Efektivitas pelayanan jasa travel terhadap penziarah peringatan haul KH Muhammad Zaini Ghani (Ulama Besar Di Kalimantan Selatan)

Alawiyah, Alwawiyah (2021) Efektivitas pelayanan jasa travel terhadap penziarah peringatan haul KH Muhammad Zaini Ghani (Ulama Besar Di Kalimantan Selatan). Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
Skripsi Alawiyah - 1704120671.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pelaksanaan haul KH Muhammad Zaini Ghani adalah salah satu budaya yang dilaksanakan setiap tahun. Jarak yang jauh mengharuskan penziarah memakai alat transfortasi. Yang mana jasa yang diharapkan memiliki pelayanan yang sasuai harapan. Pelayanan akan jasa adalah suatu hal yang harus diperhatikan dalam setiap perusahaan jasa itu sendiri. Karena pelayanan yang baik akan membuat daya minat konsumen akan naik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengambarkan dan mengkaji pelaksanaan Haul KH Muhammad Zaini Ghani, efektivitas pelayanan jasa travel dan seberapa besar efektivitas pelayanan jasa serta daya Tarik penziarah terhadap budaya haul.

Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian ex post facto. Metode pengumpulan data peneliti menggunakan doumentasi dan angket. Populasi dalam penelitian ini seluruh perusahaan travel di palangkaraya yaitu 44 perusahaan, sedangkan sampel penelitian menggunakan sampel pupulasi. Teknik analisis data menggunakan Skala Likert dan Persentase dengan menggunakan SPSS 25.

Hasil penelitian ini bahwa haul KH Muhammad Zaini Ghani dilaksanakan pada tanggal 5 Rajab, setelah maghrib-isya, dengan pembacaan syair maulid, tahlil, dan doa haul. Dari lima komponen pelayanan jasa travel dinyatakan semua dalam kategori efektif. Dan dari tiga komponen budaya haul dinyatakan semua dalam kategori tertarik. Besar keefektivan jasa dan ketertarikan penziarah terhadap budaya sebesar 89% maka hal tersebut dinyatakan dalam kategori efektif dan menarik.

ABSTRACT

The implementation of the memorial KH. Muhammad Zaini Ghani death is one of the cultures that always presents every year. The long-distance makes them ride the transportation. The service is expected by having good maintenance. The maintaining of service is a necessary part of the company itself. Good maintaining improves the interest of the consumer. The purpose of this research was to describe the implementation of the memorial of KH. Muhammad Zaini Ghani death, the effectiveness of service travel and how strong the effectiveness of service travel, and the interest of devotional visitors on the culture of memorial death.

This research was qualitative descriptive with ex post facto design. The collecting data used documentation and questionnaire. The populations were all companies travel in Palangka Raya, which were 44 companies. While the sample of this research was a population sample. The technique of analyzed the data used Scale Likert and presenting of SPSS 25.

The result of research stated that the memorial of KH Muhammad Zaini Ghani death that conducted in Rajab 5th after Maghrib until Isya prayer, with reciting shalawat, tahlil, and do’a of memorial death. The five service travel components showed effectiveness. The three service travel components on the culture of memorial death showed interesting. The strong of the effectiveness on service travel and the interest of devotional visitor on culture was 89%, so it stated that it was effective and interest.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pelayanan; Jasa Travel
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1507 Transportation and Freight Services > 150799 Transportation and Freight Services not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Islam > Program Studi Ekonomi Syariah
Depositing User: puttry puttry ekaputri
Date Deposited: 01 Sep 2021 06:31
Last Modified: 01 Sep 2021 06:31
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/3483

Actions (login required)

View Item View Item