Nurjanah, Eka (2021) Peran manaqib syekh abdul qodir jailani dalam peningkatan pendidikan spiritualitas mahasiswa pengamal tqn suryalaya di kota Palangka Raya. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.
Text
Skripsi EKA NURJANAH.pdf Download (1MB) |
Abstract
Abstrak
Manaqib merupakan tradisi yang terdapat pada acara-acara tertentu dan juga bagian dari amaliah tarekat-tarekat. Di antara tarekat itu ialah Tarekat Qadiriyah Naqsybandiyah (TQN). Di Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah terdapat komunitas pengamal TQN Suryalaya dari kalangan mahasiswa yaitu di Pondok Dzikir Miftahus Sudur Palangka Raya. Uniknya ialah bahwa selama ini tarekat dikenal sebagai sebuah ajaran dalam Islam yang jamaahnya identik dengan orang dewasa dan lanjut usia namun di Kota Palangka Raya justru banyak pengamal bahkan para penggerak dakwah TQN Suryalaya ialah para mahasiswa (kaum muda) dengan kata lain bahwa mereka juga sedang menempuh pendidikan di kampus yang memiliki tugas dan kegiatan padat, kemudian tidak sedikit juga para mahasiswa tersebut yang kuliah sambil bekerja. Ditengah kesibukan itu mereka juga ikut mengelola perkembangan dakwah TQN Suryalaya di Kota Palangka Raya termasuk dalam pelaksanaan kegiatan manaqib. Fenomena ini sedikit ditemukan didaerah lain bahkan di kota besar sekalipun. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan pelaksanaan manaqib Syekh Abdul Qodir Jailani di Pondok Dzikir Miftahus Sudur Palangka Raya, (2) mendeskripsikan peran manaqib syekh Abdul Qodir Jailani dalam peningkatan pendidikan spiritualitas mahasiswa pengamal TQN Suryalaya di Kota Palangka Raya.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan subjek penelitian berjumlah 27 orang mahasiswa pengamal TQN Suryalaya Di Kota Palangka Raya. Teknik pengumpulan data yaitu melalui observasi, wawancara dan dokumentasi dilanjutkan dengan pengabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik serta analisis data berupa pengumpulan, reduksi, penyajian, serta kesimpulan data.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pelaksanaan manaqib syekh Abdul Qodir Jailani memiliki 4 tahapan yaitu pembukaan/majelis doa, khidmat amaliah, khidmat ilmiah dan penutup. Tata cara pelaksanaan manaqib syekh Abdul Qodir Jailani di TQN Suryalaya memiliki tata cara yang berbeda dengan manaqib yang umumnya dilaksanakan di masyarakat namun tetap memiliki esensi yang sama yaitu pembacaan sejarah atau riwayat perjalanan hidup syekh Abdul Qodir Jailani. (2) secara umum, manaqib syekh Abdul Qodir Jailani TQN Suryalaya memiliki peran yang signifikan dalam peningkatan pendidikan spiritualitas mahasiswa pengamal TQN Suryalaya. Secara khusus, mahasiswa yang mengikuti manaqib syekh Abdul Qodir Jailani TQN Suryalaya mengalami pengalaman dan peningkatan dimensi spiritual seperti: Merasa lebih semangat dalam beribadah, lebih ikhlas dalam melakukan perbuatan maupun menerima ketentuan Allah Swt, menjadi pribadi yang lebih sabar dan dapat mengendalikan emosi, merasa lebih berhati-hati dalam bersikap serta merasa lebih dekat dengan Allah Swt. Namun ada juga yang tidak merasakan apapun dalam semangat ibadah dan dekat kepada Allah Swt.
ABSTRACT
Manaqib is a tradition that exists at certain events and is also part of the practice of tarekat. Among these orders is the Qadiriyah Naqsybandiyah Order (TQN). In Palangka Raya City, Central Kalimantan, there is a community of TQN Suryalaya practitioners from among students, namely Pondok Dzikir Miftahus Sudur Palangka Raya. What is unique is that all this time the tarekat is known as a teaching in Islam whose congregation is identical to adults and the elderly, but in Palangka Raya there are many practitioners, even the activists of TQN Suryalaya da'wah are students (young people) in other words that they are also taking education on campus which has solid tasks and activities, then not a few of these students are also studying while working. In the midst of their busy life, they also manage the development of the TQN Suryalaya da'wah in Palangka Raya City, including in the implementation of management activities. This phenomenon is slightly found in other areas, even in big cities. This study aims to: (1) describe the implementation of the management of Syekh Abdul Qodir Jailani at Pondok Dzikir Miftahus Sudur Palangka Raya, (2) describe the role of the manager of Sheikh Abdul Qodir Jailani in improving the spirituality education of TQN Suryalaya students in Palangka Raya City.
This research is a descriptive qualitative research type with the research subjects totaling 27 students of TQN Suryalaya practitioners in Palangka Raya City. Data collection techniques are through observation, interviews and documentation followed by data validation using triangulation of sources and techniques as well as data analysis in the form of data collection, reduction, presentation, and conclusion.
The results showed that: (1) the implementation of the management of Sheikh Abdul Qodir Jailani had 4 stages, namely the opening / prayer assembly, solemn amaliah, scientific solemn and closing. The procedure for implementing the management of Sheikh Abdul Qodir Jailani at TQN Suryalaya has different procedures from the management which is generally carried out in the community but still has the same essence, namely reading the history or life history of Sheikh Abdul Qodir Jailani. (2) in general, the manager of Sheikh Abdul Qodir Jailani TQN Suryalaya has a significant role in improving the spirituality education of students of TQN Suryalaya practitioners. In particular, students who follow the management of Sheikh Abdul Qodir Jailani TQN Suryalaya experience and increase in the spiritual dimension such as: Feeling more enthusiastic in worship, more sincere in doing actions and accepting Allah's provisions, becoming more patient and able to control emotions, feeling more be careful in behaving and feeling closer to Allah SWT. But there are also those who don't feel anything in the spirit of worship and are close to Allah SWT.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Manaqib Syekh Abdul Qodir Jailani, Spiritualitas, TQN Suryalaya |
Subjects: | 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | fuah fuah marfuah |
Date Deposited: | 10 Aug 2021 04:13 |
Last Modified: | 10 Aug 2021 04:13 |
URI: | http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/3379 |
Actions (login required)
View Item |