Suherni, Suherni (2021) Efektivitas pembelajaran dari rumah dalam rangka mencapai tujuan pembelajaran pai kelas v sdit al ghazali kota Palangka Raya. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.
Text
Skripsi SUHERNI.pdf Download (2MB) |
Abstract
Abstract
Penelitian ini bertolak dari adanya pembelajaran yang pada masa pandemi covid-19 dilaksanakan dari rumah dengan menggunakan jaringan, dan SDIT Al Ghazali kota Palangka Raya merupakan salah satu sekolah yang juga melaksanakan pembelajaran yang dilaksanakan dari rumah dengan menggunakan jaringan. Oleh karena itu peneliti ingin mengetahui bagaimana keefektivan pembelajaran Pendidikan Agama Islam yang dilaksanakan dari rumah di SDIT Al Ghazali selama pandemi. Penelitian ini bermaksud mencari tahu: Pertama, bagaimana efektivitas pembelajaran PAI dari rumah di SDIT Al Ghazali kota Palangka Raya. Kedua, apa saja faktor pendukung dan penghambat PAI dari rumah SDIT Al Ghazali Palangkaraya. Ketiga, bagaimana solusi faktor penghambat pembelajaran PAI yang dilaksanakan dari rumah di SDIT Al Ghazali Palangka Raya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas pembelajaran PAI dari rumah di SDIT Al Ghazali Palangka Raya, kemudian untuk mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat pembelajaran PAI dari rumah dan untuk mendeskripsikan solusi faktor penghambat pembelajaran PAI yang dilaksanakan dari rumah.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, 1 orang guru Pendidikan Agama Islam sebagai subjek penelitian, kepala sekolah, dan 4 orang siswa kelas V, serta 3 orang tua siswa sebagai informan penelitian. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pembelajaran yang dilaksanakan dari rumah dapat dikatakan efektif karena dapat mencapai indikator keefektifan yakni tujuan intruksional yang dapat tercapai, pembelajaran yang dilaksanakan secara aktif, dan seluruh siswa memiliki sarana prasarana yang dapat menunjang proses pembelajaran. Faktor pendukung pembelajaran Pendidikan Agama Islam yang dilaksanakan dari rumah adalah jaringan yang stabil dan ketersediaan kuota, faktor penghambat pembelajaran yang dilaksanakan dari rumah adalah jaringan yang kurang stabil yang bisa membuat suara dapat terputus-putus dan solusi untuk mengatasi faktor penghambat pembelajaran PAI adalah pembelajaran yang dilaksanakan diluar jaringan dengan siswa yang terbatas.
ABSTRACT
This research stems from the existence of learning that during the Covid-19 pandemic was carried out from home using a network, and SDIT Al Ghazali, Palangka Raya City, is one of the schools that also implements learning that is carried out from home using a network. Therefore, researchers want to find out how the effectiveness of Islamic Religious Education learning carried out from home at SDIT Al Ghazali during the pandemic. This study intends to find out: First, how is the effectiveness of Islamic education learning from home at SDIT Al Ghazali, Palangka Raya city. Second, what are the supporting and inhibiting factors for PAI from the SDIT Al Ghazali Palangkaraya house. Third, what is the solution to the inhibiting factors of Islamic Education learning carried out from home at SDIT Al Ghazali Palangka Raya. This study aims to describe the effectiveness of Islamic education learning from home at SDIT Al Ghazali Palangka Raya, then to describe the supporting and inhibiting factors of Islamic education learning from home and to describe the solution to the inhibiting factors of Islamic education learning implemented from home.
This study used a qualitative method, 1 Islamic religious education teacher as the research subject, the principal, and 4 grade V students, and 3 parents as research informants. Data collection techniques using interviews, observation and documentation.
The results of this study indicate that learning carried out from home can be said to be effective because it can achieve effectiveness indicators, namely instructional objectives that can be achieved, learning that is carried out actively, and all students have infrastructure that can support the learning process. The supporting factors for Islamic Education learning carried out from home are a stable network and the availability of quotas, the inhibiting factors for learning carried out from home are an unstable network that can make voices intermittent and a solution to overcome the inhibiting factors for PAI learning is learning that is implemented outside the network with limited students.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran dari Rumah, Pendidikan Agama Islam |
Subjects: | 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | fuah fuah marfuah |
Date Deposited: | 18 Aug 2021 04:15 |
Last Modified: | 18 Aug 2021 04:15 |
URI: | http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/3423 |
Actions (login required)
View Item |