Studi komparatif strategi peningkatan layanan dan kepercayaan konsumen antara jasa pengiriman barang JNE dan J&T di Kota Palangka Raya

Aulia, Nurlita (2021) Studi komparatif strategi peningkatan layanan dan kepercayaan konsumen antara jasa pengiriman barang JNE dan J&T di Kota Palangka Raya. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
Nurlita Aulia -1704120612.pdf

Download (1MB)

Abstract

Semakin banyak e-commarce di kota Palangka Raya khususnya di masa pandemi corona ini, banyak masyarakat yang menggunakanjasa pengiriman untuk mendistribusikan produk pesanan konsumen, baik mengunakan armada transportasi (darat, laut, maupun udara). Maka dari itu keberadaan perusahaan jasa pengiriman sangat di butuhkan di masa pandemi ini. Tentu saja jika ingin mengirim barang para e-commarce harus memilih jasa pengiriman mana yang cukup populer, mudah didapat, dan direkomendasikan banyak konsumen. Setiap perusahaan jasa pasti memiliki pelayanan yang berbeda-beda. Masalah dalam penelitian ini adalah (1) Apa saja strategi peningkatkan kualitas layanan dan kepercayaan konsumen pada jasa pengiriman barang di JNE Cabang Palangka Raya. (2) Apa saja strategi peningkatkan kualitas layanan dan kepercayaan konsumen pada jasa pengiriman barang di J&T Cabang Palangka Raya. (3) Bagaimana perbandingan kualitas layanan dan kepercayaan konsumen pada J&T dan JNE di Kota Palangka Raya.

Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan paradigma kualitatif dengan pendekatan studi komparatif, yang memiliki subjek peneliti 4 orang dan informan 5 orang konsumen yaitu orang yang melakukan transaksi pengiriman. Adapun teknik pengumpulan data melalui Observasi, Wawancara dan Dokumentasi. Pengapsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber.

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa 1.JNE bekerja sama dengan beberapa perusahaan besar diantaranya Shopee, Bukalapak, Tokopedia dan Elevenia. Dengan memberikan jangkauan yang lebih luas tidak hanya didalam kota namun sampai kepelosok desa. Memberikan fasilitas dan layanan yang lengkap. Memiliki 3 cabang kantor yang mudah ditemui. 2. J&T bekerja sama dengan Shopee, Tokopedia, dan Bukalapak. Dengan jangkauan lebih sedikit dan tidak sampai kepelosok desa. Memiliki 4 cabang kantor dan 2 gudang dengan banyaknya cabang dapat mempermudah konsumen dalam mengirim barang. 3 JNE dan J&T memiliki keuanggulan tersendiri yaitu JNE lebih unggul ke layanan pengiriman yang diberikan sedangkan J&T lebih unggul pada pengiriman atau pengantaran paket yang lebih terjadwal dan jelas.

Abstract

Commerce in the city of Palangka Raya, especially during this corona pandemic, many people use delivery services to distribute consumer ordered products, either using transportation fleets (land, sea, or air). Therefore, the existence of a shipping service company is very much needed in this pandemic. Of course, if you want to send goods to e-commerce, you have to choose which shipping service is popular, easy to get, and recommended by many consumers. Every service company must have different services.The problems in this study are (1) What are the strategies to improve service quality and consumer trust in goods delivery services at JNE Palangka Raya. (2) What are the strategies to improve service quality and consumer trust in goods delivery services at J&T Palangka Raya. (3) How does the comparison of service quality and consumer trust in J&T and JNE in Palangka Raya.

This study is using qualitative paradigm with a comparative study approach, which has 4 research subjects and 5 consumer informants, which are people who carry out delivery transactions. The data collection techniques are through observation, interview and documentation. The data encapsulation used source triangulation technique.

The results of this study indicate that 1.JNE is working with several large companies including Shopee, Bukalapak, Tokopedia and Elevenia. By providing a wider reach not only within the city but to remote villages. Provide complete facilities and services. Has 3 branch offices that are easy to find. 2. J&T collaborates with Shopee, Tokopedia, and Bukalapak. With less coverage and not to remote villages. Having 4 branch offices and 2 warehouses with many branches can make it easier for consumers to send goods. 3 JNE and J&T have their own advantages, JNE is excellent to the delivery services provided, while J&T is superior in delivery or delivery of packages that are more scheduled and clear.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Jasa Pengiriman Barang; Layanan dan Kepercayaan konsumen; Studi Komparatif
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150501 Consumer-Oriented Product or Service Development
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Islam > Program Studi Ekonomi Syariah
Depositing User: Unnamed user with email daniaty_marina@yahoo.com
Date Deposited: 14 Sep 2021 04:34
Last Modified: 14 Sep 2021 04:34
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/3541

Actions (login required)

View Item View Item