Peran pelatih ekstrakurikuler pencak silat persaudaraan setia hati terate (psht) dalam membina rasa persaudaraan antar siswa di mts darul ulum Palangka Raya

Munandar, Arif (2021) Peran pelatih ekstrakurikuler pencak silat persaudaraan setia hati terate (psht) dalam membina rasa persaudaraan antar siswa di mts darul ulum Palangka Raya. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
Skripsi ARIF MUNANDAR.pdf

Download (2MB)

Abstract

Abstract

Penelitian ini bertolak dari keingintahuan peneliti terhadap karakteristik guru profesional berdasarkan persepsi siswa, karena banyaknya yang menjalani profesi sebagai seorang guru, tetapi tidak banyak guru yang memenuhi kmpetensi profesional guru agar dapat dikatakan sebagai guru profesional.

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui karakteristik guru profesional berdasarkan persepsi siswa kelas XI di Madrasah Aliyah Negeri Kotawaringin Timur.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah melalui pendekatan campuran. Penggalian data dilakukan dengan cara wawancara terhadap 7 orang siswa dan penyebaran angket terhadap 38 siswa atau 15% dari 255 siswa seluruhnya. Analisis data dilakukan dengan cara menyederhanakan data yang terkumpul, dari penyederhanaan data itu dilakukan analisis kemudian ditarik kesimpulan. Pengabsahan data dilakukan dengan mengadakan triangulasi teknik.

Berdasarkan hasil penelitian, karakteristik guru profesional berdasarkan persepsi siswa kelas XI di Madrasah Aliyah Negeri Kotawaringin Timur adalah: Guru yang memiliki kepribadian yang baik, memahami siswanya dan memotivasi. Guru mampu memberikan contoh yang sesuai dengan kehidupan sehari hari. Guru yang memberikan kesempatan bagi siswa untuk mempersiapkan diri sebelum memulai pelajaran baru, guru yang mampu menyesuaikan metode yang digunakan dengan materi yang disampaikan. Guru yang mampu menciptakan suasana kelas nyaman, mengajar diselingi dengan humor, menyatu dengan siswa bisa memposisikan diri sebagai teman bagi siswa siswa merasa nyaman saat bertanya materi yang belum dipahami, menjelaskan dengan bahasa yang mudah dipahami dan tidak disertai amarah dan menjelaskan materi dengan berurutan atau sistematis. Guru yang tidak membeda-bedakan setiap siswanya. Guru yang mengoreksi setiap tugas yang diberikandan memberikan nilai yang sesuai dengan kemampuan siswa. Berdasarkan hasil analisis, dapat diketahui bahwa karakteristik kompetensi profesional guru berdasarkan persepsi siswa kelas XI di Madrasah Aliyah Negeri Kotawaringin Timur adalah sangat baik yang didapat dari hasil skor rata-rata angket 237,8.

ABSTRACT

This study is based on the curiosity of researcher to favorite teacher characteristics based on the perception of students, because of the their profession as a teacher, but not many teachers are preferred and favored students.

The purpose of this study to determine the characteristics of a favorite teacher based on the perception of class XI at State Islamic Senior High School East Kotawaringin.

The method used in this study is a qualitative approach. Data mining has done by interviews with 7 students and given questionnaires to 38 students or 15% of the 255 students altogether. Data analysis was done by simplifying the data collected, simplifying the data was analyzed and then be deduced. Data validation is done by performing triangulation techniques.

Based on this research, the characteristics of a favorite teacher is based on the perception of class XI at State Islamic Senior High School East Kotawaringin are: teacher s were discipline remain a time when the start and the end of the lessons, correcting assignments that has given, dressed neat, the explanation is easy to understand, could adapt the method to the material, using a simple example, create a classroom atmosphere that is comfortable and not strained, understand the students, were able to communicate well, have a sense of humor, reflecting akhlakul karimah, can control the anger, could motivate the students, has their own way to deal with each students, and they do not discriminate students in both the attention or ratings.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Karakteristik Guru, Persepsi, Siswa
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220405 Religion and Society
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: fuah fuah marfuah
Date Deposited: 24 Aug 2021 03:06
Last Modified: 24 Aug 2021 03:06
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/3448

Actions (login required)

View Item View Item