Metode pembelajaran daring materi wudhu pada paket B Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat Luthfillah

Jannah, Noor (2021) Metode pembelajaran daring materi wudhu pada paket B Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat Luthfillah. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
Noor Jannah - 1421111914.pdf

Download (1MB)

Abstract

Melihat kondisi dan latar belakang lingkungan sekitar peserta didik Paket B Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Luthfillah Palangka Raya yang beragam ditambah pembelajaran secara daring sejak awal tahun 2020 dikarenakan pandemi Covid 19, sehingga Tutor pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam proses pembelajaran dengan materi Wudhu memerlukan metode yang tepat untuk mencapai tujuan dari pembelajaran, meskipun pembelajaran dilakukan secara daring.

Tujuan dari penelitian untuk: 1) mendeksripsikan penerapan metode pembelajaran daring materi Wudhu pada paket B PKBM Luthfillah Palangka Raya; 2) untuk mengetahui faktor pendukung pembelajaran daring materi Wudhu pada paket B PKBM Luthfillah Palangka Raya; dan 3) untuk mengetahui faktor penghambat pembelajaran daring materi Wudhu pada paket B PKBM Luthfillah Palangka Raya.

Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan deskriptif dengan subjek Tutor mata pelajaran PAI dan beberapa orang Peserta Didik kelas VII, serta sebagai informan adalah Ketua PKBM Luthfillah. Pengumpulan data dalam penelitian dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi, kemudian data yang terkumpul dari subjek diabsahkan dengan menggunakan Triangulasi sumber. Setelah itu data dianalisis melalui tahapan pengumpulan data, pengurangan data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian menunjukkan: 1) penerapan metode pembelajaran daring materi Wudhu pada paket B PKBM Luthfillah Palangka Raya oleh Tutor melalui aplikasi seTARA Daring dengan tahapan dimulai salam dalam bentuk tulisan, menyampaikan tujuan pembelajaran, selanjutnya Tutor memberikan petunjuk dalam pembelajaran materi Wudhu, dan peserta didik masuk pada menu materi serta mengakses dan menyimak video tutorial cara Wudhu, tahapan selanjutnya peserta didik diarahkan untuk memilih menu penugasan game interaktif seputar materi yaitu menyusun urutan dalam tata cara Wudhu. Diakhir pembelajran Tutor memberikan penugasan kepada peserta didik membuat video sendiri melakukan Wudhu yang benar sesuai ajaran Islam; 2) faktor pendukung diantaranya aplikasi seTARA daring, sarana prasarana Friendly User, dan smartphone yang dimiliki peserta didik; dan 3) faktor penghambatnya adalah jaringan internet yang tidak stabil.

Abstract

Seeing the conditions and background of the environment around the various Luthfillah Palangka Raya Community Learning Center (PKBM) students, plus online learning since early 2020 due to the Covid 19 pandemic, so that Tutors on Islamic Religious Education (PAI) subjects in the learning process with Wudhu material need the right method to achieve the goals of learning, even though learning is done online.

The aims of the research are to: 1) describes the application of online learning methods for Wudhu material in package B PKBM Luthfillah Palangka Raya; 2) knowing the supporting factors for online learning of Wudhu material in package B PKBM Luthfillah Palangka Raya; and 3) knowing the inhibiting factors for online learning of Wudhu material in package B PKBM Luthfillah Palangka Raya.

This study is a qualitative research using descriptive with the subject of Islamic Education tutors and several students of class VII, and as an informant is the Chairman of PKBM Luthfillah. Data collection in research with observation technique, interview and documentation, then the data collected from the subject is validated using source triangulation. After that the data were analyzed through the stages of data collection, data reduction, data presentation and drawing conclusions.

The results showed: 1) application of the online learning method for Wudhu material in the PKBM Luthfillah Palangka Raya package B by the tutor through the SeTARA Online application with the stages starting with greetings in written form, express purpose of learning, hereinafter Tutors provide guidance in learning the material ablution, and students enter the material menu and access and listen to video tutorials on how to perform ablution, In the next stage, students are directed to choose an interactive game assignment menu around the material, namely arranging the sequence in the ablution procedure. At the end of the lesson, the tutor gives assignments to students to make their own videos doing the correct ablution according to Islamic teachings; 2) Supporting factors include the online seTARA application, User Friendly infrastructure, and smartphone owned by students; and 3) the inhibiting factor is an unstable internet network.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Metode Pembelajaran; Daring; Paket B
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130308 Gender, Sexuality and Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email daniaty_marina@yahoo.com
Date Deposited: 26 Aug 2021 07:21
Last Modified: 26 Aug 2021 07:25
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/3464

Actions (login required)

View Item View Item