Strategi guru pai dalam mengembangkan kecerdasan spiritual siswa secara daring di SMAN 1 pantai Lunci Kabupaten Sukamara

Komariah, Komariah (2021) Strategi guru pai dalam mengembangkan kecerdasan spiritual siswa secara daring di SMAN 1 pantai Lunci Kabupaten Sukamara. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
SkripsiI KOMARIAH.pdf

Download (1MB)

Abstract

Abstrak

Salah satu kecerdasan yang perlu dikembangkan dalam diri siswa adalah kecerdasan spiritual. Oleh karena itu seorang guru harus mempunyai strategi dalam mengembangkan kecerdasan spiritual siswa. Untuk itu tujuan penelitian ini adalah (1) Bagaimana strategi guru PAI dalam mengembangkan kecerdasan spiritual siswa secara daring di SMAN 1 Pantai Lunci Kabupaten Sukamara (2) Apa saja faktor pendukung guru PAI dalam mengembangkan kecerdasan spiritual siswa secara daring di SMAN 1 Pantai Lunci Kabupaten Sukamara (3) Apa saja faktor penghambat guru PAI dalam mengembangkan kecerdasan spiritual siswa secara daring di SMAN 1 Pantai Lunci Kabupaten Sukamara.

Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Subjek penelitian ini adalah seorang guru PAI sedangkan informan dalam penelitian ini adalah siswa, guru BK dan orang tua siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi. Teknik pengabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Teknik analisis data dilakukan dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan dari data yang diperoleh.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Strategi guru PAI dalam mengembangkan kecerdasan spiritual siswa secara daring di SMAN 1 Pantai Lunci Kabupaten Sukamara menggunakan strategi pembelajaran mandiri dengan melalui beberapa tahapan yakni pertama, penyampaian materi dan tugas yang di dalamnya mengandung nilai spiritual, kedua kegiatan mandiri yang dilakukan oleh siswa dan yang terakhir yaitu evaluasi (2) faktor pendukung dalam mengembangkan kecerdasan spiritual siswa secara daring meliputi faktor internal berupa siswa yang memiliki kepribadian yang sopan dan faktor eksternal berupa dorongan orang tua, mayoritas siswa yang muslim dan perhatian guru (3) faktor penghambat dalam mengembangkan kecerdasan spiritual siswa secara daring meliputi faktor internal berupa siswa yang memiliki kepribadian yang malas dan faktor eksternal berupa pergaulan.

ABSTRACT

One of the intelligences that needs to be developed in students is spiritual intelligence. Therefore, a teacher must have a strategy in developing the spiritual intelligence of students. Therefore, the purpose of this study is (1) How pai teacher strategy in developing students' spiritual intelligence online at SMAN 1 Pantai Lunci Sukamara Regency (2) What are the supporting factors of PAI teachers in developing students' spiritual intelligence online at SMAN 1 Pantai Lunci Sukamara Regency (3) What are the factors inhibiting PAI teachers in developing students' spiritual intelligence online at SMAN 1 Pantai Lunci Sukamara Regency.

This type of research is qualitative research using descriptive methods. The subject of this study was a PAI teacher while the informants in this study were students, BK teachers and parents of students. Data collection techniques using observations, interviews, documentation. Data application techniques using source triangulation and engineering triangulation. Data analysis techniques are carried out by data collection, data reduction, data presentation and drawing conclusions from the data obtained.

The results of this study show that: (1) PAI teacher strategy in developing students' spiritual intelligence online at SMAN 1 Pantai Lunci Sukamara regency includes: Self-learning strategy by giving assignments in the form of summarizing PAI material and reading verses of the Qur'an and through affective learning strategies through habituation patterns and modeling (2) supporting factors in developing students' spiritual intelligence online include internal factors in the form of students who have polite personalities and external factors in the form of parental encouragement, the majority of students who are Muslim and the attention of teachers (3) inhibitory factors in developing students' spiritual intelligence online include internal factors in the form of students who have lazy personalities and external factors in the form of limited supervision from the teacher in monitoring the student's condition and association.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kecerdasan Spiritual, Pembelajaran PAI, Strategi Guru
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: fuah fuah marfuah
Date Deposited: 10 Aug 2021 06:36
Last Modified: 10 Aug 2021 06:38
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/3380

Actions (login required)

View Item View Item