Pelaksanaan program bmq di ma’had al- jamiah iain Palangka Raya tahun 2020

Atikah, Siti (2021) Pelaksanaan program bmq di ma’had al- jamiah iain Palangka Raya tahun 2020. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
Skripsi SITI ATIKAH.pdf

Download (1MB)

Abstract

Abstract

Pelaksanaan program BMQ tahun 2020 yang tergabung dengan sistem Asrama Ma’had Al-Jamiah ini berbeda dengan BMQ tahun sebelumnya, yang menjadi pembeda BMQ tahun 2020 ini adalah diperketatnya sistem BMQ baik dari segi rekrutmen tutor, metode dan yang lainnya. Sehingga untuk mencapai tujuan BMQ yaitu mahasiswa bisa membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar serta bisa terealiasai.

Rumusan masalah dalam penelitian ini (1) Bagaimana pelaksanaan program BMQ di Ma’had Al-Jamiah IAIN Palangka Raya tahun 2020? (2) Apa saja kendala dalam pelaksanaan program BMQ di Ma’had Al-Jamiah IAIN Palangka Raya tahun 2020? (3) Bagaimana upaya untuk mengatasi kendala dalam pelaksanaan program BMQ di Ma’had Al-Jamiah IAIN Palangka Raya tahun 2020?

Subjek dalam penelitian ini adalah Ketua Tim Tilawati Palangka Raya sekaligus narasumber BMQ di Ma’had Al-Jamiah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan cara menyederhanakan data yang terkumpul, dari penyederhanaan data itu dilakukan analisis kemudian ditarik kesimpulan. Keabsahan data dilakukan dengan menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Pelaksanaan program BMQ tahun 2020 berjalan dengan baik sesuai program yang disusun. BMQ dilakukan 3 bulan dengan rincian 1 bulan pendataan, 2 bulan aktif pembelajaran BMQ. 3 kali pertemuan dalam 1 (satu) minggu, dan untuk kenaikan level/munaqasah dilakukan 1 bulan sekali. Metode yang digunakan adalah Metode Tilawati nada ros dengan menggunakan pendekatan klasikal dan pendekatan individual/baca simak bergilir. Media yang digunakan yaitu buku Tilawati, aplikasi Tilawati Mobile, pdf Tilawati, Youtube, aplikasi Zoom/Meet, dan grup WhatsApp. Jumlah tutor yang mengajar BMQ sebanyak 93 orang dengan rincian tutor eksternal 21 orang dan tutor internal 72 orang. Evaluasi pelaksanaan program BMQ dilihat dari hasil munaqasah atau hasil kenaikan level yang diadakan setiap 1 bulan sekali, evaluasi menejerial dan strategi pelaksanaan online, evaluasi pengelompokan data, evaluasi sistem menejemen, dan evaluasi dari segi tutor (2) Kendala Bimbingan Membaca Al-Qur’an yaitu jaringan (kehabisan kouta), member susah sinyal, sulitnya mengoreksi kesalahan member/mahasiswa secara online (3) Upaya dalam mengatasi kendala yaitu panitia mengadakan rapat baik secara offline maupun online, memberikan kouta gratis untuk para tutor selama 3 bulan, panitia membuat materi Tilawati pdf dan ppt yang ada suaranya.

ABSTRACT

ABSTRACT
The implementation of the 2020 BMQ program which was integrated with the Ma'had Al-Jamiah boarding system was different from the previous year's BMQ. The differences of the BMQ 2020 system and the previous system was the tightened system in terms of the recruitment of tutors, methods, and others. So that to achieve the goal of BMQ, students can read the Al-Qur'an properly and correctly and can be realized.

The research problems in this study were (1) How is the implementation of the BMQ program at Ma'had Al-Jamiah IAIN Palangka Raya in 2020? (2) What are the obstacles in implementing the BMQ program at Ma'had Al-Jamiah IAIN Palangka Raya in 2020? (3) How are the efforts to overcome obstacles in the implementation of the BMQ program at Ma'had Al-Jamiah IAIN Palangka Raya in 2020?

The subjects in this study was Team Leader of Tilawati Palangka Raya as well as resource persons for BMQ at Ma'had Al-Jamiah. This research used a descriptive qualitative approach. Data collection was done by using observation, interview, and documentation techniques. Data analysis was carried out by simplifying the collected data, from a simplification of the data analysis that was carried out then drawn conclusions. The validity of the data was done by using the triangulation of sources and triangulation of techniques.

The results showed that (1) The implementation of the 2020 BMQ program went well according to the program that was compiled. BMQ is carried out for 3 months with details of 1 month of data collection, 2 months of active learning of BMQ 3 meetings in 1 (one) week, and to increase the level/munaqasah, it is done once a month. The method used is the Tilawati Tone Ros method using the classical approach and the individual approach/read taking turns. The media used were the Tilawati book, the Tilawati Mobile application, the Tilawati pdf, Youtube, the Zoom/Meet application and the WhatsApp group. The number of tutors teaching BMQ is 93 with details of 21 external tutors and 72 internal tutors. Evaluation of the implementation of the BMQ program is seen from the results of munaqasah or the results of level increases which are held every 1 month, managerial evaluation and online implementation strategies, evaluation of data grouping, evaluation of management systems, and evaluation in terms of tutors (2) The obstacles of BMQ implementation were network (running out of internet data), members’s difficulty of getting internet connection, difficulty of correcting member/student errors online (3) The efforts to overcome obstacles, namely the committee holding meetings both offline and online, providing free internet data for tutors for 3 months, the committee makes pdf file of Tilawati materials and ppt of Tilawati materials with voices.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Ma’had Al-Jamiah, Program BMQ
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: fuah fuah marfuah
Date Deposited: 23 Aug 2021 07:42
Last Modified: 23 Aug 2021 07:42
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/3446

Actions (login required)

View Item View Item