Bahrianor, Bahrianor (2020) Pembentukan religiusitas siswa kelas VI (studi kasus di MIN 1 Kota Palangka Raya). Masters thesis, IAIN Palangka Raya.
Text
Bahrianor - 16016006.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi kemampuan siswa dalam membiasakan dan mengaplikasikan pengetahuan, sikap dan keterampilan keagamaan yang dimilikinya baik di sekolah maupun dirumah menjadi permasalahan pada tingkat religiusitas pada peserta didik di lingkungan keluarga karena kesibukan yang di miliki orang tua peserta didik, maka tanggung jawab ini menjadi tantangan pihak sekolah mengembangkan program keagamaan melalui para guru PAI untuk lebih intens memberikan pendidikan agama Islam agar religiusitas siswa di MIN 1 Kota Palangka Raya bisa meningkat dan memberikan hasil yang memuaskan bagi orang tua yang telah mempercayakan anak mereka untuk mendapatkan pendidikan agama di MIN 1 Kota Palangka Raya. Maka berdasarkan latar belakang tersebut penelitian ini bertujuan untuk, 1) Mengetahui religiusitas siswa kelas VI di MIN 1 Kota palangka Raya. 2) Mengetahui upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam membentuk religiusitas siswa di MIN1 Kota Palangka Raya.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan jenis kualitatif deskriptif penelitian ini dilaksanakan di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 1 Kota Palangka Raya dengan subjek penelitian yaitu 4 orang guru PAI kelas VI yang berstatus PNS dengan informan penelitian terdiri dari kepala sekolah, 3 orang siswa dan 2 orang tua/wali siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi, kemudian teknik analisis data dilakukan dengan tiga tahap yaitu data Reduction, data Display dan Conclusions Drawing/ Verifying, sedangkan teknik pengabsahan data dilakukan dengan perpanjangan pengamatan, ketekunan pengamatan dan trianggulasi Teknik.
Hasil penelitian adalah: 1) Siswa kelas VI MIN 1 Kota Palangka Raya sudah mampu mengamalkan dan menerapkan ketiga bentuk religiusitas yaitu religiusitas artefact, religisitas espaussed values dan basic asumtion, yang tercermin dari cara siswa berprilaku setiap harinya baik itu di sekolah maupun di rumah. 2) Upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam membentuk religiusitas Siswa di MIN1 Kota Palangka Raya adalah dengan mendorong terlaksananya kegiatan keagamaan dan sosial yang telah diprogramkan madrasah serta penekanan materi PAI kelas VI yang terdapat nilai relegiusitas untuk diamalkan baik di sekolah maupun di rumah bekerjasama dengan orang tua/wali siswa sebagai pengontrol.
Abstract
This research background was students’ ability in habituating and applying religious knowledge, attitude, and skill in school and also at home became problem in religiosity level on students in family environment because their parents’ activity, so this responsibility became challenge for the school to develop religious program through Islamic Education teacher to more intense give Islamic Education to make students’ religiosity at MIN 1 Kota Palangka Raya can improved and give satisfying result for the parents who trusted their children to acquire religion education at MIN 1 Palangka Raya. Based on that background, the research objectives were, 1)To know Sixth Grade Students’ religiosity at MIN 1 Palangka Raya, 2) To know the effort of Islamic Education teacher in building students’ religiosity at MIN 1 Palangka Raya.
This research used qualitative approach and descriptive qualitative, this research implemented at Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 1 Palangka Raya with research subjects were 4 Islamic Education teacher at Sixth Grade with PNS status and research informants consisted Principal, 3 students and 2 parents. Data collection technique used observation, interview and documentation, then data analysis did in three phases, they were data reduction, data display and conclusion drawing/verifying, while data validation technique used extension of observation, persistence of observation and triangulation technique.
The result showed that : 1) Sixth Grade students of MIN 1 Palangka Raya has been able to habituate and apply three forms of religiosity like artifact religiosity, religiosity espaussed values, and basic assumption, that reflected from students behave daily in school and at home. 2) The effort of Islamic Education teacher in building students’ religiosity at MIN 1 Palangka Raya were encourage the implementation of religious programs and social that have been programmed by school also emphasize Islamic Education material on Sixth Grade that contain religiosity values to habituate in school and at home and cooperate with parents as controller.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Religiusitas; Siswa ; Pembentukan |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email daniaty_marina@yahoo.com |
Date Deposited: | 01 Sep 2021 07:21 |
Last Modified: | 01 Sep 2021 07:21 |
URI: | http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/3484 |
Actions (login required)
View Item |