Pola pembinaan akhlak dalam perspektif al-qur’an surah luqman ayat 12-19 menurut tafsir al-misbah

Triyana, Nana (2021) Pola pembinaan akhlak dalam perspektif al-qur’an surah luqman ayat 12-19 menurut tafsir al-misbah. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
Skripsi NANA TRIYANA.pdf

Download (1MB)

Abstract

Abstract

Melihat fenomena yang terjadi sekarang ini, banyak sekali anak-anak yang memiliki karakter atau akhlak yang buruk serta terjerumus dalam pergaulan bebas, tawuran, bolos sekolah, dan berbagai penyimpangan lainnya. Oleh karena itu, disinilah pentingnya pendidikan utamanya pembinaan akhlak kepada seorang anak. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan Pola Pembinaan Akhlak Dalam Perspektif Al Qur’an Surah Luqman Ayat 12-19 Menurut Tafsir Al Misbah.

Penelitian ini menggunakan metode kepustkaan atau library research adalah jenis yang dilakukan dengan mengkaji literatur-literatur yang berkaitan dengan masalah yang dibahas dalam arti semua sumber data berasal dari bahan-bahan tertulis yang berkaitan dengan topik yang dibahas. Karena studi ini menyangkut al-Qur’an secara langsung, maka sumber utama dan pertama adalah kitab suci al-Qur’an dan tafsir.

Adapun hasil dari penelitian ini adalah pola pembinaan akhlak yang dilakukan oleh Luqman kepada anaknya dengan cara mendidik dan membimbing secara demokratis, juga dilakukan dengan memberikan perhatian dan kasih sayang yang luar biasa kepada anaknya, serta memberikan nasehat yang menyentuh hati, layaknya dari seorang ayah kepada anak tersayangnya. Dari ayat 12-19 tersebut terkandung pola pembinaan akhlak meliputi: Senantiasa Bersyukur Kepada Allah, Memiliki Tauhid yang Kuat, Birrul Walidain, Memiliki sifat jujur kepada siapapun dan Orang Lain, Pendidikan Ibadah (Taat Beribadah Kepada Allah SWT), Peduli Terhadap Sesama dengan Amar Ma’ruf Nahi Munkar, Senantiasa Bersifat Tabah dan Sabar, Rendah Hati adalah Akhlah Mulia. Denagn demikian akhlak anak akan menjadi baik dan terhindar dari kemorosatan akhlak, yang dapat berakibat buruk baik bagi dirinya sendiri dan orang lain.

ABSTRACT

In view of the present phenomenon, countless children of loose character or morals have fallen into promiscuity, brawls, school dropouts, and other aberrations. This is, therefore, the importance of major moral education to clind. This study aims to describe the Pattern of Moral Development in the Perspective of Al Qur'an Surah Luqman Verses 12-19 according to the Tafsir Al Misbah".

This study the use writer uses the method of interpreting or library research as the type by going over the literature relating to the problem in the sense that all data sources come from written materials related to the topic discussed. Because this study concerns the Quran directly, then the main and first source is the Quran and Tafsir.

As for the results of this study, Luqman’s moral teaching pattern was done to his child by democratic educating and guiding, as well as by caring and caring for his child, and as touching advice, as one’s father did to his beloved child. From verses 12-19 such contained a pattern of moral tithing includes: always grateful to God, having a powerful tauhid, birrul walidain, being honest with oneself and others, the education of worship (obedient worship of Allah SWT), caring for one’s neighbor with Amar Ma‘ruf Nahi Munkar, always steadfast and patient, humble is noble. Thus, children will be good and will avoid chastity, which can be bad for themselves and others.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pembinaan Akhlak, Al-Qur’an, dan Tafsir Al-Misbah
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: fuah fuah marfuah
Date Deposited: 23 Aug 2021 07:24
Last Modified: 23 Aug 2021 07:24
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/3445

Actions (login required)

View Item View Item