Pemahaman siswi terhadap materi “hidup bermartabat dengan berbusana muslim” dan implementasinya dalam kehidupan sehari-hari

Marfu'ah, Siti (2021) Pemahaman siswi terhadap materi “hidup bermartabat dengan berbusana muslim” dan implementasinya dalam kehidupan sehari-hari. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
Skripsi SITI MARFU'AH.pdf

Download (2MB)

Abstract

Abstract

Maraknya perkembangan trend fashion terbaru ini cukup membuat terpukau. Semakin banyak dan berkembangnya model busana muslimah, membuat perempuan semakin banyak mencoba berbagai model busana muslimah tersebut sesuai dengan keinginannya. Tidak terkecuali di SMA Muhammadiyah 1 Palangka Raya. Terkait dengan penggunaan busana muslimah, berdasarkan observasi peneliti di SMA Muhammadiyah 1 Palangka Raya terdapat beberapa siswi yang belum menerapkan berbusana muslim dengan baik hal ini dibuktikan dengan masih ada siswi yang berbusana akan tetapi tidak sesuai dengan yang disyariatkan melainkan mengikuti trend busana masa kini yaitu siswi masih menggunakan jilbab yang terangkat (terlihat bagian dada), dan menggunakan pakaian yang membentuk lekuk tubuh. Sedangkan sekolah tersebut merupakan sekolah berindentitas sebagai sekolah Islam dengan memiliki visi dan misi membentuk pribadi muslim yang kuat dan berakhlakul karimah, juga memiliki aturan kepada siswa perempuan muslim wajib untuk mengenakan kerudung saat berada di sekolah. Terlebih lagi di sekolah tersebut ada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti yang mengajarkan materi tentang “Hidup Bermartabat dengan Berbusana Muslim”. Pemahaman tentang materi ini merupakan dari upaya mengaitkan fakta-realita dengan pengetahuannya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemahaman siswi terhadap materi “Hidup Bermartabat dengan Berbusana Muslim” dan mendeskripsikan Implementasi siswi berbusana muslim dalam kehidupan sehari-hari.

Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Tempat penelitian adalah SMA Muhammadiyah 1 Palangka Raya. Subjek penelitian adalah 4 orang siswi dengan menggunakan purposive sampling. Pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan mengumpulkan data, mereduksi data, menyajikan dan menarik kesimpulan. Keabsahan data dilakukan dengan menggunakan triangulasi metode.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pemahaman siswi terhadap materi “Hidup Bermartabat dengan Berbusana Muslim” sudah baik, hal tersebut dibuktikan dalam pemahaman siswi ditemukan beberapa kata kunci penting tentang berbusana muslimah yaitu siswi sudah paham mengenai batasan aurat, hukum berpakaian, ketentuan berbusana muslimah, mode berbusana muslimah, tujuan berbusana muslimah dan fungsi mengenakan busana muslimah tersebut. (2) Implementasi siswi berbusana muslim dalam kehidupan sehari-hari menunjukkan bahwa siswi kelas 10 SMA Muhammadiyah 1 Palangka Raya (a) Berpakaian mengikuti syariat, tidak memperhatikan trend fashion; (b) Berpakaian mengikuti syariat serta mengikuti trend fashion masa kini; dan (c) Berpakaian mengikuti trend fashion, tidak memperhatikan syariat.

ABSTRACT

The rise of this latest fashion trend is quite impressive. More and more Muslim fashion models are developing, making women more and more try various models of Muslim clothing according to their wishes. No exception at SMA Muhammadiyah 1 Palangka Raya. Regarding the use of Muslim clothing, based on the observations of researchers at SMA Muhammadiyah 1 Palangka Raya, several students have not applied Muslim clothing properly. wearing a raised veil (visible from the chest), and wearing clothes that form curves. Meanwhile, the school is a school with the identity of an Islamic school with a vision and mission to form a strong Muslim personality and have good morals, it also has rules that Muslim female students are obliged to wear a headscarf while at school. Moreover, at the school, there are Islamic Education and Character subjects which teach material on "Living in Dignity by Dressing a Muslim". An understanding of this material is an effort to relate the facts to his knowledge. This study aims to describe students' understanding of the material "Dignified Life by Dressing Muslims" and describes the implementation of Muslim dressed students in everyday life.

This research uses the descriptive qualitative method. The place of research is SMA Muhammadiyah 1 Palangka Raya. The research subjects were 4 female students using purposive sampling. Collecting data using observation, interview, and documentation techniques. Data analysis was performed by collecting data, reducing data, presenting and drawing conclusions. The validity of the data was carried out using triangulation methods.

The results showed that: (1) The students' understanding of the material "Living with Dignity by Dressing Muslim" is good, this is evidenced in the understanding of students found several important keywords about Muslim clothing, namely students already understand the limits of genitalia, the law of dress, the provisions of Muslim dress. Muslim fashion, the purpose of wearing Muslim clothing, and the function of wearing these Muslim clothing. (2) The implementation of Muslim schoolgirls in their daily life shows that the 10th-grade students of SMA Muhammadiyah 1 Palangka Raya (a) Dress according to sharia, not paying attention to fashion trends; (b) Dress according to the Shari'a and follow current fashion trends; and (c) Dressing by fashion trends, not paying attention to the Shari'a.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Busana Muslim, Implementasi, Pemahaman
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: fuah fuah marfuah
Date Deposited: 23 Aug 2021 08:01
Last Modified: 23 Aug 2021 08:01
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/3447

Actions (login required)

View Item View Item