Perubahan pola transaksi konvensional menuju digitalisasi perspektif ‘urf pada Bank Syariah Indonesia KC 01 Kota Palangka Raya

Hasanah, Uswatun (2021) Perubahan pola transaksi konvensional menuju digitalisasi perspektif ‘urf pada Bank Syariah Indonesia KC 01 Kota Palangka Raya. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
Uswatun Hasanah - 1704110152.pdf

Download (3MB)

Abstract

Semakin canggihnya teknologi digital membuat bank memerlukan inovasi yang dapat memudahkan nasabah dalam setiap transaksinya. Terlebih lagi masyarakat saat ini yang sangat ketergantungan dengan segala kemudahan yang hadir akibat adanya teknologi. Bank akhirnya mengeluarkan suatu inovasi yang berbeda dari sebelumnya. Bank meluncurkan satu aplikasi yang biasa disebut mobile banking. Hal tersebut sangat berguna dan efesien dengan adanya mobile banking nasabah tidak perlu setiap saat harus datang ke bank untuk melakukan transaksi. Penelitian ini difokuskan pada 3 permasalahan diantaranya yaitu: (1) Latar belakang terjadinya perubahan pola transaksi konvensional menuju digitaisasi pada Bank Syariah Indonesia Kc 01 Kota Palangka Raya (2) Perubahan pola transaksi di era digital di Bank Syariah Indonesia KC 01 pada kota Palangka Raya persfektif ‘Urf (3) Dampak akibat perubahan pola transaksi di era digital di Bank Syariah Indonesia KC 01 pada kota Palangka Raya.

Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif. Adapun untuk subjek penelitian ini adalah 4 orang yang terdiri dari costumer service, teller, sales consumer, dan operasional sttaf, serta 4 orang informan yaitu dari nasabah Bank Syariah Indonesia KC 01 kota Palangka Raya. Teknik pengumpulan data dalam penelitian menggunakan teknik data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini juga dilakukan dengan analisis teoritis yang mendalam dengan teori perubahan, teori transaksi, teori perbankan syariah, teori dampak dan konsep ‘urf.

Hal ini menunjukkan bahwa (1) latar belakang terjadinya perubahan akibat adanya kemajuan zaman dan teknologi serta terdapat prinsip kemaslahatan dikarenakan adanya kebutuhan manusia (2) perubahan pola transaksi di era digital pada bank syariah Indonesia KC 01 kota Palangka Raya menyediakan layanan online melalui mobile banking yang menggabungkan teknologi digital dengan interaksi nasabah. (3) Dampak perubahan pola transaksi secara langsung lebih berdampak pada penggunanya. Kemudahan yang ditawarkan membuat nasabah senang dalam menggunakannya.

Abstract

The increasingly sophisticated digital technology makes banks need innovations that can facilitate customers in every transaction. Moreover, today's society is very dependent on all the conveniences that are present due to the existence of technology. The bank finally issued a different innovation than before. The bank launched a single application commonly called mobile banking. It is very useful and efficient with the presence of mobile banking customers do not need to come to the bank at all times to make transactions. This research is focused on 3 problems, including: (1) The background of changes in conventional transaction patterns towards digitization in Bank Syariah Indonesia Kc 01 Palangka Raya City (2) Changes in transaction patterns in the digital era at Bank Syariah Indonesia KC 01 in the city of Palangka Raya effective 'Urf (3) Impact due to changes in transaction patterns in the digital era in Bank Syariah Indonesia KC 01 in the city of Palangka Raya.

This research is a field research using descriptive qualitative research approach. As for the subject of this study are 4 people consisting of costumer service, teller, consumer sales, and operational sttaf, as well as 4 informants, namely from customers of Bank Syariah Indonesia KC 01 Palangka Raya city. Data collection techniques in research using observation data techniques, interviews, and documentation. This research was also conducted with in-depth theoretical analysis with change theory, transaction theory, sharia banking theory, impact theory and 'urf concept.

This shows that (1) the background of changes due to the progress of the times and technology and there is a principle of benefit due to human needs (2) changes in transaction patterns in the digital era at Bank Syariah Indonesia KC 01 kota Palangka Raya provides online services through mobile banking that combines digital technology with customer interaction. (3) The impact of changing transaction patterns directly has more impact on its users. The convenience offered makes customers happy in using it.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Perubahan; Transaksi;Bank Syariah
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150501 Consumer-Oriented Product or Service Development
18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012724 Islamic Banking
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Islam > Program Studi Perbankan Syariah
Depositing User: Unnamed user with email daniaty_marina@yahoo.com
Date Deposited: 15 Sep 2021 04:05
Last Modified: 15 Sep 2021 04:08
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/3544

Actions (login required)

View Item View Item