Upaya guru pai dalam pembinaan moderasi beragama di SMK karsa mulya Palangka Raya

Nurfahmi, Ikhfak (2021) Upaya guru pai dalam pembinaan moderasi beragama di SMK karsa mulya Palangka Raya. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
Skripsi IKHFAK NURFAHMI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Abstract

SMK Karsa Mulya Palangka Raya adalah sekolah umum kejuruan yang berada di Kota Palangka Raya. Di sekolah tersebut terdapat beranekaragam agama dan budaya. Dengan adanya peraturan menteri agama bahwa guru agama dituntut untuk bisa memperkuat moderasi beragama di kalangan siswa, maka guru PAI di SMK Karsa Mulya melakukan upaya pembinaan moderasi beragama kepada siswa melalui berbagai strategi, dan metode pembinaan tertentu untuk membangun nilai-nilai moderasi beragama. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan bagaimana upaya guru PAI dalam pembinaan moderasi beragama; 2) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam pembinaan moderasi beragama.

Sedangkan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Tempat penelitian ini adalah SMK Karsa Mulya Palangka Raya. Untuk subjek penelitian ini adalah 2 (dua) guru PAI, dan beberapa informan pendukung yaitu; Kepala Sekolah, 1 (satu) guru agama Kristen, 4 (empat) siswa kelas XII, dan 1 (satu) siswa kelas XI. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan cara mengumpulkan data, mereduksi data, menyajikan, dan menarik kesimpulan. Keabsahan data dilakukan dengan menggunakan triangulasi sumber dan teknik.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa; 1) Upaya yang dilakukan guru PAI dalam pembinaan moderasi beragama adalah dengan melakukan pembinaan di dalam maupun di luar kelas menggunakan strategi dan metode. Strategi yang digunakan adalah strategi langsung dengan memberikan arahan, teladan, baik di dalam amupun di luar kelas dan strategi tidak langsung dengan memberikan larangan dan pencegahan, sedangkan metode yang digunakan adalah metode: a) Keteladanan dengan memberikan teladan yang baik bagi siswa; b) Pemberian nasihat dengan memberikan nasihat sebelum dan menjelang berakhirnya pembelajaran; c) Kedisiplinann dengan memberikan peraturan; d) Pembiasaan dengan membiasakan siswa untuk mengikuti pengajian dan apel; e) Pemberian perhatian khusus dengan memperhatikan perkembangan sikap siswa yang mencerminkan moderasi beragama; f) Pemberian hukuman dengan memberikan sanksi berupa pengurangan nilai agama bagi siswa yang melanggar aturan. 2) Faktor pendukungnya adalah: a) Kekompakkan antar guru mata pelajaran; b) Aturan Kepala Sekolah yang mewajibkan semua guru untuk mengisi apel, c) Penerimaan dari orang tua siswa dan d) Adanya aplikasi Zoom. Sedangkan faktor penghambatnya adalah: a) Sarana yang kurang memadai seperti tempat ibadah yang kurang luas; b) Kurangnya minat siswa, c) Siswa yang sulit diatur, dan d) Siswa yang kurang memperhatikan.

ABSTRACT

SMK Karsa Mulya Palangka Raya is a vocational public school located in Palangka Raya City. In the school there are a variety of religions and cultures. With the regulation of the minister of religion that religious teachers are required to be able to strengthen religious moderation among students, pai teachers at SMK Karsa Mulya make efforts to foster religious moderation to students through various strategies, and certain coaching methods to build the values of religious moderation. The objectives of this study are: 1) To find out how PAI teachers' efforts in fostering religious moderation; 2) To know the supporting factors and inhibitions in the development of religious moderation.

While this study uses a descriptive qualitative approach. The place of this research is SMK Karsa Mulya Palangka Raya. For the subjects of this study are 2 (two) PAI teachers, and several supporting informants namely; Principal, 1 (one) Christian teacher, 4 (four) grade XII students, and 1 (one) grade XI student. Data collection using observation techniques, interviews and documentation. Data analysis is done by collecting data, reducing data, presenting, and drawing conclusions. The validity of the data is done using triangulation of sources and techniques.

The results of this study show that; 1) Pai teachers' efforts in fostering religious moderation are to conduct coaching inside and outside the classroom using strategies and methods. The strategy used is a direct strategy by giving direction, example, both in the classroom and indirect strategy by giving prohibition and prevention, while the method used is the method: a) Civility by setting a good example for students; b) Giving advice by giving advice before and nearing the end of learning; c) Discipline by providing regulations; d) Habituation by familiarizing students to follow the study and apples; e) Giving special attention by paying attention to the development of student attitudes that reflect religious moderation; f) Giving punishment by giving sanctions in the form of reduction of religious values for students who violate the rules. 2) The supporting factors are: a) Cohesion between subject teachers; b) Principal rules that require all teachers to fill apples, c) Acceptance from parents of students and d) The existence of Zoom application. While the inhibitory factors are: a) Inadequate facilities such as less spacious places of worship; b) Lack of student interest, c) Unruly students, and d) Students who are less attentive.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pai Teacher, Religious Moderation, Coaching
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: fuah fuah marfuah
Date Deposited: 23 Aug 2021 02:10
Last Modified: 23 Aug 2021 02:10
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/3437

Actions (login required)

View Item View Item