Hubungan penerapan model role playing dan perilaku siswa pada mata pelajaran akidah akhlak di MTs darul amin Palangka Raya

Prihatin, Tuti (2021) Hubungan penerapan model role playing dan perilaku siswa pada mata pelajaran akidah akhlak di MTs darul amin Palangka Raya. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
Skripsi TUTI PRIHATIN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Abstract

Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan : (1) penerapan model role playing pada mata pelajaran Aqidah Akhlak di MTs Darul Amin Palangka Raya (2) Bagaimana hubungan penerapan model role playing pada mata pelajaran Aqidah Akhlak dan perilaku siswa di MTs Darul Amin Palangka Raya.

Penelitian Quasi Eskperimen desain penelitian pretest-posttest control group design ,dengan kelas VIII.A sebagai kelas eksperimen berjumlah 24 orang dengan metode role playing dan Kelas VIII.B sebagai kelas kontrol berjumlah 22 orang dengan metode konvensional.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa ; (1) penerapan model pembelajaran Role Playing diperoleh nilai rata-rata 94,87. (2) Hubungan antara penerapan model pembelajaran Role playing dengan perilaku siswa memperoleh signifikan > 0,05 yaitu 0,171, hal ini menunjukkan bahwa Ha diterima. Signifikansi ini berlaku juga pada kelas kontrol yang hanya menggunakan metode konvesional.

ABSTRACT

The aims of this research are : 1) Implementing Role Playing model on Moral Education at Mts Darul Amin Palangka Raya 2) How is the relation of implementing Moral Education and Students’ attitude at Mts Darul Amin Palangka Raya.

This research uses Quasi-Experimental as research design, and Pretest-Posttest as control group design. The experiment is VIII.A class full of 24 students with role playing method and VIII.B with 22 students as control group with conventional method.

The result shows that ; (1) The average score of implementing Role Playing method is 94,87. (2) The relationship between implementation of Role Playing method and Students’ attitude get significant >0.05 = 0.171, it shows that Ha is accepted. This significance is also valid at control class which only uses conventional method.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Penerapan, Role Playing, Perilaku Siswa
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: fuah fuah marfuah
Date Deposited: 19 Aug 2021 02:26
Last Modified: 19 Aug 2021 02:26
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/3427

Actions (login required)

View Item View Item