Rahmat, Rahmat (2021) Manajemen pemasaran produk madrasah dalam meningkatkan jumlah peserta didik baru tahun 2020 / 2021. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.
Text
Rahmat - 1701160041.pdf Download (1MB) |
Abstract
Manajemen pemasaran peserta didik baru sangat berpengaruh terhadap kuantitas peserta didik di lembaga pendidikan. MAN Kota Palangka Raya memiliki animo atau peminat yang banyak di setiap tahunnya, hal ini disebabkan oleh pengelolaan strategi pemasaran yang baik dan terorganisir. Manajemen pemasaran yang diterapkan, berkaitan tentang fungsi manajemen yang dilaksanakan yaitu bagai mana merencanakan, melaksanakan, dan evaluasi strategi pemasaran. Tujuan penelitian mendeskripsikan penerapan manajemen pemasaran produk madrasah.
Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Pengumpulan data yang dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun analisis yang dugunakan peneliti ialah reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Subjek penelitian adalah Kepala Madrasah, Wakil Kepala bidang kesiswaan, dan Wakil Kepala bidang Hubungan Masyarakat Madrasah Aliyah Negeri Kota Palangka Raya, sedangkan informa adalah peserta didik dan orang tua siswa. Objek penelitian adalah manajemen pemasaran peserta didik baru di MAN Kota Palangka Raya. Pengabsahan data menggunakan triangulasi sumber, dan triangulasi metode.
Hasil penelitian : 1. Perencanaan strategi pemasaran yang dimulai melalui rapat koordinasi yang kemudian terbentuk panitia serta perumusan strategi pemasaran yang digunakan melalui analisis internal dengan memperhatikan daya tampung kelas dan peraturan menteri pendidikan dan eksternal; 2. Pelaksanaan strategi pemasaran yang dilakukan beragam yaitu strategi pemasaran online, strategi pemasaran offline, strategi akar rumput, strategi branding school, dan update kegiatan, semua strategi saling terhubung dan berkaitan. Pelaksanaan strategi memanfaatkan media cetak, dan media sosial, serta tatap muka langsung. ; 3. Evaluasi dilakukan setelah berakhirnya penerimaan peserta didik baru dengan memperhatikan kuantitas dan kualitas peserta didik baru di MAN Kota Palangka Raya. Evaluasi menggunakan tolak ukur peserta didik yang direncanakan.
Abstract
Marketing management for new students is very influential on the quantity of students in educational institutions. MAN Kota Palangka Raya has a lot of interest or enthusiasmevery year, this is due to the management of a good and organized marketing strategy. Marketing management that is used retates to the management function that is implemented, such as how to plan, implement, and evaluate marketing strategies. Describe the implementation of madrasah product marketing management.
This research use descriptive qualitative approach. Data colletion was carried out through interviews, observation, and documentation. The analysis used by researchers was data reduction, data presentation and data verification. The research subjects were the head of madrasah, deputy head of student affairs, and deputy head of public relations at the Madrasah Aliyah Negeri Palangka Raya city, while informa are students and parents of students. The object of research was the marketing management of new students in MAN Palangka Raya city. Data validation used source triagulation and method triangulation.
Research results: 1. Planning a marketing strategy that begins through a coordination meeting which forms a commitee and the formulation of a marketing strategy is used through internal analysis by taking into account class capacity and regulation of the minister of education and external; 2. The implementation of various marketing strategies, namely online marketing strategy, offline marketing strategy, grassroots strategy, branding school strategy, and activity updates, all strategies are interconnected and interrelated. The implementation of the strategy utilzes print and social media, as well as face to face ; 3. The evaluation is carried out after the end of the admission of new students by taking into account the quantity and quality of new students in MAN Kota Palangka Raya. The evaluation uses the planned student benchmarks.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi pemasaran; Peserta Didik Baru |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email daniaty_marina@yahoo.com |
Date Deposited: | 10 Sep 2021 07:17 |
Last Modified: | 24 Dec 2021 02:35 |
URI: | http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/3528 |
Actions (login required)
View Item |