Strategi menghafal al-qur’an santri Di pondok pesantren hidayatul insan fii ta’limiddin Palangka Raya

Rais, Muhammad Amin (2021) Strategi menghafal al-qur’an santri Di pondok pesantren hidayatul insan fii ta’limiddin Palangka Raya. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
Skripsi MUHAMMAD AMIN RAIS.pdf

Download (1MB)

Abstract

Abstract

Al-Qur’an merupakan kitab suci yang menjadi pedoman bagi umat Islam, sehingga menjadi kewajiban bagi umat islam untuk menjaganya, dengan salah satu cara menjaganya adalah menghafalnya. Menghafal Al-Qur’an yang jumlahnya banyak sangat sulit bagi santri menjalaninya. Apalagi bagi santri yang lulusan dari pendidikan SD atau SMP. Maka dari itu, santri Pondok Pesantren Hidayatul Insan Fii Ta’limiddin memiliki strategi untuk memudahkan menghafal Al-Qur’an.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) strategi santri dalam menghafal Al-Qur’an di Pondok Pesantren Hidayatul Insan Fii Ta’limiddin Palangka Raya. (2) Faktor pendukung dan penghambat dalam menghafal Al-Qur’an santri di Pondok Pesantren Hidayatul Insan Fii Ta’limiddin Palangka Raya. (3) Solusi yang dilakukan santri terhadap faktor penghambat dalam menghafal Al-Qur’an di Pondok Pesantren Hidayatul Insan Fii Ta’limiddin Palangka Raya.

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Data yang digunakan adalah data deskriptif yang diperoleh dari teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan untuk menganalisis data yang diperoleh dilapangan, peneliti melakukan dengan cara mengumpulkan seluruh data, mereduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Objek dalam penelitian ini adalah strategi menghafal Al-Qur’an santri di Pondok Pesantren Hidayatul Insan Fii Ta’limiddin Palangka Raya.

Hasil penelitain ini menunjukkan bahwa (1) strategi pengulangan ganda, tidak beralih pada ayat berikutnya, menghafal urutan-urutan ayat yang mau dihafal, memilih tempat yang konsen dalam menghafal, menggunakan satu mushaf, dan mengulang hafalan. (2) faktor pendukung santri meliputi: Ustadz, lingkungan, teman sebaya, dan motivasi. Sedangkan faktor penghambatnya meliputi: rasa malas, lagi sakit, dan hafalan belum lancar. (3) upaya santri dalam mengatasi faktor penghambat yaitu: Muroja’ah hafalan setiap hari, motivasi, dan lingkungan aman dan nyaman.

ABSTRACT

Al-Qur'an is the holy book that serves as a guideline for Muslims, so it is an obligation for Muslims to protect it, one way to protect it is to memorize it. Memorizing a large number of Al-Qur'an is very difficult for students to live it. Especially for students who graduated from elementary or junior high school education. Therefore, the students of the Hidayatul Insan Islamic Boarding School Fii Ta'limiddin have a strategy to make it easier to memorize the Al-Qur'an.

This study aims to determine (1) the strategy of the students in memorizing Al-Qur'an at the Hidayatul Insan Islamic Boarding School Fii Ta'limiddin Palangka Raya. (2) Supporting and inhibiting factors in memorizing Al-Qur'an students at the Hidayatul Insan Islamic Boarding School Fii Ta'limiddin Palangka Raya. (3) The solution made by students to the inhibiting factors in memorizing Al-Qur'an at the Hidayatul Insan Islamic Boarding School Fii Ta'limiddin Palangka Raya.

This research is a descriptive qualitative research. The data used is descriptive data obtained from observation, interview, and documentation techniques. Meanwhile, to analyze the data obtained in the field, the researcher collected all the data, reduced the data, presented the data and verified the data. The object of this research is the strategy of memorizing Al-Qur'an students at the Hidayatul Insan Islamic Boarding School Fii Ta'limiddin Palangka Raya.

The results of this research show that (1) the double repetition strategy, does not switch to the next verse, memorizes the sequence of verses you want to memorize, chooses a place that is concentrated in memorizing, uses one mushaf, and repeats the rote. (2) the supporting factors for the students include: Ustadz, environment, peers, and motivation. While the inhibiting factors include: feeling lazy, being sick, and memorizing is not smooth. (3) the efforts of the students in overcoming the inhibiting factors, namely: Muroja'ah memorization every day, motivation, and a safe and comfortable environment.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Strategi, Menghafal Al-Qur’an, santri
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: fuah fuah marfuah
Date Deposited: 18 Aug 2021 02:51
Last Modified: 18 Aug 2021 02:51
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/3420

Actions (login required)

View Item View Item