Rahmayanti, Carina (2021) Motivasi siswa dalam pembelajaran pai pada masa pandemi covid-19 di SMPN 1 Sampit Kotawaringin Timur. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.
Text
SKRIPSI CARINA RAHMAYANTI-1701112180.pdf Download (1MB) |
Abstract
Pentingnya motivasi belajar adalah sebagai bentuk dorongan dalam pembelajaran yang timbul pada diri siswa secara sadar untuk melakukan kegiatan pembelajaran, sehingga mempermudah untuk mencapai tujuan pembelajaran pada mata pelajaran PAI pada masa pandemi Covid-19 di SMPN 1 Sampit Kotawaringin Timur. Motivasi terjadi karena dua faktor yaitu faktor intrinsik dan esktrinsik. Tujuan penelitian ini adalah 1) mendeskripsikan motivasi siswa dalam mengikuti pembelajaran PAI pada masa pandemi Covid-19. 2) Mengindentifikasikan faktor yang memperngaruhi motivasi siswa dalam mengikuti pembelajaran PAI pada masa pandemi Covid-19.
Sedangkan jenis penelitian ini adalah mixed methods, yang menjadi subjek yaitu 67 siswa kelas VIII SMPN 1 Sampit Kotawaringin Timur dan yang menjadi informan adalah seorang Guru PAI. Teknik pengumpulan data yaitu menggunakan angket, wawancara dan dokumentasi. Teknik pengabsahan data yaitu menggunakan triangulasi sumber, teknik dan presentase tabulasi, sedangkan analisis datanya menggunakan reduksi data, penyajian data dan verifikasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Motivasi siswa dalam pembelajaran PAI pada masa pandemi Covid-19 di SMPN 1 Sampit Kotawaringin Timur dengan tingkat rendah sebesar 32,83%, sedang sebesar 44,77%, tinggi sebesar 20,89% dan sangat tinggi sebesar 1,49%. Sehingga dapat disimpulkan secara keseluruhan motivasi siswa dalam mengikuti pembelajaran PAI pada masa pandemi Covid-19 di SMPN 1 Sampit Kotawaringin Timur adalah 74,82% masuk dalam kategori motivasi sedang. 2) Adapun faktor yang mempengaruhi motivasi siswa dalam mengikuti pembelajaran PAI pada masa pandemi Covid-19 yaitu faktor intrinsik dan esktrinsik. a) Faktor intrinsiknya yaitu ketekunan siswa dalam mengikuti pembelajaran PAI, merasa membutuhkan dalam Pembelajaran PAI dan adanya harapan dan cita-cita dengan pembelajaran PAI. b) faktor ekstrinsiknya yaitu lingkungan belajar yang kondusif, guru yang mengajarkan pembelajaran PAI dan fasilitas dalam pembelajaran PAI.
ABSTRACT
The noteworthiness of learning motivation is as a form of instigation in learning which appear in student consciously to do learning activity, so that facilitating to achieve the learning aim in Islamic Education Subject during Covid-19 Pamdemic at First Sampit Kota Waringin Timur Junior High School. Motivation occurs to be caused two factors, those are intrinsic & extrinsic. The purpose of this research are 1) To describe student's motivation in following Islamic Education learning during Covid 19 Pandemic. 2) To identify factor that influence student's motivation in following Islamic Education learning since Covid-19 Pandemic.
The type of this study is mix method. The subject of this research are 67 second grade students in first Sampit Kota Waringin Timur Junior High School and Islamic Education teacher as the informan. The data collection are using questionnaire, interview, and documentation. The data endorsement technique are using source triangulation, technique, and tabulation percentage, whereas the data analysis are using data reduction, data serving and verification.
The results of the study showed that: 1) Student's motivation in Islamic Education learning during Covid-19 Pandemic at First Sampit Kota Waringin Timur Junior High School with low level in the amount of 32,83%, medium level in the amount of 44,77%, high level in the amount of 20,89% and stratospheric level in the amount of 1,49%. The conclusion from all of the findings were student's motivation in following Islamic Education learning during Covid-19 Pandemic at First Sampit Kota Waringin Timur Junior High School were 74,82% categorized medium motivation. 2) Also, factor that influence student's motivation in following Islamic Education learning during Covid-19 Pandemic is intrinsic & extrinsic. a) The intrinsic factor is student's perseverance in following Islamic Education learning. Students think that they need in Islamic Education learning and there are hope and goal by Islamic Education learning. b) extrinsic factor is conducive learning environment, teacher who teach learning, and facility in Islamic Education learning.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembbelajaran PAI |
Subjects: | 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | puttry puttry ekaputri |
Date Deposited: | 16 Aug 2021 02:57 |
Last Modified: | 16 Aug 2021 02:57 |
URI: | http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/3414 |
Actions (login required)
View Item |