Rizky, Nahdiyatul Fitria (2021) Strategi guru dalam mengembangkan motorik halus anak di tk islam aqidah Palangka raya. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.
Text
SKRIPSI NAHDIYATUL FITRIA RIZKY.pdf Download (1MB) |
Abstract
Abstract
Perkembangan motorik anak ialah salah satu perkembangan yang berkaitan dengan otak, otot dan saraf sehingga sangat berpengaruh pada perkembangan anak selanjutnya. Perkembangan motorik halus juga berkaitan dengan aktivitas gerak anak sehari-hari sehingga penting untuk distimulasi dengan berbagai kegiatan maupun latihan agar berkembang secara optimal. Pemberian stimulasi dapat dilakukan oleh orang tua dan guru.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perkembangan fisik motorik anak usia 5-6 tahun dan strategi guru dalam mengembangkan motorik halus anak usia 5-6 tahun. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskripstif kualitatif dengan subjek penelitian adalah 1 orang guru kelas, 1 orang guru pendamping dan 7 orang anak usia 5-6 tahun. Teknik pengumpulan data berupa observasi partisipatif, wawancara terstuktur, dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Perkembangan fisik motorik anak di TK Islam Aqidah Palangka Raya berkembang sesuai harapan dengan mengacu pada indikator standar tingkat pencapaian perkembangan anak yaitu menggambar sesuai dengan gagasannya, meniru bentuk, melakukan eksplorasi dengan berbagai media dan kegiatan, menggunakan alat tulis dan alat makan dengan benar, menggunting sesuai dengan pola, menempel gambar dengan tepat, dan mengekspresikan diri melalui gerakan menggambar secara rinci. (2) Strategi guru dalam mengembangkan motorik halus anak di TK Islam Aqidah Palangka Raya diawali dengan merancang pembelajaran, membuat dan menyediakan media pembelajaran serta pelaksanaan strategi pembelajara yaitu strategi pembelajaran berpusat pada anak, pembelajaran melalui bermain, pembelajaran terpadu, pembelajaran berbasis masalah dan pembelajaran PAUD berbasis kreativitas.
ABSTRACT
The development of children’s motor skills is the development that relates to brain, muscle, and nerve so that its influence the students’ development. Also, it relates to the activity of children's movement every day so that it shall be stimulated by the activities or exercise to develop optimally. The stimulation is given by parents and teachers.
This study aimed to describe the development of children’s motor skills at 5-6 years old. This study used a descriptive qualitative approach with 1 teacher, 1 teacher’s assistant, 7 children at 5-6 years old as participants. The collecting data procedures were observation, interview, and documentation.
The result of the study showed that: (1) the development of children’s physical motor skill at Islamic Kindergarten Aqidah in Palangka Raya was developed that refer to the standard indicator of children’s accomplishment which was drawn by their idea, emulated the configuration, explored with the media and activities, used the stationery and cutlery by well, cut to fit the pattern, stuck to the picture exactly, and expressed their selves by drawing in detail. (2) the teacher’s strategy in developing children’s motor skills at Islamic Kindergarten Aqidah in Palangka Raya was begun by designing the lesson plan, made and preparing the learning media, also the learning strategy which was a learning strategy that focused on children, learning by playing, unified learning, problem-based learning, and creativity based PAUD learning.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Motorik Halus, Strategi guru, Anak Usia 5-6 tahun |
Subjects: | 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | fuah fuah marfuah |
Date Deposited: | 12 Nov 2021 06:27 |
Last Modified: | 12 Nov 2021 06:27 |
URI: | http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/3579 |
Actions (login required)
View Item |