Persepsi mahasiswa terhadap sistem layanan akademik Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Palangka Raya

Hikmah, Nurul (2021) Persepsi mahasiswa terhadap sistem layanan akademik Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Palangka Raya. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
Nurul Hikmah - 1704120675.pdf

Download (2MB)

Abstract

Sistem layanan akademik pada dasarnya merupakan salah satu unsur penentu terhadap aktivitas surat menyurat yang berhubungan dengan mahasiswa. Staf layanan akademik sebagai pemberi jasa dan mahasiswa sebagai stakeholder/pelanggan khususnya MIKWA FEBI IAIN Palangka Raya. Hal inilah yang dijadikan patokan layanan sangat penting untuk kelangsungan akademik terhadap mahasiswa. Penelitian ini mengetahui sistem, persepsi mahasiswa, kendala dan solusi layanan akademik.

Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dan pendekatan deskriptif. Subjek dari penelitian ini 16 mahasiswa perwakilan semua prodi, 1 orang Wakil Dekan 1 bagian akademik dan kemahasiswaan dan 3 orang staf di MIKWA. Teknik pengumpulan datamenggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan pengabsahan data menggunakan Teknik triangulasi sumber data. Selanjutnya dianalisis dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem layanan akademik sangat penting, karena merupakan suatu rangkaian cara untuk bisa mendapatkan pelayanan. Pelayanan yang baik maka akan berpengaruh terhadap persepsi mahasiswa sebagai stakeholder dalam sebuah kampus. Persepsi mahasiswa terhadap sistem layanan akademik yang diberikan oleh staf sudah baik, meskipun masih ada beberapa keluhan yang nantinya bisa dibenahi kembali. Sedangkan untuk kendala dan solusi yang dihadapi mahasiswa rasakan seperti kurangnya informasi terkait SOP, nomor kontak staf layanan akademik yang bisa dihubungi, kurangnya jumlah staf, jam operasional staf tidak ada ditempat dan stafbaru yang masih kebingugan tujuan surat izin penelitian. Semoga dengan adanya penelitian ini bertujuan untuk memberikan layanan akademik yang lebih baik untuk ke depannya agar mahasiswa sebagai stakeholder mendapatkan pelayanan prima dari staf layanan akademik di MIKWA.

Abstract

The academic service system is one of the determinants of correspondence activities related to students. Academic service staff as service providers and students as stakeholders/customers, particularly MIKWA FEBI IAIN Palangka Raya. Academic services are vital for students. This study investigates the system, student perceptions, constraints, and solutions to academic services.

This qualitative study used a descriptive approach. The subject was 16 students representing all study programs, 1 Vice Dean, 1 academic and student affairs division staff, and 3 MIKWA staff. Data were collected through observation, interviews, and documentation. It used the triangulation technique of data sources to validate the obtained data. The data were analyzed through data reduction, data presentation, and drawing conclusions.

The results of study indicate that the academic service system is a series of ways for student to get services. Good service will affect the students’ perception as stakeholders on campus. Students consider the academic service system good, although there are some complaints about improvement. The challenges are lack of information related to SOP, lack of contact numbers for academic service staff, lack of staff, unavailability of staff in operating hours, and poor understanding of new staff on the purpose of the research permit. This study is expected to help to provide better academic services so that students as stakeholders get excellent services at MIKWA.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: 16 Mahasiswa FEBI; Persepsi; Sistem ; Layanan Akademik
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150501 Consumer-Oriented Product or Service Development
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Islam > Program Studi Ekonomi Syariah
Depositing User: Unnamed user with email daniaty_marina@yahoo.com
Date Deposited: 08 Sep 2021 04:18
Last Modified: 08 Sep 2021 04:18
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/3519

Actions (login required)

View Item View Item