Pandangan orang tua teradap pendidikan anak di Desa Handil Sohor Kotawaringin Timur

Siswanti, Rika (2021) Pandangan orang tua teradap pendidikan anak di Desa Handil Sohor Kotawaringin Timur. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
Skripsi Rika Siswanti - 1701112157.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi banyaknya orang tua yang berpendidikan rendah di Desa Handil Sohor Kotawaringin Timur. Hal ini menyebabkan kurangnya perhatian orang tua terhadap kelangsungan pendidikan anaknya, sebab orang tua rata-rata sibuk dalam bekerja sehari-hari sebagai petani atau pekebun. Tujuan penelitian ini: 1. Untuk mendeskripsikan pandangan orang tua terhadap pendidikan anak di Desa Handil Sohor Kotawaringin Timur, 2. Untuk mendeskripsikan tugas dan tanggung jawab orang tua dan 3. Untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi orang tua terhadap kelangsungan pendidikan anak.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Sedangkan yang menjadi subjek adalah 10 keluarga dan anak sebagai informan. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Sementara pengabsahan data dengan Triangulasi Sumber. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara mengumpulkan data, mereduksi data, menyajikan data dan menarik kesimpulan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1. Pandangan orang tua terhadap pendidikan anak meliputi: a. Pemahaman, rata-rata para subjek mengatakan bahwa pendidikan bagi anak adalah penting dan seharusnya tetap dilanjutkan kejenjang yang lebih tinggi jika ekonomi keluarga mendukung. b. Sikap, sikap kepedulian orang tua pada pendidikan anak cukup baik, hal ini terbukti adanya fasilitas pendidikan anak yang selalu diupayakan orang tua. c. Tanggapan, tanggapan/respon orang tua terhadap pendidikan anak pada umumnya baik, karena orang tuanya selalu/sering memberikan nasehat pada anaknya terkait betapa pentingnya pendidikan untuk masa depan. 2. Tugas dan tanggung jawab orang tua pada pendidikan anak dapat dikatakan cukup, hal ini dapat terlihat pada pembinaan akidah anak rata-rata subjek masih belum melaksanakan. Dalam pembinaan akhlak hanya sebagian kecil para orang tua melakukan. Dalam pembinaan intelektual anak terkesan masih belum maksimal, hal ini terbukti dengan adanya anak yang putus sekolah. Sedangkan dalam pembinaan sosial anak hanya sebatas memberi nasehat pada anak. 3. Faktor yang mempengaruhi orang tua terhadap pendidikan anak adalah: a. kurangnya pengetahuan dan pemahaman orang tua terhadap pendidikan. b. Kurangnya kesadaran orang tua terhadap pentingnya pendidikan dalam keluarga. c. Desakan ekonomi untuk kebutuhan keluarga.

ABSTRACT

This research is based on the low educated parents at Handil Sohor Village, Kotawaringin Timur. Wich cause the lack of parental attention to the continuity of their children's education to the higher level, because most of parent is busy in working every day as farmers or gardeners. The objectives of this study are: 1. To describe parent's perspective on children's education at Handil Sohor Village, Kotawaringin Timur, 2. To describe parent's role and responsibility and 3. To determine the factors which influence parents on the continuity of children's education.

This research used a descriptive qualitative approach. The subjects were 10 heads of family and children as the informants. To collect the data, this research used interview, observation and documentation techniques. Meanwhile, in the data endorsement, source triangulation was used to test its validity. Data analysis of this research applied data collection, data reduction, data display and drawing conclusion.

The results showed that: 1. Parents' views on children's education include: a. Understanding, most of the subject said that education for children is important. The children education should be continued to the higher level if the family has good economy. b. The attitude, the attitude of parents’ care to their children's education is quite good, this can be proven from the existence of children's educational facilities which are always attempted by their parents. c. Responses, parents’ response to the children's education are generally good, because parents often give their children an advice regarding to how important education for the future. 2. Parents’ duty and responsibility for children's education is sufficient. It can be seen from the parents who have not given faith development for their children. Few parents do moral education. In the intellectual development of children, it seems that the parents are still not optimal. It is proven by by the children who drop out of school. Whereas in the social development, parents only give their advice to their children. 3. Factors which influence parents on children's education are: a. lack of parental knowledge and understanding of education. b. Lack of parental awareness of the importance of education in a family. c. Economic pressure for family needs.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Agama Islam
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: puttry puttry ekaputri
Date Deposited: 23 Aug 2021 02:18
Last Modified: 23 Aug 2021 02:18
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/3438

Actions (login required)

View Item View Item