Pola pembinaan keagamaan narapidana khusus anak kelas ii kota Palangka Raya

Rusviana, Rusviana (2021) Pola pembinaan keagamaan narapidana khusus anak kelas ii kota Palangka Raya. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
Skripsi RUSVIANA.pdf

Download (1MB)

Abstract

Abstract

Penelitian ini bertolak dari anak-anak yang terpidana dan berada di Lembaga Pembinaan Khusus Anak Kelas II Kota Palangka Raya bahwasannya anak-anak yang terpidana masih perlu perhatian dan sangat penting dalam menumbuhkan pembinaan keagamaan. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: 1) Bagaimana Pola Pembinaan Keagamaan Narapidana Khusus Anak Kelas II Kota Palangka Raya? 2) Apa tujuan dari Pembinaan Keagamaan Narapidana Khusus Anak Kelas II Kota Palangka Raya? 3) Apa saja materi yang diberikan terhadap Narapidana Anak Kelas II Kota Palangka Raya? 4) Apa saja metode yang diberikan terhadap Narapidana Anak Kelas II Kota Palangka Raya? 5) Apa saja metode yang diberikan terhadap Narapidana Anak Kelas II Kota Palangka Raya? Sehingga penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis hasil dari Pola Pembinaan Narapidana Khusus Anak Kelas II Kota Palangka Raya.

Jenis Penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Sumber data yang digunakan yaitu Subjek dalam penelitian ini terdiri dari: 3 orang Penyuluh Agama, 2 orang seksi bimbingan dan kemasyarakatan, kepala LPKA dan 6 orang anak. Keabsahan data yang digunakan adalah Triangulasi dan teknik analisis data yang digunakan adalah Triangulasi sumber.

Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, tentang Pola Pembinaan Keagamaan Narapidana Khusus Anak Kelas II kota Palangka Raya dalam prosesnya maka peneliti menyimpulkan sebagai berikut:1. Pola Pembinaan Keagamaan Narapidana Khusus Anak kelas II Kota Palangka Raya merupakan bantuan spiritual yang sudah berlangsung sejak anak berada dalam masa binaan dan kegiatan ini dilakukan selama 2 kali pertemuan pada hari Selasa dan Rabu dimulai pukul 09.00-12.00 wib. 2. Tujuan adanya pembinaan keagamaan yaitu mendidik, memberi bimbingan mental spiritual melalui pengalaman serta memberikan pengawasan kepada anak-anak agar kelak menjadi orang yang berguna dan selaras pada ajaran agama dan norma.3. Materi yang dimuat dalam Pola Pembinaan Keagamaan berkaitan dengan membaca Al-Quran,akidah akhlak, dan fiqih Ibadah. 4. Metode yang sering digunakan di Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) berupa metode ceramah, klasikal dan privat. 5. Media yang digunakan dalam proses pembinaan berupa kitab Al-Quran, Iqro dan buku Panduan Tata Cara Sholat.

ABSTRACT

This research was based on the children who were convicted and were in the Class II Special Development Institution for Children of Palangka Raya City, that children who were convicted still needed attention and were very important in fostering religious guidance. The formulation of the problems in this research are: 1) What is the Pattern of Religious Development for Class II Special Prisoners in Palangka Raya City? 2) What is the purpose of the Religious Development of Class II Special Prisoners for Children in Palangka Raya City? 3) What materials are provided to Class II Child Prisoners in Palangka Raya City? 4) What methods are given to Class II Child Prisoners in Palangka Raya City? 5) What methods are given to Class II Child Prisoners in Palangka Raya City? So that this study aims to describe and analyze the results of the Pattern of Special Prisoners for Class II Children of Palangka Raya City.

This type of research used is a descriptive qualitative approach. The data collection techniques used were observation, interview and documentation. The data sources used were the subjects in this study consisted of: 3 Religious Instructors, 2 people in the guidance and community section, the head of the LPKA and 6 children. The validity of the data used was triangulation and the data analysis technique used was source triangulation.

Based on the results of research that has been carried out, regarding the Pattern of Religious Guidance for Class II Special Prisoners of Palangka Raya City in the process, the researchers concluded as follows: 1. The pattern of Religious Guidance for Special Prisoners for Class II Children of Palangka Raya City is a spiritual aid that has been going on since the child is in the foster period and this activity is carried out for 2 meetings on Tuesday and Wednesday starting at 09.00-12.00 WIB. 2. The purpose of religious guidance is to educate, provide mental-spiritual guidance through experience and provide supervision to children so that later they become useful and aligned people with religious teachings and norms. 3. The material contained in the Pattern of Religious Guidance is related to reading the Koran, akidah morals, and fiqh of worship. 4. The methods often used in the Special Guidance Institute for Children (LPKA) are lecture, classical and private methods. 5. The media used in the coaching process are Al-Quran, Iqro and Guide to Prayer Procedures.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Keagamaan, Narapidana, Pembinaan
Subjects: 16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1602 Criminology > 160201 Causes and Prevention of Crime
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: fuah fuah marfuah
Date Deposited: 24 Aug 2021 08:21
Last Modified: 24 Aug 2021 08:21
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/3453

Actions (login required)

View Item View Item