan media animasi terhadap hasil belajar ditinjau dari gaya belajar pada materi sistem pernapasan kelas XI.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) Hasil belajar ditinjau dari gaya belajar audiotori peserta didik menggunakan model inkuiri terbimbing melalui pendekatan SAVI berbantukan media animasi materi sistem pernapasan kelas XI. 2) Hasil belajar ditinjau dari gaya belajar kinestetik peserta didik menggunakan model inkuiri terbimbing melalui pendekatan SAVI berbantukan media animasi materi sistem pernapasan kelas XI. 3) Keterterapan model pembelajaran inkuiri terbimbing melalui pendekatan somatis, audiotori, visual, intelektual (SAVI) berbantukan media animasi terhadap gaya belajar dan hasil belajar peserta didik.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI MA Darul Ulum Palangka Raya pada taohun pelajaran 2020/2021 yang berjumlah 28 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi untuk mengamati kondisi sekolah, wawancara dan angket untuk menelusuri gaya belajar pada peserta didik, serta tes untuk mengukur hasil belajar kognitif peserta didik. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi.

Hasil Penelitian menunjukkan bahwa(1) Hasil belajar ditinjau dari gaya belajar audiotori termasuk kategori rendah pada materi sistem pernapasan. Peserta didik yang memiliki gaya belajar audiotori cenderung lebih memahami materi dengan penjelasan dan mendengarkan. (2) Hasil belajar ditinjau dari gaya belajar kinestetik termasuk kategori rendah pada materi sistem pernapasan. Gaya belajar kinestetik yang dimiliki peserta didik lebih mudah memahami materi pembelajaran yang disertai dengan kegiatan praktikum. (3) Keterterapan model pembelajaran inkuiri terbimbing melalui pendekatan SAVI berbantukan media animasi pada kelas XI MA Darul Ulum Palangka Raya terterap dengan sangat baik. Dapat disimpulkan model pembelajaran inkuiri terbimbing melalui pendekatan SAVI berbantukan media animasi masih belum dapat meningkatkan hasil belajar kognitif ditinjau dari gaya belajar peserta didik pada materi sistem pernapasan kelas XI di MA Darul Ulum Palangka Raya.

ABSTRACT

This study is based on the results of initial observations at the MA Darul Ulum school in Palangka Raya that students who do not understand learning styles result in low student learning outcomes on the respiratory system material. Students' mastery in the respiratory system material with a KKM value of 65. Therefore, an effort was made to apply a guided inquiry model through the SAVI approach with the aid of animation media on learning outcomes in terms of learning styles on the respiratory system material for class XI.

This study aims to describe: 1) Learning outcomes in terms of the auditory learning style of students using a guided inquiry model through the SAVI approach assisted by animation media for class XI respiratory system material. 2) Learning outcomes in terms of the kinesthetic learning style of students using a guided inquiry model through the SAVI approach assisted by animation media for class XI respiratory system materials. 3) The application of the guided inquiry learning model through the somatic, auditory, visual, intellectual (SAVI) approach with the aid of animation media on the learning styles and learning outcomes of students.

This study uses a qualitative approach. The population in this study were all students of class XI MA Darul Ulum Palangka Raya in the 2020/2021 school year, totaling 28 students. Data collection techniques used observation to observe school conditions, interviews and questionnaires to explore learning styles of students, and tests to measure students' cognitive learning outcomes. The data analysis technique uses data reduction, data presentation, and verification.

The results showed that: (1) Learning outcomes in terms of auditory learning styles were included in the low category on respiratory system material. Learners who have an auditory learning style tend to understand the material better by explanation and listening. (2) Learning outcomes in terms of kinesthetic learning styles are included in the low category on respiratory system material. The kinesthetic learning style possessed by students is easier to understand learning material accompanied by practical activities (3) The application of the guided inquiry learning model through the SAVI approach assisted by animation media in class XI MA Darul Ulum Palangka Raya is very well applied.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Model Inkuiri Terbimbing, Hasil Belajar, Gaya Belajar
Subjects: 06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0699 Other Biological Sciences > 069999 Biological Sciences not elsewhere classified
13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Pendidikan IPA > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: fuah fuah marfuah
Date Deposited: 17 Nov 2021 04:07
Last Modified: 17 Nov 2021 04:07
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/3591

Actions (login required)

View Item View Item