Respon peserta didik dalam pembelajaran jarak jauh di kelas vii MTs An-Nur Palangka Raya

Anshari, Muhammad (2021) Respon peserta didik dalam pembelajaran jarak jauh di kelas vii MTs An-Nur Palangka Raya. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
Skripsi Erlina - 1402130045.pdf

Download (1MB)

Abstract

This research is based on the problem of changing learning methods that were originally fully conducted face-to-face to distance learning online, due to the covid-19 pandemic. This study aims to find out the response of students to online distance learning.

This study uses qualitative method with qualitative descriptive approach. The subject of the study was students of grade VII MTs An-Nur Palangka Raya consisting of 3 classes totaling 81 people. The instrument used in this study is a questionnaire containing 6 question points. This questionnaire is online by utilizing google form application by disseminating to students online through whatsapp group. The purpose of this study is to see how students respond to distance learning online and what obstacles students experience in online distance learning.

The results showed that: 1) The results of the response of students to online learning are less pleasant because there are some obstacles, namely limited internet numbers, problematic devices and applications, lack of guidance from educators, difficulty in receiving lesson materials, not being able to discuss directly with friends and educators, and too many tasks given. 2) The benefits that students feel with online learning are insights about the use of technology in learning increasing, more flexible and efficient because it is free in determining the learning system, and closer to the family.

ABSTRAK

Penelitian ini bertolak dari masalah perubahan metode pembelajaran yang semula sepenuhnya dilakukan dengan tatap muka ke pembelajaran jarak jauh secara daring, dikarenakan adanya pandemi covid-19. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui respon peserta didik terhadap pembelajaran jarak jauh (PJJ) secara daring.

Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas VII MTs An-Nur Palangka Raya yang terdiri dari 3 kelas yang berjumlah 81orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket yang berisi 6 poin pertanyaan. Angket ini bersifat daring dengan memanfaatkan aplikasi google formulir dengan disebarkan kepada peserta didik secara daring melalui whatsapp group. Tujuan penelitian ini untuk melihat bagaimana respon peserta didik dalam pembelajaran jarak jauh secara daring dan apa kendala yang dialami peserta didik dalam pembelajaran jarak jauh secara daring.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Hasil dari respon peserta didik terhadap pembelajaran daring kurang begitu menyenangkan karena terdapat beberapa kendala yaitu keterbatasan jumlah kouta internet, perangkat gawai dan aplikasi yang bermasalah, kurangnya bimbingan dari pendidik, sukar dalam menerima materi pelajaran, tidak dapat berdiskusi secara langsung baik dengan teman dan pendidik, dan terlalu banyak tugas yang diberikan. 2) Manfaat yang dirasakan peserta didik dengan pembelajaran daring yaitu wawasan tentang penggunaan teknologi dalam pembelajaran bertambah, lebih fleksibel dan efesien karena bebas dalam menentukan sistem belajar, dan lebih dekat dengan keluarga.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Daring; Pendidikan Biologi
Subjects: 06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0699 Other Biological Sciences > 069999 Biological Sciences not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Pendidikan IPA > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: puttry puttry ekaputri
Date Deposited: 30 Aug 2021 03:10
Last Modified: 30 Aug 2021 03:12
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/3468

Actions (login required)

View Item View Item