Pembelajaran pendidikan agama islam melalui google classroom pada masa pandemi covid-19 di SMP negeri 1 Palangka Raya

Muhajir, Ahmad (2021) Pembelajaran pendidikan agama islam melalui google classroom pada masa pandemi covid-19 di SMP negeri 1 Palangka Raya. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
Skripsi AHMAD MUHAJIR.pdf

Download (2MB)

Abstract

Abstract

Penelitian ini bertolak dari maraknya penyebaran virus covid-19 yang ada di Indonesia, sehingga tenaga pendidik diharuskan mengganti pembelajaran secara daring dengan menggunakan media online, SMP Negeri 1 Palangka Raya menggunakan aplikasi google classroom sebagai media dalam melaksanakan pembelajaran PAI pada masa pandemi covid-19 dikarenakan untuk memudahkan guru dalam hal penyampaian materi pelajaran dan juga pengumpulan tugas. Penelitian ini bertujuan, (1) Mendeskripsikan PAI menggunakan google classroom pada masa pandemi covid-19 kelas VII 4 SMP Negeri 1 Palangka Raya. (2) Mendeskripsikan pemetaan kesesuaian materi PAI yang menggunakan google classroom kelas VII 4 SMP Negeri 1 Palangka Raya.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Subjek penelitian satu orang guru mata pelajaran PAI kelas VII, Informan kepala sekolah dan 5 orang siswa kelas VII 4. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi partisipan aktif, wawancara dan dokumentasi. Teknik pengabsahan data menggunakan triangulasi teknik. Analisis data menggunakan model Miles and Huberman yaitu: data collection, data reduction, data display, dan conclusion drawing.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pada proses pembelajaran PAI melalui google classroom guru di SMP Negeri 1 Palangka Raya sudah berjalan dengan baik karena guru sudah menyampaikan materi dan memberikan tugas tentang pengetahuan dan keterampilan selama proses pembelajaran daring melalui google classroom dengan memanfaatkan media youtube sebagai penyampaian materi dan grup whatsapp untuk komunikasi mengenai pembelajaran PAI selama daring. (2) Pemetaan kesesuaian materi PAI yang menggunakan google classroom: (a) materi yang sesuai: lebih dekat dengan Allah SWT yang sangat indah nama-Nya, ingin meneladani ketaatan malaikat-malaikat Allah SWT, semua bersih hidup jadi nyaman, indahnya kebersamaan dengan berjamaah, dengan ilmu pengetahuan semua jadi lebih mudah, dan hidup tenang dengan kejujuran, amanah dan istiqamah. (b) materi yang tidak sesuai: selamat datang nabi Muhammad SAW kekasihku, dan kisah nabi Muhammad SAW dari lahir sampai wafat.

ABSTRACT

This research stems from the widespread spread of the covid-19 virus in Indonesia, so that educators are required to replace online learning using online media, SMP Negeri 1 Palangka Raya uses the google classroom application as a medium for carrying out Islamic education learning during the Covid-19 pandemic. to make it easier for teachers in terms of delivering subject matter and also collecting assignments. This study aims to (1) describe PAI using google classroom during the Covid-19 pandemic class VII 4 SMP Negeri 1 Palangka Raya. (2) Describe the mapping of the suitability of Islamic religious education materials using google classroom class VII 4 SMP Negeri 1 Palangka Raya.

This research uses a descriptive qualitative approach. The research subjects were one teacher of class VII PAI subject, the principal informant and 5 students of grade VII 4. The data collection technique was carried out by active participant observation, interviews and documentation. The technique of validating the data used technical triangulation. Data analysis uses the Miles and Huberman model, namely: data collection, data reduction, data display, and conclusion drawing.

The results showed that: (1) in the PAI learning process through google classroom, the teacher at SMP Negeri 1 Palangka Raya was running well because the teacher had delivered material and gave assignments about knowledge and skills during the online learning process through google classroom by utilizing youtube as a media. delivery of material and whatsapp groups for communication about PAI learning online. (2) Mapping the suitability of Islamic religious education materials using google classroom: (a) appropriate material: closer to Allah SWT, whose name is very beautiful, wants to imitate the obedience of Allah SWT's angels, all clean life becomes comfortable, beautiful togetherness with congregation, with knowledge everything will become easier, and live peacefully with honesty, trustworthiness and istiqamah. (b) unsuitable material: welcome to my beloved prophet Muhammad SAW, and the story of the prophet Muhammad SAW from birth to death.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran PAI, Google Classroom, Masa Pandemi Covid-19
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: fuah fuah marfuah
Date Deposited: 20 Aug 2021 07:34
Last Modified: 20 Aug 2021 07:34
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/3434

Actions (login required)

View Item View Item